Siapa yang tidak mengenal Roti Buaya? Pastinya sebagian masyarakat khususnya Indonesia mengenal makanan ini. Jika dilihat secara langsung, sajian roti yang satu ini terbilang cukup unik. Cara Membuat Roti Buaya ini sebenarnya mudah, hanya saja sedikit butuh keterampilan dalam membentuknya.

Saat ini, roti buaya sangat mudah dijumpai diberbagai toko roti (bakery) di seluruh Indonesia. Sehingga bisa kita jumpai adanya berbagai macam aneka rasa roti buaya misalnya: coklat, stroberi, dan keju. Roti buaya ini rasanya hampir sama dengan roti tawar pada umumnya, yang menjadi perbedaan hanyalah pada bentuknya. Roti buaya memang dibentuk menyerupai bentuk seekor buaya.

Karena secara tekstur dan bentuknya memang mirip dan menyerupai hewan buaya. Roti Buaya ini biasanya di sajikan saat-saat acara pernikahan, khitanan dan acara serupa lainnya. Selain itu, terkadang Roti ini juga cocok untuk sekedar menu cemilan anak-anak yang khitanan.

Awalnya, roti buaya dibuat dari adonan roti yang tawar, namun seiring perkembangannya, Kini roti buaya dibuat dengan diberi rasa manis. Selain itu, pastinya Cara Membuat Roti Buaya berbeda dengan Resep Roti Panggang seperti pada umunya.

Sejarah Roti Buaya

Cara Membuat Roti Buaya

Sebagai informasi, Jakarta memiliki 13 sungai yang menyebar di sepanjang ibukota ini. Pada awalnya, banyak bermunculan buaya di sungai-sungai tersebut. Sehingga secara tidak langsung masyarakat betawi berinteraksi paling intens dengan buaya itu sendiri.

Asal mula diterapkannya tradisi roti buaya adalah berdasarkan perilaku hewan reptil yang satu ini. Buaya, diketahui hanya kawin sekali saja sepanjang hidupnya, dan sikap positif itulah yang telah menjadi keyakinan masyarakat betawi secara turun temurun.

Buaya dilambangkan sebagai hewan suci dan merupakan lambang dari kesabaran. Nilai kesabaran tersebut diambil berdasarkan prilaku buaya yang selalu sabar dalam mengintai saat memburu mangsanya hingga lengah. Di satu sisi ada pula yang menilai roti buaya sebagai sebuah lambang kejantanan seseorang.

Selama penerapannya dalam tradisi pernikahan adat betawi, roti buaya harus selalu dalam kondisi mulus dan sama sekali tidak boleh rusak hingga sampai ke tangan mempelai wanitanya. Ukuran roti buaya juga dipercaya berkaitan dengan nasib rumah tangga pengantin tersebut. Makin keras dan makin besar roti buaya, maka itu akan semakin baik.

]Setelah selesai upacara pernikahan, biasanya roti buaya ini akan dibagi-bagikan untuk dimakan oleh para tamu. Mereka mempercayai bahwa siapapun yang memakan roti buaya tersebut nantinya akan lebih mudah mendapatkan jodoh di kemudian hari.

Hingga saat ini tradisi pernikahan menggunakan roti buaya masih terus berlanjut hingga saat ini. Tak hanya roti buaya yang menjadi syarat masyarakat betawi untuk menikah, melainkan tradisi palang pintu juga menjadi sebuah simbol budaya sakral pernikahan adat betawi.

Hal Menarik Dari Roti Buaya

Roti Buaya, adalah Roti yang bentuknya unik dan pastinya seperti hewan buaya, rasa manis, ditambah berbagai macam toping. Salah satu istilah yang sering didengar ketika ada pernikahan menggunakan adat betawi ialah Seserahan roti buaya.

Ini adalah salah satu bawaan wajib, yang harus dibawa oleh mempelai pria untuk mempelai wanita, waktu  lamaran maupun  akad nikah.Seiring dengan perubahan zaman, seserahan roti buaya kini mengalami pergeseran nilai dan juga fungsi. Dahulu roti buaya dibuat hanya untuk simbol semata, tidak untuk dikonsumsi juga.

Sebab itu  dibuat sekeras mungkin dan semakin keras semakin baik. Untuk kemudian diletakkan di tengah ruangan acara resepsi, sampai acara selesai. Kemudian roti ini akan disimpan di atas lemari, maupun dekat pakaian di kamar pengantin, lalu dibiarkan hingga digerogoti oleh binatang renik.

Karena tidak menggunakan perisa apapun dan dibuat dalam kondisi keras, maka roti jenis ini cenderung awet. Hal ini yang melambangkan bahwa pernikahan suami istri tersebut akan awet, hingga maut memisahkan.

Perkembangan Roti Buaya

Seiring berkembangnya zaman, Kini roti buaya dibuat secantik mungkin, seenak mungkin dengan ditambahkan berbagai macam varian isi. Pastinya ini akan membuat siapapun tergiur akan penampilan dan rasa dari Roti Buaya tersebut. Roti yang dibagikan ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dicelupkan ke dalam kopi atau teh.

Di jaman modern ini roti buaya bisa diisi dengan aneka macam rasa yang enak dan pastinya akan disukai oleh para tamu atau kerabat yang mendapatkan bagian roti buaya.

Memesan roti buaya sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, saat ini ada beberapa toko roti, atau toko makanan jajanan tradisional di daerah Rawa Belong Jakarta Barat. Tinggal memesan roti jenis ini sesuai dengan keperluan pernikahan itu sendiri.

Hal yang perlu diperhatikan ialah ukuran buaya, desain buaya, serta aneka toping yang akan digunakan pada roti tersebut. Masalah harga beragam, semakin besar dan semakin detail roti yang akan dibuat, maka harga yang ditawarkan juga akan sedikit lebih mahal.

Macam-Macam Roti Buaya

Berikut ini beberapa varian rasa roti buaya:

  1. Original / tanpa isian

Jaman dulu roti buaya memang tanpa isian alias original dengan cita rasa roti yang enak. Roti buaya tanpa isian ini bisa Anda order kalau Anda lebih menyukai membagikan roti yang tidak terlalu eneg atau manis. Biasanya memesan roti tanpa isian malah justru aman karena semua tamu yang dibagikan roti pasti bisa makan.

  1. Coklat

Kalau Anda ragu ingin membeli roti buaya isian apa yang pasti semua orang akan suka, maka silakan pilih roti buaya dengan isi coklat ini. Pasalnya coklat adalah cita rasa yang banyak orang suka dan digemari. Tidak hanya roti buaya, kebanyakan mereka yang jual roti biasanya pasti ada menu roti atau kue dengan isian coklat semacam ini.

  1. Strawberry

Selain coklat, rasa roti buaya dengan isian strawberry juga yang paling banyak digemari. Apalagi mereka yang doyan makan manis dengan cita rasa sedikit asam ala stroberi. Kami sendiri membuat roti buaya dengan isi strawberry enak yang banyak pas di lidah. Biasanya strawberry juga banyak sekali yang menyukainya seperti roti-roti pada umumnya.

  1. Keju

Keju adalah roti buaya dengan isian spesial dimana keju memiliki cita rasa sedikit asin khas keju. Kalau tidak ingin memesan roti isian yang terlalu manis seperti coklat dan strawberry, maka ada pilihan isi keju ini yang dapat diorder sekarang.

  1. Blueberry

Rasa blueberry hampir sama dengan isian roti buaya strawberry. Sama-sama menawarkan cita rasa manis buah yang enak di lidah. Blueberry dengan selai buah warna ungu ini bisa Anda order sebagai isian dalam roti buaya yang super enak. Kalau ingin sesuatu yang unik dan beda selain rasa strawberry maka blueberry dapat dipesan.

Resep Cara Membuat Roti Buaya

Cara Membuat Roti Buaya

1. Cara Membuat Roti Buaya Original

Bahan yang digunakan :

  • 1000 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir halus
  • 100 gram margarine atau mentega
  • 15 gram susu bubuk
  • 3 butir telur ayam
  • 25 gram ragi bubuk instan
  • 70 cc air es
  • 15 gram garam dapur
  • Pewarna makanan secukupnya

Resep Roti Buaya Original:

  1. Ambil satu wadah lalu masukan margarine aatu mentega dan gula pasir halus kocok dengan menggunakan mixer.
  2. Tambahkan tepung terigu, gula pasir halus, susu bubuk, ragi bubuk instan, garam dapur sekaligus pewarna makanan, lalu aduk perlahan sampai tercampur rata.
  3. Masukan satu persatu telur ayam kocok hingga rata.
  4. Tuangkan sedikit demi sedikit air es sambil dikocok kembali hingga merata.
  5. Diamkan dahulu selama kurang lebih 30 menit, agar adonan dapat mengembang dengan sempurna.
  6. Ambil adonan secukupnya dan bentuk menyerupai dengan buaya.
  7. Terus bentuk sampai adona habis.
  8. Letakan diatas loyang yang telah diolesi margarine lalu masukan dalam oven dan panggang selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.
  9. Jika sudah matang dengan merata, keluarkan roti buaya dari dalam oven.
  10. Dan roti buaya siap untuk dihidangkan.

2. Cara Membuat Roti Buaya Isi Coklat

Bahan yang diperlukan :

  • Tepung terigu 1000 gram ( protein tinggi )
  • Gula pasir 250 gram
  • Margarine 100 gram
  • Susu bubuk 15 gram
  • Telur 3 butir
  • Ragi 25 gram
  • Air es 70 cc
  • Krim Coklat secukupnya
  • Garam 15 gram
  • Pewarna secukupnya

Resep Roti Buaya Isi Coklat :

  1. Pertama-pertama campurkan semuah bahan menjadi satu
  2. kemudian mixer hingga menjadi adonan yang halus .
  3. Selanjutnya diamkan maksimal selama tiga puluh menit agar adonan mengembang pas .
  4. Setelah itu timbang adonan sesuai ukuran yang diinginkan
  5. kemudian isikan Krim coklat lalu bentuk roti buaya .
  6. Jika sudah dibentuk seperti buaya lalu panggang adonan dalam oven panas sampai matang dan berwarna kecoklatan .

3. Cara Membuat Roti Buaya Isi Strawberry

Bahan yang diperlukan :

  • 500 gr terigu
  • susu bubuk 30 gr
  • 30 gr gula pasir
  • 30 gr mentega
  • 1 sdm gist
  • 500 cc air
  • garam secukupnya
  • Selai Strawberry secukupnya

Resep Roti Buaya Isi Strawberry :

  1. Campur dan aduk jadi satu bahan kering; tuangi air, aduk hingga tercampur, masukkan mentega, aduk hingga menjadi adonan
  2. Diamkan 45 menit hingga mengembang
  3. Potong-potong adonana masing-masing 50 gram, pulungi dan biarkan 15 menit
  4. Bentuk adonan yang telah dipulung menyerupai buaya,
  5. Isikan didalamnya selai strawberry,
  6. Kemudian letakkan diatas loyang yang telah diolesi blue band, biarkan mengembang kembali 45 menit
  7. Panggang hingga kuning kecoklatan dan matang, hidangkan.

4. Cara Membuat Roti Buaya Isi Keju

Bahan yang digunakan :

  • 1000 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir halus
  • 100 gram margarine atau mentega
  • 15 gram susu bubuk
  • 3 butir telur ayam
  • 25 gram ragi bubuk instan
  • 70 cc air es
  • 15 gram garam dapur
  • Parutan Keju secukupnya

Resep Roti Buaya Isi Keju:

  1. Ambil satu wadah lalu masukan margarine aatu mentega dan gula pasir halus kocok dengan menggunakan mixer.
  2. Tambahkan tepung terigu, gula pasir halus, susu bubuk, ragi bubuk instan, garam dapur dan pewarna makanan kemudian aduk perlahan sampai tercampur rata.
  3. Masukan satu persatu telur ayam kocok hingga rata.
  4. Tuangkan sedikit demi sedikit air es sambil dikocok kembali hingga merata.
  5. Agar adonan mengembang secara sempurna, diamkan dahulu kurang lebih 30 menit.
  6. Ambil adonan secukupnya dan bentuk menyerupai buaya.
  7. Isikan Parutan Keju didalamnya
  8. Terus bentuk sampai adona habis.
  9. Letakan diatas loyang yang telah diolesi margarine lalu masukan dalam oven dan panggang selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.
  10. Jika dirasa sudah matang, segera keluarkan roti buaya dari dalam oven.
  11. Dan roti buaya siap untuk dihidangkan.

5. Cara Membuat Roti Buaya Isi Blueberry

Bahan yang diperlukan :

  • 500 gr terigu
  • 30 gr susu bubuk
  • gula pasir 30 gr
  • mentega 30 gr
  • 1 sdm gist
  • 500 cc air
  • garam secukupnya
  • Selai Blueberry secukupnya

Resep Roti Buaya Isi Bluberry :

  1. Campur dan aduk jadi satu bahan kering; tuangi air, aduk hingga tercampur, masukkan mentega, aduk hingga menjadi adonan
  2. Diamkan 45 menit hingga mengembang
  3. Potong-potong adonana masing-masing 50 gram, pulungi dan biarkan 15 menit
  4. Bentuk adonan yang telah dipulung menyerupai buaya,
  5. Isikan didalamnya selai Blueberry
  6. Kemudian letakkan diatas loyang yang telah diolesi blue band, biarkan mengembang kembali 45 menit
  7. Panggang hingga kuning kecoklatan dan matang, hidangkan.

6. Cara Membuat Roti Buaya Kombinasi Isi Coklat Dan Keju

Bahan yang digunakan :

  • 1000 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir halus
  • 100 gram margarine atau mentega
  • 15 gram susu bubuk
  • 3 butir telur ayam
  • 25 gram ragi bubuk instan
  • 70 cc air es
  • 15 gram garam dapur
  • Parutan Keju secukupnya
  • Coklat cair secukupnya

Resep Roti Buaya Kombinasi Isi Coklat Dan Keju:

  1. Ambil satu wadah lalu masukan margarine aatu mentega dan gula pasir halus kocok dengan menggunakan mixer.
  2. Tambahkan tepung terigu, gula pasir halus, ragi bubuk instan, susu bubuk, dan garam dapur serta pewarna makanan aduk perlahan sampai tercampur rata.
  3. Masukan satu persatu telur ayam kocok hingga rata.
  4. Tuangkan sedikit demi sedikit air es sambil dikocok kembali hingga merata.
  5. Agar adonan mengembang sempurna, diamkan dulu adonan selama kurang lebih 30 menit.
  6. Ambil adonan secukupnya dan bentuk menyerupai buaya.
  7. Isikan Parutan Keju didalamnya sekaligus juga coklat cairnya.
  8. Terus bentuk sampai adona habis.
  9. Letakan diatas loyang yang telah diolesi margarine lalu masukan dalam oven dan panggang selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.
  10. Apabila sudah matang, maka roti buaya dapat dikeluarkan dari dalam oven.
  11. Dan roti buaya siap untuk dihidangkan.

7. Cara Membuat Roti Buaya Kombinasi Isi Kacang Dan Coklat

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 130 gr tepung cakra
  • 2 sdt fermipan
  • 18 gr gula pasir
  • sejumput garam
  • 90 gr (1 telur + 10 gr whipe cream bubuk + susu cair)
  • 15 gr margarine
  • Kacang yang sudah dipotong potong secukupnya
  • Coklat cair secukupnya

Resep Roti Buaya Kombinasi Isi Kacang Dan Coklat :

  1. Kocok telur whipe cream dan susu cair. Aduk rata.
  2. Masukan tepung cakra gula dan fermipan. Uleni sampai kalis
  3. Masukan margarine dan garam. Uleni lagi sampai kalis elastis.
  4. Ambil sedikit adonan untuk tangan dan kaki. Buat adonan bentuk memanjang.
  5. Lalu bentuk bagian mulutnya badannya dan ekornya. Usahakan Bagian ekor makin lama makin mengecil ya..
  6. Isikan Coklat dan Kacang didalamnya secukupnya saja.
  7. Gunting bagian mulutnya agar terbuka. Lalu bagian matanya diberi kismis. Kemudian bagian badannya gunting gunting tidak beraturan.
  8. Jika sudah, Olesi dengan margarine hingga rata, letakkan adonan buaya di atas loyang. Diamkan selama 60 menit, setelah itu olesi dengan susu evaporated hingga rata.
  9. Selanjutnya, masukkan ke dalam oven kemudian panggang dengan suhu 190°C selama 30 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Selagi masih panas, olesi dengan mentega, hias sesuai selera.
  10. Roti Buaya Siap Disantap

Mungkin itu tadi adalah beberapa contoh Cara dalam Membuat Roti Buaya yang bisa kalian praktekkan di rumah dengan mudah. Terlihat menarik dan juga sedikit mengasah keterampilan bukan.

Karena itu, Roti Buaya ini juga cocok untuk disajikan saat kumpul Bersama keluarga, maupun saat ada acara kumpul yang terdapat banyak orang.

Jadi, mungkin itu saja informasi mengenai Cara Membuat Roti Buaya yang bisa kami berikan. Semoga informasi resep resep yang telah kami bagikan kepada anda diatas bisa bermanfaat pastinya. Sajikanlah Roti buaya ini dengan minuman segar seperti jus buah, maupun sirup untuk menambah kenikmatan saat mencicipinya. Terima kasih dan selamat mencoba.