Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Usaha Warung Makan. Salah satu jenis usaha yang seolah tak ada habisnya adalah usaha kuliner. Mengapa? Karena semua orang membutuhkan jasa kuliner untuk memenuhi kebutuhan primer, yaitu makan. Bentuk usaha kuliner yang cukup potensial yaitu usaha rumah makan. Ada beberapa macam konsep usaha rumah makan. Seperti warung makan atau rumah makan sederhana, lesehan, prasmanan, dan lain-lain.

Sayangnya, untuk membuka bisnis rumah makan tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa persiapan untuk memulai usaha rumah makan supaya bisnis ini berjalan lancar dan menguntungkan terutama dari segi modal usaha. Sebaiknya memilih usaha yang memang sesuai dengan minat dan keahlian anda, sehingga dapat menjalankan usaha dengan nyaman dan tanpa beban.

Satu hal yang harus Anda hindari adalah membuka usaha hanya karena mengikuti tren, tanpa tahu cara menjalankannya. Berikut adalah kunci sukses dalam memulai usaha rumah makan sederhana yang dapat Anda ikuti.

Kunci Sukses Memulai Usaha Warung Makan

usaha warung makna

1. Jenis Makanan yang Akan Dijual

Untuk menjalankan Usaha Warung Makan, faktor yang paling penting adalah aneka jenis makanan yang akan dijual. Banyak pelaku bisnis yang mengakui bahwa jenis makanan sangat berpengaruh untuk kelanjutan usaha. Hal penting lainnya yaitu citra masakan yang nikmat dan unik harus dapat Anda tawarkan, karena nyawa dari sebuah usaha rumah makan adalah cita rasanya. Dan juga, cita rasa juga dapat memengaruhi harga makanan.

2. Penelitian dan Survei Pasar

Jika Anda menjual makanan, Anda harus bisa mengerti dan bisa menyesuaikan masakan yang dimasak sesuai dengan kondisi lingkungan. Terkadang ada yang suka rasa manis dan ada juga yang suka rasa asin.  Selain itu, Anda juga harus mengerti jenis masakan yang disajikan. Makanan harus sesuai tempat dan selera masyarakat yang disukai. Anda harus mengerti karakteristik konsumen dan pelajarilah serta perhatikanlah lingkungan sekitar Anda.

3. Lokasi Usaha

Lokasi tentu menentukan keberhasilan usaha warung makan Anda. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu usaha yaitu lokasi. Agar usaha bisa berjalan ke depan, menguntungkan, dan dapat dicari oleh para pelanggan lama dan baru syaratnya yaitu carilah lokasi yang strategis. Apabila lokasi usaha Anda jauh dan sulit dijangkau, kemungkinan usaha Anda akan gulung tikar karena tidak adanya pelanggan.

4. Bahan Baku

Agar bisnis dapat berlangsung dan berjalan mulus, sangat dianjurkan untuk menyediakan bahan baku yang lebih. Pastikan stok bahan baku Anda dalam persediaan yang lebih dan hitunglah kebutuhan bahan baku setiap harinya. Karena hal tersebut juga bermanfaat untuk melatih sejauh mana kemampuan Anda dalam merencanakan usaha.

5. Tenaga Kerja

Pastikan sebelum membuka usaha rumah makan sederhana, Anda sudah mempunyai koki yang masakannya enak untuk mengurus urusan dapur, khususnya kebutuhan bumbu dan memasak menu. Anda juga harus belajar bekerja dengan cepat karena melayani pembeli di rumah makan tidak bisa lambat. Pelayanan lambat akan memberi nilai negatif bagi usaha. Jika usaha Anda sudah berjalan konstan dan maju, Anda dapat merekrut tenaga kerja yang jauh lebih ahli. Dengan begitu, usaha Anda dapat lebih berkembang.

6. Modal dan Dana

Untuk modal, Anda dapat menyediakan setidaknya hingga 3 bulan ke depan untuk persiapan usaha. Sebelumnya Anda harus sudah mencatat semua pengeluaran dan pendapatan. Pastikan Anda tidak kekurangan modal. Jika mengalami kekurangan modal maka masih ada cara yang lain untuk menutupi kekurangan modal, misalnya melalui mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, mencari investor meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai pelaku UKM, dan lain-lainya.

Untuk lebih mudahnya Anda menjalankan usaha, Anda dapat menggunakan layanan software akuntansi. Jurnal yaitu software akuntansi online yang dapat memberikan kemudahan dalam membantu mengelola keuangan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dengan begitu, Anda akan terbantu dalam memonitor dan mengembangkan usaha rumah makan Anda di mana pun dan kapan pun.

Jenis Bisnis Usaha Warung Makan dengan Modal Kurang dari 5 juta

usaha warung makan

Peluang jenis usaha yang bisa dibuka pun sangat beragam, salah satunya adalah jenis usaha warung makanan rumahan. Usaha warung makanan tersebut masih menjadi favorit semua orang karena memang semua orang menjadikan makanan sebagai kebutuhan pokok yang utama .Karena itu, jenis usaha warung makanan rumahan ini bisa dibilang sebagai usaha yang cukup menjanjikan.

1. Usaha Makanan Bubur Ayam

Hampir di setiap sudut kota, tempat keramaian, terminal, rumah, dan lain-lain di waktu pagi hari terdapat pedagang bubur ayam. Walaupun saat ini sudah ada yang berjualan di malam hari, tetap saja bubur ayam ini masih menjadi sarapan unggulan di pagi hari.

Selain bisa membuka usahanya di rumah anda juga bisa berjualan menggunakan roda. Oleh karena itu untuk berjualan bubur ayam tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar. Usaha makanan ini tentunya banyak diminati oleh berbagai kalangan. Bubur ayam ini walaupun tergolong sebagai usaha kecil, banyak pula yang sukses menggeluti usaha makanan ini.

Salah satunya yaitu Bubur Ayam Mang H.Oyo, beliau berasal dari jawa barat bubur ayam yang dijualnya begitu legendaris. Keunikan yang dibuat oleh bubur tersebut adalah tak akan tumpah walaupun piring atau mangkok berisi bubur tersebut dibalikkan.

Karena itu beliau adalah bukti bahwasanya bisa mendulang kesuksesan dari jenis usaha makanan rumahan.

2. Usaha Makanan Nasi Kuning atau Nasi Uduk

Selain bubur, sarapan lain yang diminati adalah nasi kuning maupun nasi uduk. Makanan khas dari Indonesia yang sering ditemui di pulau Jawa tersebut sangat diminati oleh berbagai kalangan. Nasi uduk biasanya terbuat dari beras yang diberi santan beseta daun salam. Apabila anda ingin membuat santan, anda bisa menggunakan alat pemeras santan.

Untuk membuka jenis usaha makanan rumahan ini tentunya tak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Bahan baku untuk membuka usaha ini pun tergolong mudah bisa didapatkan di pasar tradisional ataupun warung yang dekat dengan rumah.

3. Usaha Makanan Gorengan

Bila Anda tidak menyukai makanan berat untuk sarapan pagi hari tak perlu khawatir. Karena di Indonesia sendiri sangat banyak  penjual gorengan. Gorengan yang dimaksud antara lain adalah cireng, tahu goreng, pisang goreng, bakwan, singkong, tempe goreng, dan sebagainya. Sekarang sudah tidak ribet lagi untuk membuat gorengan, karena sudah ada mesin vacuum frying untuk memudahkan anda dalam menggoreng

Biasanya para penjual gorengan pun akan menambah menu lain sebagai pelengkap dari gorengan tersebut, yaitu lontong dan juga cabe rawit.Pada umumnya jenis usaha makanan rumahan tersebut dijual dengan menggunakan gerobak. Bahan baku gorengan pun tidak tergolong sulit didapatkan yaitu sebagian besar menggunakan terigu sebagai bahan dasarnya.

4. Usaha Makanan Kue Basah Tradisional

Di Indonesia terutama di wilayah jawa barat, banyak sekali ditemukan penjual kue basah tradisional. Kue tersebut diantaranya adalah kue soes, lemper, risoles, onde-onde, dan beragam jenis kue basah tradisonal lainnya.

Kue tersebut biasanya selalu dipasarkan dipagi hari. Setiap pukul 05.30 para agen dari kue tersebut menyerbu tempat pusat pembuatan kue yang berada di wilayahnya.  Nah, jika Anda masih bingung dengan pilihan jenis usaha makanan rumahan bisa dimulai untuk menjual aneka kue basah tersebut

5. Usaha Makanan Roti Bakar

Jenis usaha makanan yang banyak diminati diminati oleh berbagai kalangan yaitu roti bakar. Membuka usaha roti bakar ini tentunya bisa dilakukan oleh siapapun termasuk ibu rumah tangga atau sebagai karyawan. Bahan baku yang didapat pun tergolong tidak sulit dan dapat dicari dimanapun. Hanya saja Anda pelru untuk berinovasi dalam seg toping yang digunakan. Salah satu contohnya adalah roti bakar bandung.

Zaman sekarang banyak yang menyukai jenis toping yang aneh mulai dari toping manis maupun asin. Karena Anda harus bisa membaca keinginan dan kesukaan para pelanggan.Walaupun tergolong kepada usaha kecil, roti bakar ini bila sudah diterima oleh pelanggan akan berdampak besar dan mendulang pendapatan yang fantastis.

Seperti halnya seorang pemuda yang memilih untuk menjadi pengusaha roti bakar. Dia dalah Lucky Permana yang saat ini dikenal sebagai pengusaha roti bakar comel (cokelat meleleh).Penghasilan yang didapatnya pun begitu fantastis mencapai omset 120 juta per bulan. Beliau baru menjalankan usaha tersebut selama dua tahun. Namun usahanya begitu cepat dikenal oleh masyarakat luas terutama di ibu kota.

6. Usaha Makanan Martabak Mini

Seperti yang diketahui, makanan martabak pada umumnya dikenal dengan bentuk yang besar disertai toping asin maupun manis. Tetapi, saat ini jenis makanan tersebut sudah bisa didapatkan dengan ukuran yang mini atau lebih kecil.

Dengan ukuran yang lebih kecil atau mini tersebut membuat orang tertarik untuk membelinya. Bahkan diantara mereka ada yang ingin membuka usaha tersebut.Usaha makan tersebut sudah bisa ditemukan di tempat keramaian dengan menggunakan gerobak.

Selain menggunakan gerobak, usaha tersebut bisa dijajakan di rumah tanpa harus menggunakan alat tersebut. Tentunya yang harus dipersiapkan yaitu tempat pembuatan martabak serta bahan bakunya.

Jenis usaha makanan rumahantersebut bisa untuk berbagai kalangan serta tergolong mudah untuk membuatnya. 

7. Usaha Warteg

Tak dipungkiri usaha warteg ini cukuplah menggiurkan. Dengan harga yang dikenal dengan murah dan terjangkau banyak macam pilihan makanan dapat dipilih oleh pelanggan.Jika Anda memiliki basic memasak membuka usaha warteg tersebut bisa menjadi solusi. Tentunya Anda harus siap dengan memasak berbagai macam makanan baik itu daging, sayuran, sop, goreng-gorengan dan lain-lain.

Usaha makanan ini rata-rata banyak dilakukan di rumah. Dan tentu sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang mempunyai banyak waktu yang luang. Untuk karyawan memang masih tergolong sulit, tetapi bukan menjadi penghalang,  namun Anda bisa menjadi tim marketing yang menawarkan makanan untuk keperluan makan siang para karyawan.

8. Usaha Makanan Asinan Sayuran dan Buah-Buahan

Jenis usaha makanan rumahan berikutnya yaitu dengan menjual buah-buahan dan asinan buah. Usaha makanan tersebut mungkin banyak ditemukan di kota Bogor, Jawa Barat. Namun alasannya untuk membuka usaha tersebut adalah bahan baku yang mudah untuk didapat.

Seperti yang diketahui, Indonesia adalah negara yang mampu menghasilkan berbagai macam sayuran serta buah-buahan dan bisa dibilang dengan negara yang subur. Karena itu bisa Anda memanfaatkan untuk membuatbuah-buahan dan asinan buah.

Tentunya bila Anda belum mahir untuk membuatnya bisa untuk belajar terlebih dahulu. Namun, secara keseluruhan membuka usaha ini tak sulit karena bahan baku yang digunakan cukup mudah untuk didapatkan.

9. Usaha Makanan Ringan

Selain makanan berat, makanan lain yang paling banyak disukai adalah makanan ringan yang bersifat kekinian.

Contohnya makanan ringan yang paling banyak dicari adalah kerupuk kulit, keripik singkong dengan bumbu pedas, macroni kering, batagor kering, seblak kering, aneka macam kacang-kacangan, dan makanan lainnya yang banyak ditemui di pasaran.

Untuk menjual usaha tersebut Anda tak perlu untuk membuatnya sendiri. Tentunya Anda dapat mengambil bahan baku tersebut bekerja sama dengan pembuat makanan ringan. Yang dapat Anda lakukan yaitu mengemasnya dengan kemasan unik dan terbaik agar menarik minat pembeli.

Tentu saja usaha tersebut termasuk dalam kategori jenis usaha makanan rumahanDimana Anda  bisa menyimpan dan menjajakannya di rumah sendiri tanpa harus menyewa tempat.

10. Usaha Makanan Frozen Food

Usaha makanan beku atau populer dengan istilah frozen food ini sudah mulai cukup familiar di Indonesia. Contoh dari frozen food ini adalah ,nugget, sosis, siomay, kentang goreng, dan lain-lain.

Dan frozen pun terdapat berbagai macam olahan dan varian rasa. Salah satunya yaitu bisa dicampur dengan sayuran.

Untuk membuka jenis usaha makanan rumahan tersebut salah satunya harus memiliki modal lemari es agar makanan tetap beku dan sesuai dengan tenggang waktu kadaluarsanya.

Cara Mengolah Usaha Warung Makan

usaha warung makan

a. Kualitas Masakan

Kualitas masakan yang akan menjadi penilaian konsumen pertama kali adalah tentang rasa dari masakan anda. Jika rasa masakannya sudah tidak enak, maka bagaimanapun anda memoles penampilan makanan itu tetap baik dan tidak memberati

Akan lebih hebat lagi jika rasa masakan anda memiliki ciri khas seperti masakan khas padang, yang notabene agak pedas, atau masakan khas melayu dan ke-khasan rasa lainnya.

Selain itu penampilan sajian makanan juga akan mempengaruhi terhadap kualitas menu masakan anda.

Bagaimana kalau anda bukan orang yang ahli dalam memasak ? Untuk masalah ini anda bisa cari koki atau juru masak yang berbakat disekitar anda.

b. Harga Makanan

Untuk harga jual makanan harian ini tentu banyak faktor yang harus anda perhatikan. Antara lain tergantung dari modal harga bahan baku/mentah makanan, tingkat ekonomi target pelanggan warung, lokasi tempat anda jualan dan juga persaingan warung makan yang jaraknya berdekatan dengan kedai anda.

Karena jika pelanggan anda sudah merasa dimanjakan lidahnya dengan ciri khas rasa masakan anda, maka soal harga bisa anda naikkan secara perlahan kalau pelanggannya sudah banyak.

c. Layanan

Layanan juga dapat menjadi faktor penentu dalam cara mengelola usaha warung makan. Bagaimana kira-kira jika anda merasa sangat lapar, kemudian ingin makan di rumah makan tetapi penyajian makanan nya cukup lama sehingga harus menunggu. Otomatis jengkel kan?

Nah, untuk itu layanilah pelanggan anda sebaik mungkin. Diantaranya dengan sambutan senyuman yang ramah, penyajian makanan yang

d. Promosi

Cara mengelola promosi warung makan sebenarnya cukup mudah. Apalagi saat ini banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi seperti lewat media social, banner, instagram, selebaran dan bahkan WA grup.

e. Mengatasi Persaingan

Usaha warung makan juga tidak luput dengan yang namanya persaingan. Untuk itu anda dituntut agar piawai dalam menyikapi kompetisi di bisnis ini.

Namun yang paling penting jangan gunakan cara-cara yang tidak halal atau tidak etis dalam mengatasi persaingan. Karena yakinlah bahwa yang menentukan rezeki anda bukan saingan bisnis anda.

Untuk mengatasi persaingan bisnis warung makan harian ini yaitu anda bisa lakukan dengan cara member layanan yang memiliki nilai plus kepada pelanggan.

Misalnya penyajian yang cepat, perbanyak jenis menu masakan, melayani pesanan COD untuk wilayah terdekat, gratis makan 1 kali jika sudah melakukan 10 kali makan ditempat anda. Dan masih banyak lagi langkah yang bisa anda coba.

Itulah pembahasan mengenai Usaha Warung Makan. Semoga bermanfaat ya guys!