Kue adalah sebutan untuk jajanan, panganan atau makanan ringan yang dibuat dari campuran berbagai bahan pangan dan memiliki bentuk serta jenis yang beraneka ragam. Disini, kami akan merangkum beberapa Resep Aneka Kue yang banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia.

Pada awalnya, kue merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut penganan tradisional. Namun kemudian diubah oleh masyarakat untuk menyebut segala bentuk makanan yang bukan makanan utama. Tak peduli Resep Aneka Kue tersebut apakah itu oriental ataupun kontinental. Selama bukan merupakan makanan utama, maka itu di sebut kue.

Kue di Indonesia dapat diartikan dengan segala macam yang dapat disantap dan dimakan di samping makanan utama nasi, lauk-pauk dan buah-buahan. Disamping itu pastinya terdapat Resep Kue Tradisional yang juga dapat dicoba dan memiliki arti sebagai panganan, jajanan atau makanan kecil yang terdapat di Indonesia.

Makanan kecil dan ringan ini dapat dikonsumsi dan pastinya selalu hadir sebagai makanan selingan pada suatu hidangan acara pesta atau selametan, dapat pula sebagai pengiring minum teh disajikan kepada tamu atau sebagai bekal ke kantor, ke sekolah, maupun untuk rekreasi.

Setiap Negara, pastinya memiliki kekhasan kue kuenya tersendiri, seperti contoh “English cake” adalah kue yang berasal dari Inggris, kue donat berasal dari Amerika, sedangkan dodol dari Indonesia. Kue tradisional yang ada di Indonesia pastinya sangat banyak macamnya, dan pastinya juga masing-masing berbeda sesuai dengan daerah asalnya dan mempunyai ciri khas masing masing daerah.

Dari jenisnya tersebut, kita bisa mengenal kue tersebut berasal dari daerah mana. Sebagian contohnya ialah wingko dari Jawa Tengah yang biasa disebut wingko babat, kerak telor berasal dari Jakarta/Betawi, dodol berasal dari Garut, bika ambon dari Medan, dan bolu koja dari Palembang.

Sejarah Terciptanya Resep Aneka Kue

Kue bisa diartikan kudapan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Biasanya, Kue mempunyai rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin.

Kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan. Resep Aneka Kue biasanya dibuat dari adonan tepung, Baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu. Makanan tradisional Nusantara biasa ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Belanda melalui hubungan sejarahnya dengan Indonesia.

Kata “kue” berasal dari Bahasa Hokkian yang memiliki arti : 粿 koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya dari China seperti kue bakpia.

Di Indonesia, kebanyakan kue tradisionalnya ialah kue basah, sementara beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan pengaruh Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.

Pada awalnya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa, akan tetapi kini dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah meluas menjadi istilah yang memayungi berbagai jenis makanan ringan termasuk untuk menyebut kue basah, kue kering, kue pastri, dan kue bolu.

Jenis Resep Aneka Kue Di Indonesia

Resep Aneka Kue

Perlu anda ketahui, Kue dapat dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. Dan kue di Indonesia biasanya dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue basah dan kue kering.

1. Basah

Kue basah merupakan makanan kecil yang bisa dijadikan alternatif camilan dan juga biasa disantap di pagi atau sore hari. Makanan jenis basah ini umumnya bertekstur empuk, lembut, dan tidak bertahan lama (hanya bertahan beberapa hari).

Hal ini disebabkan karena umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga cepat basi. Kue basah biasanya dimasak dengan cara direbus, atau digoreng, maupun kukus. Kebanyakan kue tradisional Nusantara adalah kue basah, dan umumnya dapat ditemui di beberapa pasar tradisional, maupun di toko kue.

2. Kering

Kue kering ialah kue dengan kadar air yang minimal, sehingga dapat tahan disimpan lebih lama daripada kue basah. Tekstur Kue ini biasanya keras tetapi renyah karena dibuat dengan cara di oven. Daya tahan Kue kering ini cukup lama.

Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering di antaranya tepung beras, tepung ketan, terigu, ataupun sagu. Kue kering lebih dikategorikan sebagai kue yang dipanggang mirip seperti kukis. Kue kering biasanya populer disajikan pada saat perayaan Hari Lebaran ataupun Natal.

Tips Sukses Membuat Resep Aneka Kue

Sering kali para ibu bertanya, “Mengapa setiap kali saya membuat kue selalu gagal?” Atau beberapa orang menyerah ketika melihat bentuk kue yang mereka buat pertama kali yang jadi bantat atau tidak mengembang dengan baik.

Membuat kue sesungguhnya tidaklah terlalu sulit, asalkan kita mau mengikuti dan mengetahui aturan-aturan yang ada. Berikut tips agar dapat menghasilkan kue yang lezat dan sempurna :

1. Bahan

Perhatikan dengan cermat pemakaian bahan-bahan. Untuk roti tawar sendiri memakai jenis gandum dengan protein tinggi. Ayak tepung terigu sebelum dipakai. Jangan lupa timbang dan siapkan bahan-bahan sesuai resep. Khusus untuk mentega, apabila memakai mentega tawar, berarti garam dalam resep tetap dipakai.

Tetapi jika memakai mentega asin, sebaiknya jangan menambahkan garam. Khusus untuk air dingin, gunakan air masak yang sudah diberi potongan es batu dan diamkan hingga air dingin. Gunakan air es ini tetapi jangan sampai memasukkan batu es langsung.

2. Mengetahui Perbedaan Mengocok dan Mengaduk

Ketika kita membaca sebuah resep, sering kali kita diminta mengocok atau mengaduk adonan. Biasanya yang dikocok adalah telur dan gula. Ketika diminta mengocok, itu berarti anda harus menggunakan mixer. Namun ketika diminta untuk mengaduk Anda dapat menggunakan sendok besar atau spatula.

Jika diminta mengaduk, aduklah sampai dasar mangkuk supaya adonan tercampur dengan sempurna. Jika masih terdapat adonan cair yang mengendap di dasar mangkuk, maka kue Anda bisa menjadi bantat. Gunakan teknik aduk balik. Jika anda membuat adonan kue kering, jangan mengocok campuran mentega dan gula terlalu lama.

Ini adalah kesalahan yang sering terjadi. Jika Anda mengocok terlalu lama, nantinya adonan kue kering Anda akan melebar saat dipanggang. Kocok adonan dengan mixer yang berkecepatan rendah saja, asalkan tercampur rata kira-kira 30 detik saja.

3. Mencetak Adonan

Membuat kue adalah hal yang menyenangkan. Kita bisa berkreasi dengan rasa dan bentuk kue yang kita inginkan. Bila adonan sudah siap maka dimulailah pencetakan kue.

Kadang-kadang, sebagian ibu menemukan waktu mencetak adonan adalah waktu yang paling merepotkan, karena untuk mendapatkan hasil adonan yang sempurna, diperlukan kerja keras dan telaten. Namun sekarang tidak lagi, karena diluar sana sudah banyak dijual alat-alat untuk mencetak adonan dengan mudah dan hasil sempurna.

Anda dapat menggunakan Tupperware MPress misalnya, sebuah alat cetak adonan yang praktis mencetak aneka ragam bentuk adonan dengan sekali tekan

4. Pergunakan Loyang Sesuai Ukuran

Jika dalam resep dituliskan untuk menggunakan loyang bulat ukuran diameter 22cm, jangan menggunakan ukuran lebih besar kecuali Anda ingin kue Anda menjadi lebih tipis, atau jangan menggunakan ukuran lebih kecil karena kue Anda bisa meluap keluar dari loyang saat dipanggang. Ketinggian loyang juga harus diperhatikan, karena dapat memengaruhi proses pematangan.

5. Memanggang dan Mengetahui Tingkat Kematangan

Biasanya kematangan kue dapat ditentukan dengan menggunakan tusuk gigi atau garpu yang ditusukan ke dalam kue. Jika tidak ada lagi adonan yang menempel di tusuk gigi atau garpu berarti kue Anda sudah matang dan siap dihidangkan.

Hal ini tidak berlaku untuk pembuatan cookie atau kue kering. Kue kering tidak perlu ditusuk dengan tusuk gigi atau garpu. Untuk mengetahui kematangannya cukup dengan memerhatikan warnanya saja, jangan sampai terlalu gosong.

Resep Aneka Kue Indonesia

Resep Aneka Kue

# Jenis Kue Basah

1. Resep Aneka Kue : Lapis Legit

Bahan-Bahan:
  • 60 gram tepung terigu
  • 30 butir kuning telur
  • 4 butir putih telur
  • 300 gram gula pasir halus
  • 30 gram tepung maizena
  • bumbu spekuk secukupnya
  • cake emulsifier secukupnya
  • 400 gram mentega
  • 20 gram susu bubuk
Cara Membuat Lapis Legit:
  1. Masukkan 30 butir kuning telur, gula pasir halus dan putih telur. Kocok hingga semua tercampur sempurna dan lembut.
  2. Masukkan satu sendok kecil cake emulsifier, lalu kocok lagi sampai benar benar mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya, susu bubuk, bumbu spekuk satu sendok kecil dan tepung maizena. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna menggunakan spatula atau alat lain.
  4. Masukkan mentega yang sudah dikocok sebelumnya. Cara memasukkannya jangan dituang sekaligus, ambil sepertiga bagian, lalu aduk aduk sampai tercampur sempurna.
  5. Ulangi lagi sampai kocokan menteganya habis dan tercampur sempurna dengan adonan lain dan tidak ada gumpalan di adonannya.
  6. Panaskan oven dan tunggu hingga benar-benar panas sebelum memasukkan loyangnya.
  7. Siapkan loyang yang akan dipakai dan beri kertas roti di bagian bawahnya. Olesi loyang dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
  8. Tuang sedikit adonan (sekitar 50-60 gram) untuk lapisan pertamanya lalu ratakan.
  9. Masukkan ke dalam oven yang sudah panas dan panggang dengan api bawah hingga berwarna agak kecokelatan.
  10. Setelah itu, tuang adonan lagi di atas loyangnya, lalu masukkan dan panggang dengan api atas hingga berwarna kecokelatan.
  11. Masukkan lagi adonan (kurang lebih sebanyak adonan pertama dan kedua). Lalu tekan sedikit supaya rata dengan penekan khusus, bisa juga memakai bawah loyang yang ukurannya lebih kecil (olesi terlebih dahulu dengan mentega atau butter bagian bawah penekannya supaya tidak lengket).
  12. Panggang lagi dengan api atas sampai berwarna agak kecokelatan sekitar lima menit.
  13. Ulangi sampai semua adonan habis.
  14. Terakhir panggang lagi, kurang lebih selama 15 menit hingga kue lapis legitnya benar benar matang.

2. Resep Aneka Kue : Arem Arem

Bahan-Bahan:
  • 1/2 kg beras
  • 500 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai (memarkan)
  • Garam (secukupnya)
  • Daun pisang (untuk membungkus, secukupnya)
Bahan Isi:
  • 250 gram daging ayam cincang
  • 200 gram wortel
  • Bunga kol cincang halus (secukupnya)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 200 ml santan
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 1 lembar daun salam (memarkan)
  • Minyak goreng (secukupnya)
Bumbu Halus Untuk Isi:
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • Lada bubuk (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya, jika suka)
Cara Membuat:
  1. Masak beras bersama santan, garam, daun salam dan batang serai hingga menjadi nasi aron (setengah matang). Jika sudah, angkat lalu tiriskan sebentar.
  2. Masak bahan isian. Tumis bumbu hingga harum menggunakan minyak goreng lalu tambahkan daging ayam, wortel dan bunga kol. Masukkan santan kelapa dan masak hingga semua bahan matang serta bumbu meresap. Angkat tiriskan.
  3. Siapkan daun pisang kemudian isi dengan nasi aron 3 sdm. Tambahkan bahan isian di tengah sebanyak 1 sdm. Bungkus daun pisang dan sematkan kedua ujungnya menggunakan lidi atau tusuk gigi.
  4. Kukus arem-arem kurang lebih selama 30 hingga 40 menit sampai matang. Angkat dan sajikan sebagai menu buka puasa.

3. Resep Aneka Kue : Kue Lumpur

Bahan-Bahan :
  • 500 gram kentang
  • 500 ml santan
  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 100 gram margarin cair
  • 2 butir telur
  • 1 kuning telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili
  • keju, kismis, atau kelapa muda (secukupnya) untuk topping
Langkah Membuat Kue Lumpur:
  1. Rebus kentang hingga empuk, buang kulitnya.
  2. Blender kentang bersama santan.
  3. Kocok telur dan gula hingga menyatu, tambahkan tepung terigu secara bergantian dengan campuran kentang dan santan.
  4. Tambahkan garam dan vanili. Masukkan margarin cair. Aduk hingga rata dan adonan mengental.
  5. Siapkan cetakan kue lumpur, panaskan di atas kompor. Olesi setiap lubang dengan margarin.
  6. Cetak adonan ke dalam cetakan kue lumpur, lalu tutup.
  7. Saat permukaan adonan matang, dibalik hingga permukaan lainnya agak kecokelatan.
  8. Tambahkan keju di atasnya, angkat perlahan dengan pisau kecil atau spatula.

# Versi Kue Kering

1. Resep Aneka Kue : Kue Nastar

Bahan-Bahan:
  • 700 gram tepung terigu
  • 4 kuning telur
  • 100 gram gula halus
  • 500 gram blueband
  • ½ ons wisman
  • 75 gram keju parut
  • 2 kuning telur campur 1 sendok teh madu (untuk olesan)
  • Selai nanas secukupnya (untuk isi)
Cara Membuat Kue Nastar:
  1. Campurkan blueband, wisman, kuning telur, dan gula halus. Resep ini merupakan pondasi untuk kue kering buatan Anda nantinya. Kocok kurang lebih 5 menit saja.
  2. Masukkan keju parut ke campuran yang tadi. Aduk kembali hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan adonan ke wadah yang Anda siapkan. Campurkan tepung terigu ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai tangan. Tambah terus terigunya sampai dirasa pas dan kalis.
  4. Cuil adonan yang sudah memadat itu. Kemudian beri isi dengan selai nanas. Jangan lupa oleskan campuran kuning telur dan madu di atasnya. Tumpangi olesan kuning telur itu dengan parutan keju.
  5. Setelah semua siap, panggang mereka ke dalam oven yang terlebih dahulu sudah Anda panaskan. Tunggu sampai dirasa matang. Kemudian sajikan di ruang tamu agar menarik perhatian tamu yang singgah ke rumah Anda.

2. Resep Aneka Kue : Kue Sus Fla

Bahan-Bahan:
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin
  • 240 ml air
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh baking powder
  • 3 butir telur
  • 50 gram parutan keju
  • 2 sendok makan tepung custard (untuk bahan Fla)
  • 1 butir telur (untuk bahan Fla)
  • 250 ml susu cair (untuk bahan Fla)
  • Skm secukupnya saja (untuk bahan Fla)
  • Gula secukupnya (untuk bahan Fla)
  • Air sucukupnya (untuk bahan Fla)
Cara Membuat Kue Sus:
  1. Untuk resep bikin kulit sus-nya, terlebih dahulu masak air, garam, dan margarin hingga mendidih. Agar adonan kue kering Lebaran ini tampak kalis dan unik, beri tepung sedikit demi sedikit sampai pas. Aduk terus sampai agak padat.
  2. Kemudian pindahkan adonan ke wadah lain agar mendingin. Masukkan telur dan kocok pakai mixer. Masukkan pula baking powder. Aduk kembali.
  3. Untuk bikin Fla, campurkan tepung, telur, susu cair, skm, gula, dan air. Masak kembali hingga adonan mengental. Kemudian dinginkan.
  4. Sebagai catatan, saat Anda memanggangnya, atur suhu di bawah 200cc. Tunggu sampai kira-kira 20 menit saja. Setelah itu turunkan suhu sampai 180cc. Tunggu selama 30 menit.
  5. Angkat kue sus bikinan Anda sendiri. Sajikan di stoples yang bersih, ya. Kemudian tata yang rapi biar enak dipandang.

3. Resep Aneka Kue : Kue Putri Salju

Bahan-Bahan:
  • ½ kilogram tepung terigu
  • ½ margarin
  • 35 gram keju
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sachet susu bubuk putih
  • ½ tepung gula dingin
Cara Membuat :
  1. Pertama-tama aduk margarin dengan kuning telur sampai merata. Pelan-pelan saja, tapi pasti.
  2. Setelah teraduk rata, campurkan susu bubuk putih. Kemudian aduk kembali.
  3. Masukkan resep kue kering selanjutnya dengan tepung terigu seraya diayak-ayak agar bahan lainnya mudah tercampur ke dalamnya. Pemberian tepung sedikit demi sedikit saja biar pas hasilnya.
  4. Setelah adonan kalis, maka Anda tinggal membentuknya. Suka-suka Anda mau dibentuk seperti apa. Apakah mau bulan sabit, bulan purnama, atau bulan separuh. Sesuai selera saja.
  5. Kue Putri Salju itu salah satu dari kumpulan penganan kering Lebaran yang punya resep khas. Ketika dimakan rasanya akan nyes di mulut. Agar semakin lengkap, oleskan margarin di atas adonan yang sudah Anda bentuk tadi.
  6. Panggang ke oven kurang lebih selama 25-30 menit. Atur suhu standar saja biar bisa mengembang secara maksimal.
  7. Begitu sudah matang, tinggal angkat. Sajikan di atas piring atau stoples kesukaan Anda.

Ya mungkin itu saja beberapa Resep Aneka Kue yang ada di Indonesia yang dapat kami berikan. Resep Aneka Kue diatas bisa anda coba dirumah untuk menemani kegiatan anda sehari-hari. Kue Kering dan Kue Basah diatas hanya beberapa saja, karena sebenarnya ada banyak macam Resep Aneka Kue Indonesia yang bisa anda coba. Terimakasih dan selamat mencoba ya.