Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai cara membuat lupis ketan gula merah  yang lezat dan sederhana untuk dihidangkan bersama keluarga anda dirumah. Makanan tradisional yang lembut dengan kuah gula merah yang manis ditambah taburan parutan kelapa yang menambah gurihnya jajanan tradisional ini. Jika anda kesulitan dalam mengolah lupis ketan, anda dapat menggunakan mesin rice cooker agar menghasilkan lupis yang anda inginkan.

Mari kita simak artikel berikut ini.

Asal Usul Lupis Ketan

Kue lupis ketan konon telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kue ini juga diklaim menjadi panganan tradisional beberapa daerah seperti Jakarta,Lumajang, dan pulau Jawa lainnya. Masyarakat Jawa kompak mengenalnya dengan sebutan lupis.

Hingga kini, lupis masih bertahan bersama dengan kue basah tradisional lainnya. Biasanya kue lupis dijajankan di pasar-pasar pada pagi hari bersama dengan klepon,cenil,gemblong,maupun lontong. Karena kandungan nilai gizi yang tinggi, kue lupis cocok untuk sarapan.

Pengertian Lupis Ketan

 lupis ketan

 

Lupis merupakan makanan tradisional khas Indonesia terutama di area pulau Jawa. Terdapat dua bentuk lupis yang umumnya sering kita jumpai dengan bentuk segitiga atau bulat memanjang seperti lontong. Kue lupis paling enak dimakan bersamaan dengan gula merah.

Lupis terbuat dari beras ketan yang dimasak lalu dibungkus dengan daun pisang. Adapun beras ketan ialah sebuah jenis beras yang utamanya berada di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Makanan tradisional ini sudah jarang untuk ditemukan. Lupis punya cita rasa yang khas banyak sekali penggemar kue yang satu ini dari mulai anak-anak hingga orang tua. Jananan ini memiliki tekstur kenyal dan lembut ketika dikunyah.

Meski bentuknya berbeda-beda, Tetapi rasanya tidak berbeda. Rasa kue lupis yang manis serta gurih akan membuat semua orang ingin mencicipinya. Kue ini bisa dijadikan kue tradisional yang nikmat untuk bersantai, biasanya kue ini juga disajikan di acara-acara tertentu misalnya acara arisan,acara hajatan,acara keluarga dan sebagainya

Inovasi Lupis Ketan

 lupis ketan keju

Bukan hanya bentuknya saja yang bisa berbeda, seiring perkembangan zaman dan untuk menarik perhatian masyarakat, kue lupis kini juga bisa disajikan bersama parutan keju sebagai pengganti parutan kelapa. Rasa nikmat kue ini pun semakin bisa diterima lidah kaum millineals nih.

Jangan hanya menikmati makanan kekinian dari luar negeri ya, kamu juga wajib mencoba kuliner khas nusantara satu ini.

Isi Kandungan Gizi Lupis Ketan

Lupis Ketan ialah makanan cemilan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Lupis ketan mengandung energi yang sangat besar bagi tubuh seperti kalori,protein,karbohidrat,lemak,kalsium,fosfor dan zat besi.
Selain itu di dalam lupis ketan juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,09 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Lupis Ketan, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Macam-Macam Cara Membuat Lupis Ketan

cara membuat lupis ketan

1. Cara Membuat Lupis Beras Ketan

Ingin tahu resep dan cara membuat lupis ketan? Berikut ulasannya :

Bahan Lupis Beras Ketan

  • 500 gram beras ketan
  • gula merah
  • 1 sdt tepung kanji
  • kelapa parut 1/2 butir
  • air kapur sirih 100 ml
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air untuk merendam ketan

Cara Membuat Lupis Beras Ketan

  1. Cuci beras ketan lalu rendam minimal satu hari setelah itu tiriskan.
  2. Campur beras ketan dengan menggunakan air kapur sirih dan garam.
  3. Aduk semua sampai merata dan bungkus dengan menggunakan daun pisang.
  4. Panaskan air sampai mendidih setelah itu lalu rebus kue lupis sampai masak kira kira kurang lebih selama satu jam.
  5. Buat saus lupis dengan cara mengiris gula merah dan tambahkan tepung kanji serta 100 ml air putih.
  6. Rebus bahan saus tersebut dengan api sedang sampai mendidih dan matikan api.
  7. Setelah semua siap anda dapat menghidangkannya sesuai selera anda. Biasanya dihidangkan dengan cara lupis dilumuri dengan saus gula merah dan kelapa.

2. Cara Membuat Lupis Ketan Gula Merah

Bahan Lupis Ketan Gula Merah

  • 1 kg beras ketan
  • secukupnya Daun pisang
  • Tali untuk mengikat
  • Perisai pandan
  • Gula merah
  • 1 butir kelapa parut

Cara Membuat Lupis Ketan Gula Merah

  1. Cuci bersih beras ketan kemudian rendam kurang lebih selama 1 jam, kemudian cuci kembali lalu tiriskan, parut kelapa campurkan sedikit garam kemudian kukus sebentar
  2. Cuci bersih daun pisang, kemudian kukus sebentar biar tidak keras atau agar tidak mudah sobek, sobek membentuk selembaran
  3. Campur, beras ketan, dan kelapa parut, beri perisai pandan, aduk sampai rata, kemudian bungkus, satu per satu hingga adonan habis, setelah selesai.
  4. rebus kurang lebih selama 1 jam, jika air rebus an, berkurang, tambah lagi,kalau sudah matang tutup dan biarkan sampai dingin kemudian tiriskan
  5. Untuk saus rebus gula merah, dengan tekstur yang kental agar kelihatan cantik seperti madu,kelapa parut yang sudah di kukus,
  6. Cara menghidangkan yaitu dengan cara buka daun pisang taruh di piring taburi kelapa parut yang sudah di kukus dan kasih sedikit garam, kemudian gula merah, lupis ketan gula merah siap di hidang kan sesuai selera anda

3. Cara Membuat Lupis Ketan Ubi Kuah Durian

Bahan Lupis Ketan Ubi Kuah Durian

  • 1/4 kg beras ketan
  • Ubi Ungu 1/5 kg
  • 1 buah durian
  • 2 Liter Santan
  • 10 sdm gula
  • 3 sdm gula merah
  • 2 daun pandan
  • 1 roll daun pisang
  • Tusuk lidi

Cara Membuat Lupis Ketan Ubi Kuah Durian

  1. Rendam beras ketan dengan air selama kurang lebih 30 menit. Kemudian kukus ubi ungu hingga matang. Lalu hancurkan dan tambahkan 3 sdm gula pasir
  2. Kemudian tiriskan beras ketan dan potonglah daun pisang dengan lebar sekitar 6 cm. Lalu buatlah membentuk corong, masukkan beras ketan dan lip
  3. at hingga membentuk segitiga. Setelah itu tusuk dengan menggunakan lidi
  4. Lakukan hal yang sama pada ubi ungu
  5. Kemudian rebus ketan dengan air hingga matang. Kemudian tiriskan
  6. Setelah itu membuat kuah. Pisahkanlah durian dari biji atau boleh juga langsung memasukkan bersama biji.
  7. Kemudian panaskan juga santan, masukkan pandan, gula pasir dan gula merah aduk hingga semua mendidih
  8. Tunggu hingga dingin. Lalu masukkan ke dalam kulkas
  9. Enaknya dinikmati saat dalam keadaan dingin. Buka kulit lupis kemudian tuangkan kuah durian diatasnya.

4. Cara Membuat Lupis Ketan

Bahan Membuat Lupis Ketan

  • 500 gr beras ketan, cuci bersih, rendam 30 menit-1 jam
  • Secukupnya lidi/tusuk gigi/ benang elastis
  • Bahan taburan:
  • 1/2 butir kelapa parut kasar
  • Daun pisang untuk membungkus Secukupnya
  • Garam 1/4 sdt
  • 1 lembar daun pandan

Bahan Kuah Gula Merah

  • 300 gr gula merah, sisir halus
  • 1 lembar daun pandan
  • 125 ml-150 ml air atau secukupnya (saya 125 ml)
  • Sejumput garam
  • 1 sdm maizena+sedikit air, supaya kental

Cara Membuat Lupis Ketan

  1. Ambillah selembar daun pisang, buat membentuk contong, isikan beras ketan sesuai dengan selera anda (saya sampai penuh, padatkan)
  2. Setelah itu lipat contong membentuk segitiga, padatkan, semat dengan menggunakan tusuk gigi/lidi agar rapat dan tidak ada celah yang terbuka. Lakukan hal yang sama hingga beras ketan habis.
  3. Panaskan air (sekiranya dirasa cukup untuk merebus semua lupis hingga terendam) hingga mendidih
  4. Masukkan lupis dan 2 lembar daun pandan (tambahan dari saya). Rebus selama kurang lebih 1, 5 jam (saya 2 jam). Jika air mulai menyusut, tambahkan lagi air panas supaya lupis tetap terendam air.
  5. Setelah kurang lebih selama 2 jam, matikan api. Angkat lupis, tiriskan hingga dingin.
  6. Rebuslah gula merah, air, garam, dan daun pandan hingga gula mencair keseluruhan. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga rata, biarkan hingga beberapa saat mendidih. Angkat, lalu dinginkan, saring.
  7. Kukus kelapa parut, garam, daun pandan sekitar 15 menit (saya 10 menit). Jika sudah matang angkat, dinginkan
  8. Cara menyajikan lupis ketan yaitu dengan cara buka bungkus kue lupis, taburi atau gulingkan ke kelapa parut yang telah dikukus. Siram menggunakan sirup gula merah.

Cara Membuat Kuah Gula Merah

  1. Rebus gula merah,gula pasir,daun pandan dan air hingga larut dan mendidih dengan api sedang.
  2. Lalu tuang larutkan tepung meizina aduk rata hingga sedikit mengental.
  3. Kemudian angkat dan dinginkan, setelah dingin nanti akan mengental dengan sendirinya.

Penyelesaian : Buka lupis dari daun pisang lalu gulingkan di kelapa parut dan kucuri dengan kuah gula merah. Kue lupis ketan juga bisa dikreasikan dengan parutan keju atau mesis.

Manfaat Lupis Ketan Bagi Kesehatan

Kue lupis mengandung manfaat yang berasal dari beras ketan. Manfaat beras ketan dipercaya dapat menambah energi dalam jumlah yang cukup besar. Beras ketan dapat dapat diolah menggunakan berbagai cara, misalnya dengan cara direbus ataupun dikukus.

Mengkonsumsi beras ketan pada dasar nya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan asupan mineral dan vitamin di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam beras ketan. Berikut manfaat beras ketan bagi kesehatan.

1. Bantu Menurunkan Berat Badan

Beras ketan tidak mengandung gluten yang cocok bagi orang yang sedang diet gluten. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian tertentu, seperti gandum. Manfaat diet gluten dapat membantu penurunan berat badan, dan peningkatan energi. Beras ketan juga rendah lemak yang membantu penurunan berat badan.

Diet gluten ini juga diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kondisi seperti penyakit celiac atau sensitivitas gluten. Orang-orang ini harus menghindari gluten untuk mencegah efek kesehatan yang merugikan.

Penelitian baru, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, menemukan bahwa diet rendah gluten juga dapat bermanfaat bagi kesehatan orang yang tidak alergi terhadapnya.

2. Dukung Kesehatan Jantung

Beras ketan mengandung jumlah lemak yang rendah. Satu setengah cangkir beras ketan menyediakan kurang dari 2 gram protein dan kurang dari seperempat gram lemak. Lemak berlebih dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan kolesterol.

Tanpa lemak atau kolesterol, jenis beras ini adalah pilihan bagus bagi mereka yang memiliki kondisi jantung, tekanan darah tinggi, atau mereka yang berjuang melawan obesitas.

3. Kuatkan Tulang

Beras ketan juga kaya nutrisi sehat. Dalam satu porsi beras ketan mengandung 2 miligram kalsium, 4 miligram magnesium, 0,2 miligram besi, 7 miligram fosfor dan 9 miligram kalium. Nutrisi ini baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang.

Konsumsi beras ketan dapat membantu membangun tulang kuat dan mencegah osteoporosis. Kekurangan kalsium dikaitkan dengan kerapuhan gigi, katarak, perubahan di otak, dan osteoporosis yang menyebabkan tulang menjadi rapuh.

4. Tingkatkan Kekebalan

Antioksidan yang ada pada ketan mampu melindungi tubuh dari bahaya penyakit. Vitamin, tembaga, seng, dan B pada beras ketan dikenal dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Efek ini dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Beras ketan juga membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan sehat.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga membantu tubuh menangkal berbagai penyakit kronis. Selenium dan berbagai vitamin dan mineral lainnya dalam ketan mengandung sifat antioksidan dalam tubuh, yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

5. Menghaluskan Kulit

Beras ketan juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan dalam beras ketan mampu mempercepat produksi kolagen yang berperan dalam elastisitas kulit. Beras ketan juga mengandung vitamin C, B6, B2 B1 dan E, semuanya mendukung kesehatan kulit.

Selain dikonsumsi, beras ketan bisa dijadikan bahan perawatan kulit seperti masker atau lulur. Beras ketan bahkan telah lama dijadikan bahan perawatan kulit transional masyarakat Asia.

6.  Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh

Beras ketan bisa juga menyediakan mangan yang bermanfaat bagi kesehatan karena zat ini berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat. Metabolisme yang sehat akan membantu proses karbohidrat, protein dan kolesterol dalam tubuh.

7. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat didalam beras ketan sangat baik untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh kita. Dalam secangkir sajian beras ketan yang dimasak mampu menghasilkan sekitar 1,7 gr serat atau sekitar 7% dari asupan harian yang direkomendasikan bagi seorang wanita yaitu sekitar 25 gr.

8. Mampu Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B-6 didalam beras ketan mampu mencegah penyakit anemia dengan cara membantu memproduksi sel-sel darah merah pada sistem peredaran darah ditubuh kita. Dalam secangkir beras ketan itu menyajikan sekitar 4% vitamin B6 dari rekomendasi asupan harian bagi tubuh kita.

9. Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Vitamin B6 yang terkandung didalam beras ketan mampu menghasilkan neurotransmitter serotonin yang dapat membantu mengatur nafsu makan dan juga suasana hati. Ketika dosis besar, vitamin B-6 dapat meredakan gejala pramenstruasi sindrom dan morning sickness.

 

Peluang bisnis lupis ketan ini bisa anda jalankan, untuk kembali mempopulerkan kue tradisional ini. Kue ini masih begitu banyak disukai sehingga tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk membuatnya. Anda bisa membuat kue lupis dengan mengkreasikannya yang baru dengan warna-warni supaya lebih menarik.

Demikianlah artikel tentang cara membuat lupis ketan yang lezat dengan cara yang sederhana serta paling cocok untuk anda hidangkan disaat bersantai bersama keluarga anda dirumah. Selamat mencoba semoga bermanfaat!!!