Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat tepung beras dengan mudah. Namun, sebelum kita membahas cara membuat tepung beras, tahukah kamu apa itu tepung beras ? simak disini.

Apa Itu Tepung Beras ?

Apa itu tepung beras

Selain tepung terigu, tepung beras merupakan salah satu pilihan yang baik sebagai pengganti dari tepung terigu. Hal ini disebabkan, tepung terigu dapat menyebabkan iritasi pencernaan bagi orang-orang yang mengalami intoleransi terhadap gluten.

Selain itu, gluten sendiri adalah kumpulan protein yang terdapat di dalam terigu. Bahkan, kandungan nutrisi yang terkandung didalam tepung beras dianggap lebih baik daripada tepung terigu dan tidak memiliki kadar gluten.

100 gram tepung beras mengandung 80 gram karbohidrat, 5,9 gram protein, 2,4 gram serat, 366 kalori dan 1,42 gram lemak. Selain itu, tepung beras juga mengandung berbagai mineral.

100 gram tepung beras terdapat 10 mg kalsium, 98 mg fosfor, 35 mg magnesium serta 76 mg kalium. Tepung beras kerap digunakan dalam berbagai olahan makanan seperti bubur beras untuk bayi, kue, dan kudapan lainnya. Berikut cara membuat tepung beras dengan mudah.

Cara Membuat Tepung Beras dengan Mudah

Peralatan dan Bahan yang Diperlukan :

  • Beras merah.
  • 3 buah mangkok.
  • Cobek dan ulekan.
  • Saringan kawat.
  • Saringan plastik.
  • Sendok.
  • Plastic scrapper.
  • Wajan besi.
  • Spatula besi.
  • Wadah kedap udara.

Cara Membuat Tepung Beras

  1. Langkah pertama, rendam beras merah di dalam mangkok selama 24 jam pada suhu ruang.
  2. Kemudian, cuci bersih beras dari air rendaman lalu tiriskan hingga kering bisa juga diangin-anginkan di atas saringan kawat lalu dijemur sebentar atau dikeringkan dengan hair dryer.
  3. Bila tidak anda tidak memiliki dry mill, anda bisa memakai cara seperti lumpang dan alu. Setelah itu, diuleg berasnya sampai jadi serbuk dan ambil satu sendok beras yang sudah direndam lalu ditumbuk sampai halus seperti serbuk tepung.
  4. Selanjutnya, beras yang sudah menjadi serbuk disendok ke mangkok kering dan bersih, dan lanjutkan menumbuk 1 sendok beras lagi. Ulangi hingga beras yang utuh habis seluruhnya selesai ditumbuk.
  5. Setelah beras sudah jadi serbuk, kemudian diayak dengan saringan plastik dan ditadahi mangkok baru yang bersih. Selain itu, beras yang tidak tersaring oleh ayakan bisa disisihkan ke mangkok lain untuk ditumbuk lagi lalu disaring kembali.
  6. Kemudin, sangrai tepung beras di atas wajan besi dengan spatula besi dan sangrai hingga kering tapi jangan sampai merubah warna tepung beras.
  7. Lalu, setelah disangrai biarkan tepung beras dingin sebelum dimasukkan ke wadah kedap udara.

Manfaat Tepung Beras Untuk Kesehatan

Cara membuat tepung beras

  • Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan dalam tepung beras memiliki kandungan kalsium di dalamnya yang tentu saja kandungan kalsium ini sangat baik dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, dengan mengonsumsi tepung beras dapat dijadikan salah satu cara untuk melengkapi kebutuhan kalsium harian apabila tidak suka atau alergi dengan protein susu. Artinya, dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium untuk tulang, tulang dapat terhindar dari osteoporosis.

  • Membantu Menguatkan Gigi

Manfaat tepung beras tidak hanya membantu menjaga tulang dan membantu menjaga tulang agar tidak terkena osteoporosis, kandungan kalsium juga sangat dibutuhkan oleh gigi.

Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium seperti tepung beras, maka mampu membantu menguatkan gigi dan menjaga kepadatan gigi sehingga gigi tidak mudah berlubang.

  • Membantu Mencegah Anemia

Perlu diketahui bahwa tidak hanya bayam yang memiliki kandungan zat besi, tepung beras juga memiliki kandungan manfaat zat besi di dalamnya. Selain itu, banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi didalamnya dapat membantu sel darah untuk mengikat oksigen.

Artinya, dengan sirkulasi oksigen yang ada didalam darah berjalan dengan lancar, maka tubuh akan terhindar dari penyakit anemia yang sering dialami karena kekurangan zat besi.

  • Membantu Meningkatkan Metabolisme

Apabila energi tubuh dapat tercukupi, maka bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, kandungan karbohidrat yang ada didalam tepung beras dapat dijadikan sebagai sumber energi tubuh.

Selain dapat dijadikan sebagai sumber energi tubuh, dengan mengonsumsi tepung beras maka dapat membantu membakar kalori pada lemak dalam tubuh dan kalori akan terbakar ketika tubuh sedang menjalani berbagai aktivitasnya.

  • Membantu Mencegah Terjadinya Panas Dalam

Perlu kita ketahui bahwa panas dalam tidak hanya dapat diatasi dengan jeruk dan alang-alang saja. Namun, juga dapat diatasi dengan memanfaatkan tepung beras sebagai salah satu solusinya.

Selain itu, tepung beras memiliki kandungan vitamin C dan kandungan yang ada didalam tepung beras dapat membantu meredakan dan mencegah panas dalam menyerang tubuh.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi tepung beras sesuai dengan kadarnya, maka dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, apabila jumlah kalori pada saat mengonsumsi tepung beras tidak terlalu banyak, kandungan kalori tersebut juga dapat dibakar.

Hal ini terjadi karena aktivitas metabolisme yang dialami oleh tubuh disebabkan oleh kandungan karbohidrat yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat membantu menjaga berat badan.

  • Membantu Melancarkan Pencernaan

Apabila dibandingkan dengan beras, tepung beras memiliki tekstur yang lebih lembut. Dengan mengkonsumsi tepung beras, maka sangat baik dikonsumsi bagi beberapa orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan.

Apalagi bagi penderita gangguan pencernaan yang mengharuskan mengkonsumsi makanan yang lembut agar dapat dengan mudah diserap oleh usus.

Dengan manfaat serat yang terdapat di dalam tepung beras juga dapat mengurangi rasa sakit ketika sedang terjadi masalah pencernaan.

  • Membantu Mengatasi Diare

Tepung beras meskipun memiliki tekstur yang lembek akan tetapi tepung beras memang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, tepung beras memiliki manfaat sebagai salah satu solusi mengatasi diare.

  • Membantu Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

Perlu kita ketahui bahwa tepung beras memiliki kandungan protein di dalamnya. Kandungan protein yang ada di tepung beras memiliki fungsi dimana protein itu sendiri dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Manfaat Tepung Beras Untuk Kecantikan

  • Membantu Mengurangi Jerawat

Manfaat tepung beras dikenal sangat efektif untuk membantu mengurangi jerawat karena sifat antiseptik yang dapat melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, bahan alami yang terkandung didalam tepung beras juga mengandung allantoin yang memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik. Bahkan, khasiat lain dari Allantoin yaitu dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

Cara menggunakannya sangat mudah buatlah masker wajah dari 2 sdm tepung beras, 2 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm madu. Setelah itu, aduk campuran bahan-bahan tersebut hingga membentuk adonan pasta yang halus.

Kemudian kamu bisa memijat secara lembut masker wajah ke kulit wajah kamu dan biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air dingin.

  • Membantu Mencerahkan Kulit

Tepung beras yang kaya akan mineral ini merupakan salah satu solusi tradisional untuk mencerahkan kulit. Kandungan asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk membantu mencerahkan kulit.

Kandungan ini juga membantu mencerahkan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Selain itu, kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Bahkan tepung beras juga memiliki konsentrasi PABA yang tinggi atau Para Aminobenzoic Acid yang berkhasiat sebagai tabir surya yang sangat baik bagi kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah siapkan mangkuk dan campurlah 2 sdm tepung beras, 4 sdm air jeruk nipis dan 1 sdt kunyit. Setelah itu, aduk hingga terbentuk adonan pasta yang halus.

Namun, sebelum kamu mengaplikasikan masker, kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu lalu uapi wajah kamu agar hasilnya lebih efektif dan aplikasikan masker ke wajah, lalu biarkan sekitar 15 menit. Setelah itu, bilaslah wajah dengan air hangat.

  • Membantu Melawan Penuaan

Tepung beras memiliki kandungan ferulic acid yaitu zat anti oksidan yang membantu mengencangkan kulit yang kendur dan menyamarkan garis-garis halus di wajah serta membuat kulit terasa lembap.

Selain itu, tepung beras juga kaya akan vitamin B yang dapat membantu meregenerasi sel-sel wajah serta melawan proses penuaan kulit.

Dengan menggunakan masker tepung beras secara teratur juga dapat mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit yang membuat kamu selalu terlihat segar dan awet muda.

Cara menggunakannya cukup mudah masker anti penuaan ini terdiri atas campuran 2 sdm tepung beras, 1 putih telur dan 1 sdm madu. Kemudian, oleskan masker ke wajah kamu yang telah dibersihkan sebelumnya lalu diamkan sampai benar-benar kering.

Setelah itu, lepaskan masker secara perlahan ke arah atas menggunakan ujung jari, kemudian bilas dengan air dingin.

  • Membantu Menyamarkan Kantung Mata yang Gelap

Apabila kamu merasa terganggu dengan bagian mata yang terlihat gelap, maka tepung beras adalah salah satu cara terbaik dan alami untuk menyamarkan mata yang gelap atau yang biasa disebut dengan mata panda.

Asam amino dan vitamin yang terdapat dalam tepung beras merupakan bahan alami yang dapat membantu menyamarkan kantung mata yang gelap serta memberi efek mendinginkan pada mata yang lelah secara efektif.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama kamu haluskan setengah buah pisang lalu campurkan dengan 2 sdm minyak jarak dan 3 sdm tepung beras.

Kemudian aplikasikan kearea kantung mata kamu dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan sisa masker menggunakan kapas yang telah dibasahi.

  • Membantu Menghilangkan Flek Hitam

Pastinya memiliki flek dan noda hitam diwajah tentunya sangat mengganggu penampilan. Biasanya menutupinya dengan concealer, BB Cream, tambahan foundation, atau CC cream memang efektif tapi tidak menghilangkannya.

Perlu diketahui selain karena faktor usia flek hitam bisa muncul karena stress dan efek dari sinar matahari. Dengan menggunakan masker beras secara rutin bisa membantu memperbaiki semua masalah kulit termasuk menghilangkan flek hitam, noda dan jerawat.

Memakai kombinasi masker beras dengan bahan alami lain seperti kunyit atau minyak zaitun juga sangat baik. Selain itu, kunyit sendiri dikenal mampu menyembuhkan jerawat sedangkan minyak zaitun bisa menghilangkan flek hitam.

Menggunakan perawatan rutin dengan bahan alami memang jauh lebih aman dan sehat daripada dengan campuran senyawa kimia tertentu.

  • Membantu Menghaluskan Kulit

Untuk membantu menjaga kecantikan kulit harus melakukan perawatan rutin agar sel-sel kulit mati bisa terangkat dan bisa tergantikan dengan yang baru.

Menggunakan perawatan kulit dengan bahan dasar alami dan homemade jauh lebih bagus dibandingkan dengan tambahan senyawa kimia tertentu. Karena selain lebih sehat, perawatan jenis ini juga menghemat anggaran.

Selain itu, air beras dipercaya cocok untuk perawatan semua jenis kulit dan ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit. Kamu juga bisa melakukan perawatan yang sama dengan membuat masker beras atau pun air beras sendiri di rumah.

Bahkan setiap kali mencuci beras kamu bisa menyisihkan air cucian beras dan segenggam beras. Bahkan selain alami dan sehat, perawatan ini sangat menghemat anggaran. Kamu bisa lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Membantu Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kandungan ferulic acid dan allantoin yang terkandung didalam tepung beras merupakan tabir surya alami. Bahkan, zat tersebut mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet.

Menggunakan perawatan alami dengan beras secara rutin bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah menjadi lebih cerah, bersih dan bercahaya. Memakai kombinasi masker beras dan susu murni sangat cocok untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Cara pembuatannya juga sangat sederhana dan mudah yaitu dengan mencampurkan tepung beras dengan susu murni hingga menjadi krim. Kemudian aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 15 menit.

Selain itu, usahakan menghindari bagian mata dan mulut terkena masker, setelah mengering basuhlah dengan air dingin. Tak hanya itu, untuk mengeksfoliasi, mencerahkan, memutihkan dan membersihkan kulit, campuran masker beras dengan madu juga sangat efektif.

Selain itu, madu sendiri dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit termasuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cara membuat masker beras dan madu sama dengan pembuatan masker pada umumnya, hanya saja bahan tambahan yang dipakai adalah madu.

Peluang Usaha Tepung Beras

cara membuat tepung beras

Banyak pengusaha penjualan tepung beras yang menyadari bahwa aktivitas penjualan tepung beras harus melewati pemasaran dan promosi. Selain itu juga mereka harus menyadari bahwa harus melewati berbagai cara untuk mencapai kesuksesan.

Selain itu, pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis dan strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut.

Pertama, yaitu faktor mikro sebagai salah satu strategi pemasaran yaitu perantara pemasaran, pesaing, pemasok dan masyarakat.
Kedua, yaitu faktor makro yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Selain itu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual):
1. Tempat yang strategis (place).
2. Produk yang bermutu (product).
3. Harga yang kompetitif (price).
4. Promosi yang gencar (promotion).

Bahkan dari sudut pandang konsumen:
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants).
2. Biaya konsumen (cost to the customer).
3. Kenyamanan (convenience).
4. Komunikasi (comunication).

Pada saat ini ada satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan oleh banyak orang yaitu berpromosi secara online melalui website. Kita bisa menganggap bahwa website adalah markas besar untuk bisnis penjualan tepung beras anda.

Selain itu, dengan adanya suatu website, anda akan mempromosikan website sekaligus mempromosikan usaha penjualan tepung beras. Website tersebut biasanya akan berisi produk, harga, alamat, layanan, testimoni, dan lain sebagainya.

Kenapa demikian ?. Dikarenakan seharusnya website bisa mendukung bisnis penjualan tepung beras jika diintegrasikan antara promosi offline dan online.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang cara membuat tepung beras dengan mudah beserta manfaat dan peluang usaha yang dihasilkan dari tepung beras ini.

Artikel yang tak kalah menarik cara bikin roti dengan mudah tentu akan sangat berguna untuk anda yang ingin mengetahui cara membuat roti yang berbahan tepung ini. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.