Kali ini saya akan membahas mengenai resep roti panggang oven dengan cara di panggang atau di oven. Tapi taukah anda roti adalah salah satu makanan tertua di dunia. Pertama kali roti ditemukan yaitu di Mesir dan Mesopotamia.

Berbicara mengenai roti ada banyak macam roti di Indonesia. Macam-macam roti itu misalnya roti manis, roti tawar, roti kering, roti basah dan lain sebagainya. Di Indonesia roti banyak disukai, tak disangka pengonsumsi roti di Indonesia lumayan tinggi.

Meskipun roti panggang dan roti oven itu sama, tapi ada perbedaan mendasar antara roti panggang dan roti bakar yaitu media yang digunakan untuk memanaskan roti.

Roti panggang menggunakan alat yang tidak memakai api secara langsung untuk memanaskan, secara singkat mengandalkan proses radiasi termal atau menggunakan lapisan, sementara roti bakar bisa menggunakan api secara langsung dalam proses pembuatannya.

Sejarah roti yang panjang yang konon berawal dari Mesir dan Mesopotamia. Saat mereka menemukan cara lain untuk menikmati gandum.

Gandum yang awalnya dikonsumsi langsung ternyata dapat dilumat bersama air sehingga membentuk pasta. Pasta itu kemudian dimasak diatas api kemudian mengeras dan dapat disimpan beberapa hari.

Makanan gandum telah dikenal sebagai makanan yang sehat yang sangat dianjurkan, terutama sebagai bahan makanan pokok untuk dikonsumsi setiap hari. Gandum memang terbilang jenis karbohidrat yang berguna sebagai makanan utama layaknya nasi putih kita konsumsi.

Meski di Indonesia, kebiasaan untuk makan nasi putih sebagai makanan pokok sudah mendarah daging, tapi sebenarnya gandum juga merupakan alternatif makanan pokok yang baik.

Dan tahukah anda ternyata ada banyak manfaat yang terdapat di dalam gandum, yang berguna bagi kesehatan kita. Saya akan mengulas sedikit mengenai manfaat dalam gandum.

Manfaat Gandum bagi Kesehatan

resep roti panggang oven

1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Gandum mengandung magnesium, yang merupakan mineral yang bertindak sebagai co-faktor untuk lebih dari 300 enzim. Enzim ini terlibat dalam penggunaan fungsional tubuh insulin dan sekresi glukosa.

Makanan yang terdapat kandungan gandum minimal 51% dan rendah lemak jenuh dan kolesterol, berarti bisa menurunkan resiko penyakit koroner dan beberapa jenis kanker.

Selain itu, dengan mengkonsumsi secara teratur gandum dapat mempromosikan kontrol gula darah yang sehat. Orang yang mempunyai penyakit diabetes dapat menjaga kadar gula dengan mengganti nasi dengan gandum.

2. Mengurangi Peradangan Kronis

Selain mencegah diabetes, gandum juga dapat membantu dalam pencegahan peradangan kronis, yang juga ditemukan dalam manfaat bayam.

3. Mencegah Batu Empedu

Dalam berbagai survei oleh American Journal of Gastroenterology, telah terbukti bahwa roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh membantu perempuan untuk menghindari batu empedu.

Gandum yang mempunyai gizi kaya akan serat larut, dapat menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebihan adalah penyebab utama dari pembentukan batu empedu.

Selain itu, gandum juga bisa ditambahkan dengan serat larut dari manfaat buah-buahan dan sayuran tertentu seperti manfaat ketimun, tomat apel, pir. dan kacang-kacangan.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Biji-bijian seperti gandum sangat efektif digunakan pada pasien yang memiliki gangguan metabolisme.

Jenis-jenis sindrom dalam metabolik tubuh yaitu termasuk obesitas visceral, trigliserida tinggi, rendahnya tingkat kolesterol HDL dan tekanan darah tinggi dapat dilindungi dengan mengkonsumsi gandum dengan jumlah yang cukup.

Diet gandum mungkin adalah cara yang paling efektif, cepat, dan menyenangkan untuk mengurangi sindrom dalam metabolik tubuh. Dokter juga merekomendasikan untuk makan roti gandum dan makanan kaya serat lainnya.

6. Melawan Kanker Payudara

Dalam penelitian di Inggris menemukan bahwa diet yang kaya serat, sangat penting bagi wanita untuk menjaga kanker payudara. Bahan makanan yang berasal dari biji-bijian seperti gandum dan buah-buahan memberikan perlindungan yang signifikan bagi perempuan pra-menopause terhadap kanker payudara.

Studi mengatakan bahwa sekitar 30 gram gandum yang dikonsumsi sehari-hari, cukup bagi perempuan untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Laporan mengatakan bahwa wanita pra-menopause yang mengkonsumsi gandum memiliki 41% penurunan risiko kanker payudara dibandingkan dengan yang memakan serat dalam bentuk lain.

7. Kontrol Obesitas (terutama pada wanita)

Gandum memiliki kemampuan alami untuk mengendalikan berat badan dalam setiap orang, tapi kemampuan ini lebih menonjol bagi wanita.

Para peneliti nutrisi di Amerika sudah menunjukkan penelitian bahwa gandum adalah pilihan yang baik untuk pasien obesitas. Terbukti wanita yang mengkonsumsi produk gandum dalam waktu lama, menunjukkan penurunan berat badan jauh lebih baik dari pada makanan lain yang mereka konsumsi.

8. Menu Diet Paling Ampuh

Seperti yang telah dijelaskan seperti diatas, gandum juga dapat digunakan sebagai menu diet paling ampuh, bagi anda yang ingin menjaga asupan penuh gizi tanpa menambah berat badan.

9. Kesehatan Jantung

Salah satu sumber makanan sehat untuk jantung adalah gandum, banyak seral yang dibuat dari gandum untuk menjaga nutrisi dan kesehatan jantung.

5. Mencegah Asma Pada Anak

Itulah beberapa contoh manfaat dari gandum yang sehat bagi tubuh kita. Akan tetapi disamping ada manfaat kesehatan ternyata gandum juga berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Bahaya Mengkonsumsi Gandum Yang Berlebihan

1. Penyakit celiac

Protein gluten merupakan protein utama yang terkandung dalam gandum dan beberapa biji-bijian lainnya. Namun bagi penderita penyakit celiac, gluten bisa membahayakan kesehatan.

Ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, sistem kekebalan tubuh mereka akan merespons dengan merusak usus kecil.

2. Memicu kenaikan gula darah

Makanan yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum olahan (refined grain) dapat memicu kenaikan gula darah dengan cepat. Kenaikan ini diikuti dengan penurunan yang juga tajam. Akibatnya kita akan merasa lapar dan ingin makan lagi.

3. Mencuri nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Gandum memiliki kandungan asam fitat yang dapat mengikat dan mencegah mineral, seperti kalsium, zinc, zat besi, dan magnesium, terserap oleh tubuh. Kandungan asam fitat pada gandum utuh jauh lebih banyak daripada gandum olahan.

4. Gandum justru bikin gemuk

Gandum mengandung bahan kimia yang disebut amilopektin A, yang dapat dikonversi ke gula darah lebih cepat dari gula biasa.

Makan dua potong roti, dan seberapa banyak kandungan gandum, itu dapat menyebabkan lonjakan gula darah lebih besar dari makan permen.

Ketika gula dalam darah naik dengan cepat, kemudian turun dengan cepat juga, membuat kamu merasa lapar sehingga bakal merasakan “ngidam” dan makan lebih banyak.

Ternyata, makanan yang meningkatkan gula darah membuat kamu merasa lapar. Maka dari itu, menghilangkan roti dalam pilihan menu makanan akan membuat nafsu makan jadi berkurang.

Kali ini saya akan menambahkan tentang bagaimana membuat roti gandum sendiri. Jika kalian tidak mau membuat roti panggang dengan membeli bahan roti. Kalian bisa membuat roti gandum untuk persedian.

membuat roti gandum sendiri akan lebih praktis jika kalian ingin membuat variasi roti gandum anda tidak usah membeli keluar, karena sudah ada persediaan sendiri.

Resep Membuat Roti Gandum Rumahan

Bahan-bahan:

  • 3 1/2 cup (380 gr) tepung gandum
  • 1/3 cup (80 ml) susu cair
  • 4 sdm madu – bisa ditambah/kurang sesuaikan manisnya
  • 1 cup (240 ml) air hangat
  • 1 1/4 sdt garam
  • 1/4 cup (4 sdm) minyak sayur
  • 1 bungkus ragi

Cara membuat: 

  1. Campurkan air hangat, ragi, madu, minyak dan susu. Aduk sampai rata, sisihkan hingga ragi tercampur dan mengembang seperti tampak pada gambar.
  2. Masukkan ke dalam mangkok mixer (jika menggunakan) campur semua bahan kering aduk dulu hingga rata.
  3. Masukkan bahan cair, nyalakan mixer. Kurang lebih selama 10 menit hingga adonan kalis.
  4. Jika menggunakan tangan, campur rata dan uleni hingga kalis. Untuk mengetahui kalis/tidaknya jika dilakukan window pane test sudah transparant (ambil secuil adonan, jembreng hingga melebar dan jika sudah tampak transparan sudah kalis atau jika sobek dan bentuk sobekannya rapih berarti sudah done)
  5. Siapkan wadah besar yang telah dioles minyak, bentuk adonan menjadi bulat dan olesi dengan minyak permukaannya sebelum di tutup plastic wrap/kain bersih. Tunggu Selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  6. Setelah mengembang, kempeskan adonan dengan tangan. Letakkan di permukaan yang telah ditaburi tepung bentuk memanjang sesuai dengan loyang yang kita gunakan.
  7. Olesi permukaan adonan dengan minyak, tutup dengan plastic wrap yang longgar saja dan diamkan hingga mengembang dua kali lipat. Kurang lebih 30 menit, tergantung suhu.
  8. Sambil menunggu panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180′ C.
  9. Setelah oven panas, adonan siap dipanggang. Waktu pemanggangan kurang lebih 45 – 50  menit. Set waktu setiap 15 menit.
  10. Pada 15 menit pertama, tutup dengan aluminium foil agar tidak terlalu gosong dan crunchy. Tapi jika memang menyukainya, bisa di skip saja. Set lagi 15 menit putar posisi loyang. Set lagi 15 menit putar loyang.
  11. Cek kematangan jika ditepuk-tepuk permukaannya sudah mengeluarkan bunyi bung-bung seperti berongga berarti sudah matang sempurna. Jika belum yakin bisa tambahkan waktunya.

Resep Olahan Roti

Ternyata mudahkan, roti pun matang. Keluarkan dari oven, jangan biarkan terlalu lama di loyang karena panasnya akan menghasilkan embun dan mempengaruhi roti.

Segera keluarkan dari loyang dan dinginkan di atas wire rack. Basahi permukaan roti dengan paper towel yang telah dicelup air agar lembut permukaannya. Jangan terlalu banyak nanti meresap airnya hehe.

Dengan demikian kalian bisa menyimpan roti gandum lebih banyak di rumah, jika kalian suka. Kalian juga bisa mengambilnya sesuai kebutuhan, sesuai untuk apa roti gandum itu ingin digunakan.

Jika kalian sudah bisa membuat roti gandum itu, yang selanjutnya kalian bisa mencoba membuat kreasi roti tersebut. Kalian bisa memanggang atau mengoven roti itu.

Kini saya juga menambahkan tentang resep roti panggang oven yang mudah kalian buat. Untuk kelanjutannya simak resep-resepnya dibawah ini.

1. Resep Roti Panggang Oven 4 Langkah

Bahan-Bahan :

  • secukupnya la fonte saus bolognise
  • 3 buah sosis ayam
  • keju cheedar slices
  • keju quick melt
  • secukupnya bawang putih goreng dihancurkan
  • 2 butir telur ayam
  • margarin
  • roti tawar kupas
  • lada

Langkah :

  1. Pecahkan 2 butir telur, cincang sosis ayam, taburkan lada, taburkan bawang putih yang sudah hancur (dpt menggunakan bawang putih cincang di tumis) kocok hingga merata.
  2. Oles roti tawar bagian bawah dengan margarin (jika ingin cepat garing tidak perlu menggunakan margarin, karena margarinp membuat roti menjadi lunak).
  3. Oles roti tawar bagian atas dengan saus bolognise, letakan keju lembaran, letakan adonan telur sosis yang sudah dibuat, taburkan keju quick melt.
  4. Panggang dengan oven dengan suhu 180° C selama 20 menit, jika ingin garing dapat dipanggang selama 30 menit
  5. Selesai. siap dinikmati

2. Roti Gandum Panggang With Pisang

Ternyata untuk membuat roti gandum panggang sangatlah mudah. Kalian tak perlu repot untuk membuatnya. Ingin tau bagaimana caranya, simak resep roti panggang oven dibawah ini.

Bahan-Bahan :

  • 2 Helai Roti gandum(Buang kulit pinggiran nya)
  • Keju parut
  • Ceres
  • Blueband
  • 1 bh Pisang potong tipis2

Langkah :

  1. Panas kan teflon dengan blueband.
  2. Panggang Pisang sampai layu. Sisihkan.
  3. Lalu Panggang Roti gandum nya.
  4. Siapkan piring,  Ambil 1 bagian roti. Beri Pisang, Ceres Dan Keju Perut.
  5. Roti gandum panggang siap disajikan sengan teh/kopi.

3. Puding Roti Gandum Panggang

Bahan-Bahan :

  • 7 lembar roti gandum, potong kecil²
  • 2 butir telur
  • 350 ml susu cair
  • 3 bungkus SKM
  • 4 1/2 sdm gula pasir
  • 150 gram blueband cake & cookies, cairkan
  • 1 sdt vanila ekstrak
  • 4 lembar keju slice
  • Topping  :Keju parut & choco chips

Langkah :

  1. Dalam wadah, masukkan roti gandum dan susu cair aduk rata sampai seluruh permukaan roti basah.
  2. Dalam wadah lain, masukkan telur, gula pasir, skm, vanila ekstrak dan margarin aduk rata sampai semua tercampur.
  3. Masukkan campuran telur kedalam roti aduk rata.
  4. Masukkan 1 sendok sayur roti kedalam cup alumunium foil, lalu tata keju slice diatasnya kemudian tabur choco chips, kemudian ambil 1 sendok sayur lagi tumpuk diatasnya, lalu tabur choco chips dan keju parut. Lakukan sampai habis.
  5. Panggang selama 30-45 menit pada suhu 180°C.

4. Resep Roti Panggang Oven Susu Kambing

Dalam pembuatan roti tidak hanya bisa menggunakan susu sapi atau SKM. Ternyata membuat roti dengan menggunakan susu kambing juga bisa, bahkan bisa menyehatkan.

Akan tetapi mungkin kebanyakan orang tidak suka dengan bau susu kambing. Atau mungkin alergi.

Kali ini resep roti panggang oven dari susu kambing, dengan catatan hanya untuk orang yang menyukainnya.

Bahan-Bahan :

  • 400 gram tepung cakra
  • 1 butir telur utuh
  • 3 SDM mentega
  • 1 SDM ragi instan
  • 250 Ml air mineral
  • 2 saset susu kambing
  • Minyak untuk olesan
  • Wijen untuk taburan

Isian :

  • Nutella
  • Selai srikaya Pandan (morin)
  • Keju mozzarella
  • Selai strawberry (morin)

Langkah :

  1. Larutkan dlu susu bubuk, gula, dan ragi instan ke dlm 250 ml air tujuan nya untuk mengetahuan apakah ragi msh aktif atau tidak. Kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit akan muncul busa/buih maka itu tandanya ragi mash aktif dan bsa di gunakan.
  2. Siapkan wadah. Masukan tepung terigu. Telur dan larutan susu,ragi dan gula tadi kemudian setelah setengah kalis atau semua bahan menyatu masukan mentega dan uleni lagi smpai kalis.
  3. Setelah kalis diamkan dlu kurang lebih 1 jam sambil ditutup kain. Jika sudah mengembang jadi 2 x lipat buang udara yg ada dlm adonan dgn cara di uleni lagi sbntar.
  4. Kemudian bagi adonan sesuai selera dan bulat”kan adonan smp selesai. Barulah diberi isiin sesuai selera dan taburi dgn wijen.
  5. Kemudian letakan dlm loyang dan tutup lgi dgn kain selama 1 jam kemudian panggang menggunakan panci Hakasima atau panci/kuali yg tebal dan ada tutup nya.
  6. Jika sudah berubah warna kecoklatan angkat dan selagi masih panas olesi dengan mentega.

5. Resep Roti Tawar Panggang Oven Keju

Bahan-Bahan :

  • Roti tawar
  • Susu kental manis
  • Keju cheddar

Langkah :

  1. Siapkan roti, letakkan langsung di nampang panggangan.
  2. Siram susu kental manis sesuai selera.
  3. Lalu perut keju diatasnya secara meluruh.
  4. Masukkan kedalam oven, kalo ga ada oven boleh pakek teflon bun.
  5. Tunggu 10 menit.pinggir roti udah krenyes boleh diangkat dan siap dihidangkan.

Mudah sekali bukan resep roti panggang oven? Natikan rese-resep saya berikutnya. Hanya sekian resep-resep olahan yang saya bisa saya sampaikan, ingin tau resep-resep lainnya simak terus artikel ini.

Terimakasih atas perhatian Anda semua.