Pada artikel kali ini kita akan membahas topik yang berbeda yakni tentang cara mengolah kacang mete yang gurih, tentunya paling cocok untuk anda hidangkan disaat hari raya tiba. Jika anda kesulitan untuk mengupas kacang mete, anda dapat menggunakan alat pengupas mete. Tahukah anda bagaimana cara menghasilkan kacang mete yang sangat gurih? Mari kita simak artikel berikut ini.

Pengertian Kacang Mete

Kacang mete siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Kacang mete adalah kacang yang dihasilkan dari biji jambu mente atau yang lebih terkenal dengan sebutan jambu mede. Biji yang dihasilkan biasanya dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan pelengkap berbagai macam penganan.

Namun tahukah anda, meski di Indonesia sendiri banyak dijumpai berbagai jenis kacang ternyata kacang ini bukan asli dari Indonesia. Kacang bisa masuk dan dibudidayakan di Indonesia karena dibawa para pedagang zaman dulu yang datang ke Indonesia. Dari situlah tumbuhan kacang mulai dibudidayakan di Indonesia.

Kacang mete memiliki cita rasa yang gurih ketika digoreng, sehingga kerap dijadikan cemilan pada hari lebaran. Apalagi jika bumbu yang anda gunakan untuk menggoreng memiliki racikan yang tepat, maka rasa kacang mete tersebut akan semakin mantap.

Mau tahu cara mengolah kacang mete yang lezat dan bakal membuat anda ketagihan? Simak artikel berikut ini sampai selesai.

Asal Usul Kacang Mete

cara mengolah jambu mete

Kacang mete sebenarnya bukanlah termasuk anggota kacang-kacangan. Namun kacang mete dihasilkan dari jambu monyet atau yang juga dikenal sebagai jambu mete. Meskipun berasal dari jambu, bukan berarti kacang mete juga termasuk dalam jenis golongan buah jambu. Justru,  kacang mete ini masih termasuk dalam golongan buah mangga.

Meskipun kacang mete camilan yang mudah ditemui di tanah air, bukan berarti jambu mete merupakan tanaman asli Indonesia. Jambu mete tumbuh dan berkembang pertama kali di Brazil. Kemudian tanaman ini dibawa oleh pelaut Portugis ke India pada tahun 1580-an, lalu tumbuh dan berkembang di negara Indonesia sampai sekarang.

Fakta Mengenai Jambu Mete

Banyak yang tidak mengetahui bahwa bagian yang berwarna merah atau kuning pada jambu mete merupakan buahnya. Padahal sebenarnya bagian itu bukanlah buah. Berikut fakta-fakta menarik lainnya mengenai jambu mete.

  • Bagian jambu mete yang berwarna putih, merah muda, merah, atau kuning dan bersifat lunak merupakan dasar bunga yang mengembang akibat terjadinya pembuahan.
  • Buah dari jambu mete merupakan bagian yang berwarna cokelat muda dan bertekstur keras, yakni adalah kacang mete.
  • Buah dari jambu mete dapat menghasilkan getah yang mengandung urushiol. Getah ini dihasilkan oleh cangkang ganda yang menyelimuti buah mete. Getah ini dapat menyebabkan penyakit iritasi jika terkena bagian kulit. Maka dari itu, anda sebaiknya selalu waspada ketika memegang jambu mete.
  • Jambu mete ternyata salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh lebih lamkarena dapat tumbuh hingga mencapai usia 30 tahun dengan tinggi antara 10 sampai dengan 12 meter.
  • Akar dari tanaman jambu mete memiliki keterkaitan yang tinggi terhadap genangan air.
  • Jambu mete memiliki akar tunggang sepanjang 9 meter.
  • Jambu mete adalah tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari untuk bisa tumbuh dan berkembang. Maka dari itu, jika Anda hendak menanam jambu mete, pastikan tidak ada tumbuhan lain atau apapun yang dapat menghalangi sinar matahari.

Khasiat Kacang Mete

cara mengolah kacang mete

Kacang mete yang gurih ini ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan anda. Berikut ini adalah beberapa khasiat dari kacang mete yang perlu anda ketahui.

1. Nutrisi untuk Rambut dan Kulit

Kacang mete mengandung mineral tembaga yang menghasilkan enzim tirosinase dan tirosin. Kedua enzim ini berfungsi untuk memberikan warna pada rambut, sehingga uban tidak akan pernah muncul pada usia dini.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kacang mete memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini dapat membantu melawan efek dari radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit.

3. Melancarkan Sistem Metabolisme

Kacang mete mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh yakni dapat mencerna sistem metabolisme. Mengonsumsi kacang mete secara rutin dapat melancarkan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan pada kacang mete dapat menghasilkan asam oleat yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tingkat trigserida. Selain asam oleat, kacang mete juga menghasilkan magnesium yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, sehingga risiko serangan jantung pun dapat dikurangi.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Magnesium yang terkandung pada kacang mete dapat membantu anda menjaga kesehatan tulang. Selain magnesium, tembaga yang dihasilkan pada kacang mete juga memberikan fleksibilitas pada tulang dan sendi, sehingga anda dapat bergerak dengan mudah dan bebas.

Macam -Macam Cara Mengolah Kacang Mete

cara mengolah kacang mete

Kacang mete memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Anda juga dapat merasakan lezatnya kacang mete goreng sesuai cita rasa masing-masing. Berikut cara mengolah kacang mete yang gurih dan lezat.

1. Cara Mengolah Kacang Mete Goreng Orisinal

Jika anda suka dengan rasa gurih kacang mete yang dipadukan dengan aroma bawang, maka jangan beranjak. Di bawah ini adalah resep mengolah kacang mete goreng yang sering dijadikan hidangan pada hari Lebaran.

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram kacang
  • Secukupnya air panas (jangan sampai mendidih)
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sendok makan garam
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya penyedap rasa

Cara Mengolah Kacang Mete Goreng Orisinil

  1. Siapkan wadah yang cukup besar. Masukkan kacang mete kemudian tuangkan air panas di atas kacang mete sambil aduk perlahan sampai air keruh.
  2. Buang air yang keruh tersebut lalu diamkan kacang mete terendam di dalam air panas tersebut selama 10 menit kemudian buang airnya.
  3. Cuci hingga bersih kacang mete dengan air beberapa kali untuk membuang getah dan rasa pahit yang masih tersisa. Setelah itu, tiriskan.
  4. Campurkan bumbu halus dengan air secukupnya. Lalu rendam kacang mete ke dalam larutan bumbu halus tersebut selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu tiriskan kacang mete.
  5. Goreng kacang mete dengan wajan yang berisikan minyak goreng panas dengan api sedang. Pastikan kacang mete terendam dalam minyak goreng. Goreng kacang mete hingga berwarna kecokelatan dan kering. Angkat dan tiriskan.

2. Cara Mengolah Kacang Mete Goreng Pedas Manis

Apabila anda sudah merasa bosan dengan rasa  kacang mete goreng orisinal yang biasa saja, maka resep berikut ini bisa jadi variasinya. Resep ini sangat cocok untuk para pencinta kuliner pedas. Pastikan kacang mete goreng anda akan memiliki cita rasa yang berbeda dan siap menggoyang lidah siapa saja yang memakannya.

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram kacang mete
  • 2 butir telur (ambil putih telurnya saja)
  • 6 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 7 buah cabai rawit
  • 1 ½ sendok teh garam

Cara Mengolah Kacang Mete Goreng Pedas Manis

  1. Cuci kacang mete hingga benar-benar bersih kemudian tiriskan hingga kering.
  2. Haluskan bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit. Campurkan dengan gula, garam, dan putih telur.
  3. Siapkan wadah besar, lalu campurkan bumbu tersebut dengan kacang mete secara merata. Diamkan selama satu malam. Pastikan kacang mete tidak saling bertumpuk ketika didiamkan.
  4. Goreng kacang mete yang sudah didiamkan selama satu malam dalam dengan minyak panas menggunakan api sedang. Pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng kacang mete sudah panas sehingga kacang mete akan mudah matang. Angkat dan tiriskan.

3. Cara Mengolah Kacang Mete Goreng dengan Bumbu Keju

Bayangkan rasa kacang mete goreng yang gurih, berpadu dengan lembutnya bubuk keju. Pasti semua anggota keluarga anda akan menyukainya, terutama bagi anak-anak. Mereka akan menikmati perpaduan bumbu yang begitu nikmat.

Bahan dan Bumbu

  • 1 mangkuk kacang mete mentah
  • 4 siung bawah putih. Haluskan
  • 2 sendok teh garam
  • 225 ml susu full cream
  • 1 sendok teh gula
  • Bumbu keju siap pakai
  • Air hangat secukupnya

Cara Mengolah Kacang Mete Goreng dengan Bumbu Keju

  1. Siapkan wadah yang cukup besar lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, gula garam, susu, dan air hangat. Aduk hingga bumbu tercampur secara merata.
  2. Masukkan kacang mete yang telah dicuci bersih ke dalam campuran bumbu tersebut. Pastikan air yang dipanaskan  dapat merendam seluruh permukaan kacang mete. Diamkan kacang mete tersebut selama kurang lebih satu jam agar bumbu dapat melarut dengan sempurna. Setelah satu jam, potong kecil-kecil kacang mete tersebut sebelum digoreng.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Apabila minyak goreng sudah panas, anda dapat memulai menggoreng kacang mete dengan api sedang.
  4. Jangan terlalu banyak memasukkan kacang mete ke dalam wajan penggorengan karena akan mempengaruhi tingkat kematangan kacang mete dan anda juga akan mengalami kesulitan ketika mengaduknya.
  5. Goreng kacang mete, kemudian diaduk sesekali hingga warna kacang mete berubah menjadi kuning keemasan. Lalu angkat dan tiriskan.
  6. Apabila kacang mete goreng sudah mulai mendingin, taburi permukaan kacang dengan bumbu keju secara merata lalu simpan di dalam wadah tertutup.

 

Sekarang anda telah mengetahui cara mengolah kacang mete baik yang orisinal, maupun yang telah ditambah dengan rasa kesukaan. Mudah bukan? Anda pun pasti dapat mencobanya di rumah. Peluang usaha cara mengolah kacang mete ini dapat anda lakukan dengan modal tidak begitu besar dan hasil yang cukup menguntungkan bagi anda yang mencobanya.

Demikianlah artikel tentang cara mengolah kacang mete yang gurih, pastikan bahwa kacang mete yang akan digunakan berkualitas agar dapat menghasilkan kacang mete goreng dengan cita rasa premium. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua!!!