Pada artikel kali ini, kami akan membagikan sedikit resep dalam membuat Kue Mochi. Resep Kue Mochi ini pastinya sedikit berbeda dengan Resep Kue Tradisional seperti Klepon, Sus Fla atau sejenisnya. Resep Kue Mochi ini ternyata tidak ribet bahkan sangat simpel lho cara membuatnya. Menarik bukan?

Kue Mochi. Ya, siapa yang tidak mengenal jajanan ini? Kue yang identik dengan manis, empuk, sekaligus kenyal ini memang bukan berasal dari Indonesia, melainkan Negara Jepang. Akan tetapi, walaupun Kue Mochi ini bukan berasal dari negara kita, Nyatanya Kue Mochi ini tetap cocok di lidah orang Indonesia.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat Resep Kue Mochi ini juga dapat dengan mudah kita temui di warung-warung maupun toko didekat rumah. Bahkan secara tidak langsung, cara membuat Kue ini lebih mudah dipraktekkan daripada beberapa makanan yang berasal dari luar negeri lainnya.

Sejarah Terciptanya Kue Mochi

Sebenarnya, tidak ada yang tahu pasti, mengenai bagaimana atau darimana kue mochi ini berasal, bahkan ada juga yang mengatakan kalau kue moci ini berasal dari China. Tapi terlepas dari itu, kue yang terbuat dari beras yang ditumbuk ini sudah digunakan untuk perayaan tahun baru bagi para bangsawan Jepang selama periode Heian (tahun 794 – 1185).

Berbagai jenis Mochi digunakan sebagai persembahan kekaisaran pada upacara keagamaan, tepatnya pada awal abad ke 10. Catatan dari era tahun 1.070 menyebutkan bahwa kue beras ini sebagai “mochii.” Barulah sekitar abad ke 18, orang-orang mulai menyebutnya “mochi”.

Sebelum lebih lanjut ke Resep Kue Mochi, ternyata Kue Mochi ini juga mempunyai sejarah mengenai namanya dan alasan menjadi tradisi di Jepang tiap tahun baru. Nama ‘Mochi’ ini muncul berasal dari berbagai kata, salah satunya ialah kata kerja ‘Motsu’ yang berarti “menahan atau memiliki”, yang memiliki makna bahwa Kue Moci merupakan pemberian dari para dewa. Ada juga ‘Mochizuki’ yang memiliki arti “bulan purnama” dan “Muchimi” yang berarti lengket.

Petani Jepang jaman dulu dikatakan memakan moci pada musim dingin untuk meningkatkan stamina mereka. Para samurai suka dengan moci karena mudah untuk disiapkan dan dibawa kemana-mana. Katanya suara moci yang ditumbuk adalah tanda bahwa mereka hendak pergi ke medan perang.

Selain dikonsumsi oleh para petani, Moci juga sering dikonsumsi oleh para samurai. Kue ini memberikan semangat kepada samurai karena sangat mudah disiapkan dan mudah dibawa kemana-mana. Suara tumbukan pada saat membuat Resep Kue Mochi juga dikatakan para samurai hendak maju ke medan perang.

Namun, karena para samurai dan berbagai macam hal lain yang ada pada zaman dahulu kini sudah tidak ada, maka diambillah waktu yang tepat untuk memakan Moci. Dan sejak itu ditentukanlah pada tanggal 1 Januari.

Sekilas Kue Mochi Di Jepang

Sudah merupakan tradisi dalam masyarakat Jepang untuk membuat Resep Kue Mochi ini sekaligus memakan kue moci dalam rangka merayakan acara tahun baru, karena itulah kita bisa melihat banyak orang melakukan mochitsuki pada bulan Desember ini.

Mochitsuki ialah sebutan untuk cara tradisional orang Jepang dalam membuat kue mochi, yaitu dengan menggunakan palu berbahan dasar kayu untuk menumbuk-numbuk beras moci yang dikukus dalam wadah batu atau kayu. Setelah beras menjadi lengket, dipotong menjadi potongan-potongan kecil kemudian dibentuk menjadi bulat atau oval.

Di era modern seperti sekarang ini, kue mochi sudah diproduksi secara massal di pabrik dan kemudian banyak dijual di supermarket, mall dan toko kue. Bagi mereka yang ingin membuat Resep Kue Mochi sendiri di rumah, mereka bisa menggunakan mesin pembuat otomatis.

Perkembangan Kue Mochi Di Indonesia

Selain mengalami penyebaran dan berkembang di China, Taiwan, Kamboja, Hawai, Korea Selatan, dan Thailand, ternyata moci juga cukup terkenal di Indonesia. Bahkan, sampai menjadi makanan khas dari daerah Semarang dan Sukabumi, yang sering dibawa pulang oleh wisatawan sebagai oleh-oleh.

Munculnya Kue Mochi di Indonesia khususnya di Kota Sukabumi sebagai sentra Kue Mochi di Indonesia, tak lepas dari masa penjajahan Jepang. Ketika itu Kue Mochi dibawa oleh tentara Jepang kepada orang pribumi yang menjadi juru masak di barak militer Jepang.

Awalnya, terdapat sekolah bernama SECAPA atau Sekolah Calon Perwira yang ketika zaman kolonial lebih dikenal dengan nama politie school. Pada masa penjajahan Jepang, SECAPA dipakai sebagai pertahanan militer utama di daerah Sukabumi.

Resep Kue Mochi asal Sukabumi jauh berbeda dengan Resep Kue mochi Jepang. Dalam mochi Jepang, kemasannya tidak menggunakan kotak dari bambu seperti layaknya mochi yang ada di Sukabumi. Selain itu, kacang tanah yang menjadi isi di mochi Sukabumi tidak ada dalam moci Jepang.

Setelah di telusuri lebih jauh, ternyata usaha moci ini bermula dari warga keturunan Tiongkok. Ada sebuah rumah dengan desain zaman dahulu dan di salah satu bagian rumah tersebut terdapat seperti tulisan mandarin yang artinya kebahagiaan.

Terciptanya Kue Mochi di Indonesia

Masuknya moci ke Indonesia diperkirakan bersamaan dengan bangsa China dan Jepang yang datang ke Indonesia. Mereka membawa serta budaya dan kebiasaan, termasuk makanan tradisional yang akhirnya kembali mengalami kulturisasi sehingga menjadi salah satu jenis makanan yang terkenal di Indonesia.

Sekarang ini, perkembangan moci di Indonesia semakin berkembang pesat, bahkan tidak sedikit pula orang Indonesia yang membuka usaha kuliner yang menjual produk mochi yang jenis dan Resep Kue Mochi tersebut diadaptasi langsung dari luar negeri, sebut saja Mochilla, O Mochi, Maru Yoghurt, Mochi Boutique, Mochi Lovers, Mochi Mochi, dan lain sebagainya.

Mochi yang disajikan oleh perusahaan-perusahaan tersebut sebagian besar merupakan moci modern yang sudah mengalami proses percampuran resep dan cara penyajian, sebut saja moci dengan isian es krim, moci rasa wine, dan juga rasa yang lainnya.

Jenis Kue Mochi Khas Indonesia

Tahukah anda, bahwa ternyata ada beberapa Kue Mochi khas Indonesia yang mempunyai rasa dan tampilan yang tak kalah dari mochi Jepang?

Beberapa Kue Mochi khas Indonesia tersebut bahkan sudah lama menjadi oleh-oleh khas andalan daerahnya masing-masing. Karakternya juga sedikit berbeda, tergantung di mana kita membelinya. Penasaran bukan? Berikut kami berikan penjelasan lengkapnya.

1. Kue Mochi Bandung (Sukabumi)

Mirip seperti mochi Jepang, mochi Sukabumi juga memiliki bentuk bulat. Ukurannya relatif kecil dan jika dimakan terasa kenyal. Resep Kue Mochi khas Sukabumi ini bahan utamanya menggunakan ketan dan biasanya hadir dalam warna-warna yang cerah, seperti merah, merah muda maupun hijau.

Bagian dalam Kue Mochi Sukabumi biasa diisi adonan kacang. Supaya tampilannya semakin manis, biasanya ditaburi gula halus yang merata ke seluruh bagian luar Kue Mochi. Bagi yang penasaran, Kue Mochi ini juga bisa ditemukan di daerah Bandung dan Bogor.

2. Kue Mochi Cianjur

Tak cuma di Jepang, di Jawa pun ternyata juga ada beragam jenis mochi lho. Dari Sukabumi kita bergerak ke Cianjur. Sama seperti mochi pada umumya, tekstur pada Resep Kue Mochi Cianjur kenyal dan lembut – membuat lidah tak berhenti mengunyah.

Untuk isiannya itu sendiri, mochi Cianjur menggunakan kacang tanah manis yang ditumbuk halus. Beberapa orang lebih suka mengonsumsinya bersama es krim. Rasanya? Sangat luar biasa nikmat.

3. Kue Mochi Jogjakarta

Popularitas mochi tak hanya ada di Jawa bagian barat, namun juga menyebar hingga ke Jawa Tengah. Di Jogyakarta bahkan sudah tersedia dalam berbagai varian rasa menarik. Seperti yang ditawarkan di Mochi Sakura, salah satu gerai penjual mochi ternama di Kota Yogyakarta tersebut.

Sakura Mochi tersebut menawarkan mochi dengan rasa yang beragam, mulai dari kacang tanah, kacang hijau, hingga varian yang terkesan kekinian seperti strawberry, cokelat, keju, tiramisu, blueberry, oreo, coco crunch, dan masih banyak lagi. Kemasannya juga sangat menarik hingga pas dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Kue Mochi Semarang

Dari segi bentuknya, Mochi Semarang ini cukup berbeda dibanding dari mochi Jepang. Sepintas mirip seperti onde-onde karena bagian luarnya ditaburi kacang wijen. Namun jika sudah dimakan, akan terasa tekstur kenyal dan lembut seperti mochi lain pada umumnya.

Mochi khas Semarang ini juga hadir dalam bentuk yang mungil, dan praktis untuk sekali makan. Isiannya menggunakan adonan campuran kacang dan gula. Jajajan ini sangat cocok sebagai oleh-oleh karena bisa tahan selama hampir seminggu meski tanpa bahan pengawet.

Itulah tadi beberapa ragam mochi khas Indonesia yang mempunyai tampilan sekaligus rasa yang menggoda. Bagaimana kawan, apakah kalian sudah pernah mencoba semua jenis Kue Mochi diatas? Jika belum, segera sempatkanlah untuk mencari dan membuktikan sendiri kelezatannya apabila kebetulan sedang berkunjung ke kota-kota tersebut.

Setelah kita menjelaskan mengenai Sejarah, Perkembangan, sekaligus Jenis Kue Mochi yang ada di Indonesia, tidak lengkap rasanya jika kita tidak menyertakan Resep Kue Mochi ini.

Ngomong-ngomong, kalau dilihat dari bentuk dan teksturnya, Kue Mochi ini sekilas mirip sekali dengan resep klepon. Bahan-bahan yang dibutuhkannya juga hampir mirip.

Hanya saja, perbedaannya itu jika kulit luar klepon dibalut dengan parutan kelapa, sedangkan Resep Kue Mochi ini menggunakan campuran tepung maizena dan sedikit gula yang disangrai sebelumnya sehingga terasa sedikit lebih manis. Kemudian untuk isiannya sendiri bisa kita sesuaikan dengan selera kita masing-masing.

Dan berikut kami akan berikan beberapa Resep Kue Mochi yang beragam khas Indonesia secara simpel dan mudah dipahami, agar anda bisa juga membuatnya di rumah.

Resep Kue Mochi

Resep Kue Mochi

1. Mochi Isi Kacang Hijau

Bahan Isi:

  • 150 gram kacang hijau kupas, rendam 1 jam
  • 70 gram gula pasir
  • 125 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Bahan Kue Mochi:

  • 400 gram, tepung ketan
  • 550 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • tepung sagu yang disangrai secukupnya untuk melumuri kue dan juga telapak tangan.

Cara Membuat Kue Mochi Isi Kacang Hijau:

  1. Sebelum membuat, pastikan taburi tangan dengan tepung maizena karena adonan lumayan lengket.
  2. Setelah itu, Isi: rendam kacang hijau kupas selama 1 jam, kukus hingga matang (lebih kurang 1/2 jam). kemudian blender kacang hijau, gula dan santan. Masak hingga padat dengan api kecil.
  3. Kulit: Campur tepung ketan dan gula, aduk rata. Masukkan santan sedikit demi sedikit, aduk hingga rata, teteskan sedikit pasta pandan (saya gunakan 5 tetes). tuang dalam loyang yang telah dipoles minyak sebelumnya
  4. Kukus hingga matang lebih kurang 1/2 jam
  5. Angkat lalu letakkan dimeja kerja yang telah ditaburi maizena sangrai sebelumnya, tipiskan dengan rolling pin. potong kotak, beri isian dan rapatkan.
  6. Siap disajikan

2. Mochi Isi Keju

Bahan-Bahan :

  • 200 gramtepung ketan
  • 1 sdmtepung terigu
  • 4 sdmgula pasir
  • 1 sachetsusu bubuk 65gram
  • 300 mlair
  • Pasta makanan (pandan dan strawberry)
  • Isian: keju parut
  • Taburan: tepung maizena sangrai

Cara Membuat Mochi Isi Keju :

  1. Campurkan semua bahan, aduk hingga rata
  2. Bagi 2 bagian adonan beri pasta pandan dan Strawberry
  3. Panaskan kukusan, kukus selama 15 menit
  4. Setelah matang, diamkan hingga dingin, bulat2 adonan kemudian isi dengan keju parut, dengan cara tangan kita di lumuri maizena yang sudah di sangrai.
  5. Sajikan

3. Mochi Isi Coklat

Bahan-Bahan :

  • 100 gr tepung ketan
  • 50 gr tepung maizena
  • 150 ml air
  • 1 sdm margarin, lelehkan
  • gula pasir 1 sdm
  • Susu kental manis 1 sdm
  • cokelat nutella secukupnya
  • bubuk cokelat secukupnya

Cara Membuat Kue Mochi Isi Coklat:

  1. Awalnya, sangrai tepung maizena hingga tidak menggumpal. SIsihkan.
  2. Campur tepung ketan, air, susu, margarin dan gula, aduk rata hingga jadi adonan kental.
  3. Kukus kurang lebih 20 menit atau hingga matang. Angkat dan uleni.
  4. Selanjutnya lapisi roll kayu dengan plastik dan tepung maizena supaya tidak lengket.
  5. Potong-potong dan isi dengan nutella, bulatkan hingga tak ada celah. Taburi dengan bubuk cokelat agar tidak lengket.
  6. Kue mochi isi cokelat siap santap untuk camilan keluarga.

4. Mochi Isi Oreo

Bahan Kulit:

  • 200 gram tepung ketan
  • 10 gram tepung beras
  • 100 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 10 gram mentega putih
  • 75 gram susu bubuk untuk pelapis

Bahan Isi (Aduk Rata):

  • 1 sendok makan margarin, lelehkan
  • 50 gram cokelat masak pekat
  • 20 keping biskuit oreo tanpa krim, haluskan
  • 1 sendok makan susu kental manis cokelat

Cara Membuat Kue Mochi Isi Oreo:

  1. Bentuk bola bahan isi. Dinginkan dalam freezer. Sisihkan.
  2. Kulit, campur tepung ketan dan tepung beras.
  3. Aduk gula pasir, air, dan garam. Tuang campuran gula ke dalam campuran tepung. Aduk rata.
  4. Kukus dalam pinggan tahan panas 20 menit. Aduk-aduk dengan sendok kayu. ukus lagi 15 menit.
  5. Angkat. Tambahkan mentega putih dan kocok sampai lembut dengan mikser  spiral selama 2 menit.
  6. Ambil sedikit adonan. Pipihkan di atas selembar plastik. Beri isi. Bentuk bola. Gulingkan di atas susu bubuk.
  7. Kue Mochi siap dihidangkan.

5. Mochi Matcha

Bahan-Bahan :

  • 100 gram tepung ketan
  • 1 sdt bubuk matcha
  • 50 gram gula
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air panas
  • 2 batang cokelat matcha
  • Bubuk matcha

Cara Membuat Mochi Matcha :

  1. Letakkan 100 gram tepung ketan, 1 sdt bubuk matcha, 50 gram gula dan 1 sdt garam pada mangkuk.
  2. Tuangkan 100 ml air panas secara langsung dan lalu aduk secara merata. Tutup menggunakan plastik kedap udara dan masukkan selama 2 menit.
  3. Keluarkan dari microwave dan angkat menggunakan spatula.
  4. Taburi tepung pada talenan dan adonan mochi supaya tidak lengket.
  5. Bagi menjadi tiga bagian.
  6. Pada setiap bagian masukkan 2 batang cokelat matcha.
  7. Kemudian bungkus dan bentuk menjadi bola.
  8. Gulung mochi pada taburan bubuk matcha.
  9. Mochi siap disajikan.

Itu tadi adalah beberapa Resep Kue Mochi yang bisa kalian praktekkan di rumah dengan mudah. Terlihat menarik dan juga tidak ribet bukan.

Karena itu, selain tidak memerlukan waktu yang begitu lama untuk membuatnya, Kue Mochi ini juga cocok untuk disajikan saat kumpul Bersama keluarga, maupun juga cocok untuk menu oleh-oleh saat berkunjung ke sanak saudara.

Jadi, mungkin itu saja informasi mengenai Resep Kue Mochi yang bisa kami berikan. Semoga informasi yang telah kami bagikan kepada anda ini bisa bermanfaat pastinya. Terima kasih dan selamat mencoba.