Kue Cucur merupakan salah satu jajanan yang tradisional sekaligus melegenda khas dari Indonesia dan telah ada sejak dahulu kala. Bentuk kue ini bundar dengan ciri khas bagian menonjol di tengahnya. Resep Kue Cucur ini pastinya perlu anda ikuti sampai habis.

Membahas mengenai kuliner maupun jajanan khas nusantara, memang sangat menarik karena jajanan lawas memiliki kualitas rasa dan tampilannya yang beragam. Kue tradisional juga memang biasanya cocok jadi salah satu pilihan yang pas untuk teman minum teh di pagi atau sore hari.

Banyak kuliner dan jajanan Indonesia yang terkenal dan hebatnya bisa bertahan hingga kini, tanpa tertelan zaman. Salah satunya yang paling melegenda adalah Kue Cucur.

Dibuatnya Resep Kue Cucur ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin menikmati kue cucur setiap saat khususnya yang ingin membuatnya sendiri dirumah. Pastinya, kenikmatan dalam merasakan kue buatan sendiri dapat diperoleh. Aneka jenis resep ini bisa anda aplikasikan langsung di dapur rumah anda.

Selain Kue Cucur, Anda juga perlu mencoba menu jajanan tradisional lainnya. Ada beragam kue tradisional indonesia lainnya yang bisa dinikmati juga. Salah satunya Resep Kue Mochi yang juga patut dijadikan sebagai panduan membuat Kue Mochi yang lembut dan enak saat dikonsumsi.

Kegiatan apapun bisa ditemani dengan jajanan tradisional Indonesia yang satu ini. Tapi sayangnya, sekarang kue ini lebih jarang ditemui karena hanya bisa ditemui di beberapa pasar tradisional dan juga toko kue saja.

Inilah Resep Kue Cucur, salah satu kue legendaris yang bisa anda diaplikasikan agar Anda tetap bisa menikmati kue cucur dimanapun dan kapanpun, dan pastinya buatan sendiri.

Sejarah Singkat Kue Cucur

Di Indonesia sendiri, kue cucur awalnya dibawa oleh bangsa asing yang datang pada saat itu. Sayangnya tidak ada literatur yang menyebutkan berasal dari bangsa mana dan kapan.

Karena bahannya yang mudah didapat (tepung beras) dan cara pembuatannya yang mudah yaitu digoreng, keberadaan kue cucur diterima oleh masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu jajanan tradisional, terutama untuk upacara adat.

Warna cokelat dari kue cucur diperoleh dari gula merah yang ditambahkan pada adonan sebagai sumber rasa manis. Ternyata secara tidak langsung, kue cucur ini juga menjadi kue tradisional di beberapa daerah di Indonesia.

Tapi tahukah kamu? Kalau kue cucur tak hanya menjadi kudapan yang kehadirannya selalu ada di Indonesia, namun Kue cucur juga menjadi kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Thailand.

Di Thailand Selatan, kue cucur sering dihidangkan di festival dan upacara pernikahan. Sementara di Negara Malaysia, istilah Kue Cucur lebih ditujukan untuk jenis kudapan goreng.

Dan ternyata, kue cucur merupakan perlambang cinta lho! Masyarakat Thailand percaya kalau bentuk kue cucur mirip dengan bunga lotus yang dapat tumbuh di kondisi yang sulit. Kue cucur menjadi perlambang cinta dari pasangan yang baru menikah dan akan semakin bertambah sukses dalam kehidupan pernikahan.

Terkadang, kue cucur juga diberikan sebagai hadiah masyarakat Thailand setelah pernikahan. Sedangkan di Indonesia, khususnya Jakarta, kudapan ini termasuk ke dalam makanan adat yang ada pada upacara-upacara adat budaya Betawi, dan Resep Kue Cucur ini wajib dibuat untuk dihidangkan.

Tips Kue Cucur Mengembang Rapih dan Berserat

Resep Kue Cucur

Jajanan pasar apa yang jadi favorit anda? Wah, kalau saya tak terhitung jari nih saking banyaknya. Namun, setiap pergi ke pasar tradisional, saya pasti tak melewatkan waktu untuk membeli kue cucur.

Bagi sebagian orang, kue cucur memang terasa unik karena teksturnya yang agak kenyal dan berserat. Namun, justru itulah yang membuat kue basah yang satu ini tetap digemari hingga sekarang. Tekstur luarnya basah dan menggembung, sedangkan tekstur dalamnya berserat dan juga empuk.

Sebagai salah satu penikmat jajanan tradisional, saya juga penasaran dalam membuat kue cucur sendiri. Karena, terkadang kue cucur yang saya beli sembarangan justru terasa berminyak dan cenderung bantat.

Bahkan, ada yang teksturnya keras dan sulit digigit. Namun saya memahami sulitnya bikin kue cucur saat praktik sendiri, meskipun bahan-bahannya terhitung sederhana. Bagi anda yang ingin coba buat di rumah, simak tips berikut ini dulu yuk!

1. Pastikan adonan tidak bergerindil

Adonan kue cucur terdiri dari bahan yang sederhana, antara lain tepung beras, tepung protein sedang, air atau santan, gula merah, dan daun pandan. Kemudian campurkan semua bahan hingga teksturnya benar-benar halus dan tidak bergerindil. Jika memakai mixser, cukup kocok selama 5 menit, sedangkan apabila dengan spatula atau whisker perlu kurang lebih 10 menit. Adonan yang halus tentu membuat tampilan kue cucur jauh lebih bagus dan tidak mudah hancur ketika digoreng.

2. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam

Setelah dipastikan halus, diamkan adonan kue cucur selama kurang lebih satu jam. Hal ini dilakukan agar kue cucur dapat bersarang cantik nantinya. Selain itu, tepung beras juga dapat menyerap cairan dengan sempurna yang ditandai dengan tekstur yang lebih berat dan kental saat anda coba mengaduknya. Sehingga ketika digoreng, adonan kue cucur akan turun dan membentuk ‘topi’ nantinya.

3. Pakai wajan cekung yang agak tebal

Untuk menggoreng kue cucur, wajan yang berbentuk cekung dan agak tebal seperti wajan serabi merupakan pilihan yang tepat. Wajan jenis ini lebih dianjurkan untuk meminimalisir gosong dan bisa membuat kue cucur berbentuk bagus, yakni bertopi di bagian tengah dan juga tekstur yang agak kering di bagian pinggirnya.

merupakan wajan yang tepat untuk membuat kue cucur. Bentuknya cekun dan ukurannya tidak terlalu lebar. Kue cucur yang dihasilkan nantinya akan bulat sempurna dan bertopi di bagian tengah.

4. Perhatikan takaran minyak untuk menggoreng

Kue cucur diharuskan digoreng dengan takaran minyak yang pas. Selain itu, kue ini juga wajib digoreng satu per satu agar hasilnya sempurna. Untuk takaran minyaknya tak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak seperti untuk deep-fry, ya. Kira-kira untuk wajan serabi, dapat memakai 3-4 sendok makan minyak goreng untuk satu buah kue cucur. Intinya, jangan sampai adonan terendam di dalam minyak.

5. Pastikan minyak sudah benar-benar panas saat adonan dimasukkan

Selain takarannya yang harus pas, minyak untuk menggoreng juga harus benar-benar panas. Minyak panas inilah yang akan membuat si kue cucur berserat dan punya topi di bagian tengahnya. Nah, minyak bisa dipastikan panas jika pinggiran adonan langsung membentuk serabut sementara bagian tengahnya turun. Anda juga bisa mengetes minyak panas dengan mencelupkan sedikit adonan dan perhatikan bila adonan tersebut langsung mekar bergelembung.

6. Tusuk dan ciprati bagian tengah kue saat digoreng

Selama proses menggoreng, ciprati bagian tengah kue cucur dengan minyak supaya semakin bersarang. Anda juga bisa mencoba sedikit menggoyang-goyangkan kue cucur tersebut, tapi jangan terlalu sering dibolak-balik ya. Selain menciprati dengan minyak, tusuk bagian tengah juga untuk membuat semacam ‘udel’ kue cucur. Menusuk bagian tengah ini juga bisa mengalirkan minyak panas supaya tekstur dalamnya matang merata, lho.

Nah, sekarang kan tak perlu jauh-jauh untuk menikmati kue cucur ya. Agar tidak terlalu berminyak, tiriskan kue cucur di atas tisu dapur atau cooling rack terlebih dulu.

Jenis-jenisnya

Mengenai Kue Cucur ini, biasanya ada dua macam kue cucur yang biasa dijajakan di pasar. Yang pertama ialah, Resep Kue Cucur dengan manis gula pasir yang berwarna merah muda. Lalu yang kedua, ada Resep Kue Cucur yang manis rasa gula merah dan berwarna kecoklatan. Jenis yang kedua ini merupakan yang paling populer dan disukai oleh mayoritas masyarakat.

Seringkali kita harus pergi ke pasar untuk membeli kue lezat ini. Padahal jika kita tidak malas dan mau mencoba, kita bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Dijamin anti gagal, karena, disini kami ada tips dan Resep Kue Cucur yang simpel dan bisa diterapkan saat membuatnya di rumah. Penasaran kan? Yuk simak resepnya!

Cara Membuat Kue Cucur

Resep Kue Cucur

Kue tradisional khas nusantara ini tidak dipungkiri punya rasa manis yang pas di lidah. Ternyata Kue Cucur ini memang ada 2 jenis, yaitu menggunakan gula merah dan gula pasir. Jenis yang paling terkenal dan disukai  adalah Kue cucur gula merah. Inilah rahasia resep kue cucur gula merah yang bisa anda coba buat sendiri.

1. Kue Cucur Gula Merah

Bahan-Bahan :

  • 250 gram tepung terigu/gandum
  • 250 gram tepung beras
  • 200 gram gula merah
  • 200 gram gula putih
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kesumba kuning
  • Garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Panaskan gula merah dengan sedikit air agar gula merah tersebut cepat mencair. Apabila gula merahnya berwarna kurang merah, berilah tambahan waktu untuk merebus gula merah agar tampak lebih matang hitam. Apabila sudah membentuk karamel, tambahkan air, kemudian dinginkan.
  2. Campurkan tepung gandum serta tepung beras. Saring gula merah yang sudah didinginkan tadi (untuk menghilangkan kotoran dari gula merah), kemudian tambahkan ke dalam campuran antara tepung beras dan tepung terigu.
  3. Selanjutnya, tambahkan air ke dalam adonan tepung dan gula merah tadi. Aduk rata. Tambahkan gula putih, kesumba secukupnya, serta garam. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam atau bahkan lebih, sampai tingkat kekentalan adonannya seperti susu kental manis (agar menghasilkan kue cucur yang berserat)
  4. Panaskan wajan dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Menurut resep, minyaknya tidak boleh terlalu banyak ataupun terlalu sedikit agar kematangan kue pas. Volume api juga harus pas. Jika api terlalu besar, kue menjadi sangat mengembang (buntal), sedangkan apabila api terlalu besar, kue akan menjadi sangat tipis.
  5. Setelah minyak dirasa sudah cukup panas dan volume api sudah pas, gorenglah adonan kue cucur tersebut. Tunggu hingga benar-benar matang dan tiriskan. Sajikan dengan cara yang menarik.

2. Kue Cucur Gula Pasir

Kue cucur gula pasir bisa punya beragam warna. Anda bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam adonannya sesuai dengan selera untuk memberikan warna pada kue cucur. Berikut adalah resep kue cucur dari olahan gula pasir.

Bahan-Bahan :

  • 150 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 300 ml air kelapa
  • ½ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan ikat simpul
  • Pewarna makanan secukupnya (warna sesuai selera)

Cara Membuat :

  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan garam
  2. Masaklah air beserta gula pasir dan daun pandan hingga mendidih. Biarkan agak dingin.
  3. Tuangkan larutan gula yang sudah agak dingin tadi ke dalam campuran tepung dan garam. Aduk sampai rata.
  4. Berilah pewarna makanan secukupnya dan aduk rata.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Ingat, ukuran minyak harus pas. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tunggu sampai panasnya pas.
  6. Selanjutnya, gorenglah adonan. Perhatikan juga cara menggorengnya, agar benar dan terbentuk kue cucur yang berserat. Ambil adonan dengan sendok sayur dan tuang di tengah wajan (adonan harus terendam minyak). Nantinya, serat akan muncul dari tepi ke tengah. siram-siram bagian tengahnya dengan minyak, kemudian baliklah. Angkat, lalu tiriskan.

3. Kue Cucur Manado

Pernahkah Anda mencicipi kue cucur Manado? Apa bedanya dengan kue cucur pada umumnya? Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang mencolok. Perbedaannya terletak pada penambahan kayu manis dalam bahan-bahannya. Berikut ini resep kue cucur versi lengkap.

Bahan-Bahan :

  • 100 gram tepung terigu
  • tepung beras 100 gram
  • gula merah 100 gram
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm kayu manis
  • 100 ml air

Cara Membuat :

  1. Pertama, campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam.
  2. Selanjutnya, rebuslah gula pasir dan gula jawa ke dalam 100 ml air. Tunggu sampai mendidih.
  3. Setelah gula jawa dan gula pasir larut ke dalam air rebusan, diamkan sampai agak dingin.
  4. Tambahkan kayu manis ke dalam campuran tepung dan garam.
  5. Setelah larutan gula agak dingin, tuanglah pada campuran tepung tadi dan aduk hingga rata, kurang lebih selama 10 menit.
  6. Diamkan adonan selama minimal 1 jam. Ini adalah tips agar adonan mempunyai tingkat kekentalan yang pas, sehingga tekstur kue cucur tidak keras ataupun tidak lembek.
  7. Gorenglah dengan minyak yang sudah panas. perhatikan volume apinya agar tetap dalam volume sedang. Teknik menggorengnya, ambil adonan dengan sendok sayur dan tuangkan ke bagian tengah wajan. Tunggu sampai seratnya muncul dari tepi ke tengah, sambil siram-siram bagian tengahnya dengan minyak agar bagian tengahnya menggelembung. Setelah beberapa lama, baliklah kuenya agar matangnya merata.
  8. Setelah matang seluruh bagiannya, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan cara menarik. Anda bisa menggunakan daun pandan.

4. Kue Cucur Berserat Pandan Wangi

Kue cucur yang berserat ialah salah satu ciri kue cucur yang baik. Anda dapat membuat kue cucur yang berserat dengan pandan wangi yang manisnya pas sekaligus aromanya yang harum. Berikut adalah resep cara membuat kue cucur pandan wangi yang enak dan berkualitas.

Bahan-Bahan :

  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung terigu
  • 125 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • ¼ sdt garam
  • 1 gelas air matang

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama, campurkan gula, air, dan daun pandan. Masaklah sampai mendidih dan gula larut ke dalam air.
  2. Setelah matang, saringlah dan diamkan larutan gula sampai agak dingin.
  3. Campurkan tepung terigu dan tepung beras. Berilah garam secukupnya.
  4. Tambahkan larutan gula pada campuran tepung. Campurkan sampai rata dan mengental. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Panaskan minyak goreng di wajan sampai panasnya pas. Usahakan volume minyak bisa pas, sehingga adonan bisa tercelup ke dalam genangan minyak. Pastikan apinya dalam kapasitas volume sedang.
  6. Selanjutnya, gorenglah kue cucur tersebut dengan teknik yang benar. Ambil adonan dengan sendok sayur dan tuangkan ke dalam minyak. Tunggu sampai muncul serat dari tepi ke tengah. Siram-siram bagian tengahnya dengan minyak agar menggelembung. Setelah itu, baliklah kuenya agar matangnya merata. Setelah seluruhnya matang, angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan kue cucur dengan menarik agar mampu menggugah selera siapapun yang melihatnya.

Demikian beragam resep kue cucur yang telah kami berikan. Masakan kuliner dan jajanan Indonesia memang kaya akan rasa dan teknik. Kue cucur adalah bukti nyatanya. Untuk menghasilkan kue cucur yang enak dan empuk, Anda harus perhatikan tips-tips diatas dengan benar. Sekian dan selamat mencoba.