Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang Usaha Warung Kopi. Siapa sih yang tidak suka kopi? tentunya para laki-laki dan remaja sangat menyukai kopi.

Membuka Usaha Warung Kopi hanya sederhana tidak bisa di anggap remeh karena sudah banyak mereka yang berhasil dan sukses dengan model bisnis kecil. Dengan modal usaha yang tidak besar, Usaha Warung Kopi sederhana merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan dengan syarat kamu bisa melihat dan mempelajari strateginya.

Jika kamu amati, hampir disetiap daerah mulai perkampungan hingga kawasan perkotaan pasti ada spot spot tertentu yang bisa kamu temukan ada warung kopi.Untuk saat ini, popularitas Usaha Warung Kopi didominasi oleh kota Tulung Agung yang mana sudah sangat terkenal akan istilah kopi cethe sehingga mampu menjadi sebuah ikon yang tidak asing bagi kalangan pecinta kopi.

Di kota itu, para pelaku Usaha Warung Kopi hampir dapat ditemukan disetiap perkampungan bahkan kesemuanya selalu ramai pengunjung dan memiliki pelanggan tetap yang solid. Selain membahas tentang cara buat roti buaya saya akan membahas tentang Usaha Warung Kopi.

Informasi tentang Kopi

Usaha Warung Kopi

1. Sejarah tentang Kopi

Sejarah kopi konon bermula pada abad ke-9 di Ethiopia.Tetapi, Budidaya dan perdagangan kopi baru mulai populer pada abad ke-15 oleh pedagang Arab di Yaman. Kopi mencapai Eropa pada abad ke-17 tapi tidak dapat tumbuh baik di sana.
Negara Eropa lantas menggunakan daerah jajahannya untuk membudidayakan tanaman kopi. Indonesia, yang diduduki Belanda, memiliki andil yang besar dalam sejarah dan persebaran jenis kopi di seluruh dunia.

2. Perbedaan Mendasar antara Kopi Robusa dan Kopi Arabika

Kalian harus mengetahui perbedaan antara kopi robusa dan kopi arabika dalam membuka Usaha Warung Kopi. Dua jenis kopi yang paling banyak beredar di pasaran adalah biji jenis arabika dan jenis robusta.

Dari seluruh jenis kopi yang beredar dan dipasarkan di dunia, sekitar 70% adalah jenis arabika. Sedangkan robusta menguasai sekitar 28% dan sisanya adalah liberika.

Kedua spesies ini memiliki banyak perbedaan, dari cara penanaman, hasil panen, hingga rasanya. Baik arabika dan robusta, keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Namun kiranya arabika memiliki peminat yang lebih besar dari pada robusta. Itulah sebabnya arabika memiliki lebih banyak varietas dengan rasa yang lebih beragam daripada robusta.

3. Mengenal Varietas Kopi yang Populer di Dunia

Dalam membuka Usaha Warung Kopi kalian perlu tau apa itu varietas. Varietas dalam taksonomi biologi merujuk pada subspesies akibat dari mutasi baik secara alami maupun rekayasa manusia.  Setiap varietas memiliki karakter dan cita rasa yang berbeda. Oleh karena itulah persilangan dilakukan untuk menghasilkan bibit unggulan dengan kelebihan dari masing-masing tanaman.

Typica dan bourbon adalah varietas kopi arabika tertua yang diambil dari Ethiopia dan cikal bakal banyaknya varietas kopi arabika yang beredar di dunia. Selain varietas arabika, ada juga varietas hibrida, yaitu persilangan antar spesies yang berbeda.

4. Beraneka Ragam Jenis Kopi dari Berbagai Sudut Pandang

Dalam membuka Usaha Warung kopi ada beragam jenis kopi yang perlu kalian ketahui. Jika mendengar atau membaca istilah jenis kopi, akan timbul beberapa sudut pandang. Istilah tersebut bisa merujuk pada spesies, varietas, asal perkebunannya (single origin), atau bahkan jenis dan variasi minumannya.

Beraneka macam sudut pandang tersebut terjadi karena kata jenis memang memiliki makna ambigu. Jika Anda ingin informasi lebih rinci, membaca artikel Kopipedia adalah pilihan yang tepat. Ada banyak informasi-informasi menarik yang bisa menambah wawasan Anda tentang perkopian.

5. 3 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Sayangnya, tanaman kopi tidak bisa tumbuh baik di sembarang tempat. Letak ideal untuk perkebunan dan budidaya kopi terletak pada 20° Lintang Utara dan 20° Lintang Selatan, artinya iklim ideal perkebunan kopi adalah tropis. Perkebunan harus pada ketinggian tanah yang tinggi, untuk robusta di antara 400-800 mdpl dan 1000-2000 mdpl untuk arabika.

Tiga negara penghasil kopi terbesar pertahun 2016 secara berurutan-turut adalah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Indonesia berada dalam urutan keempat dengan total produksi yang diperkirakan sebesar 660.000 ton per tahun.

6. Daerah Penghasil Kopi Indonesia yang Mendunia

Jika dibandingkan dengan tiga besar negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki ragam kopi yang lebih kaya. Wilayahnya berupa kepulauan sehingga kopi-kopinya tersebar dan tumbuh dengan kondisi tanah yang berbeda sehingga cita rasanya pun beragam. Oleh karena itu, anggapan bahwa Indonesia adalah surganya kopi bukan hanya sekadar bualan.

Daerah-daerah penghasil kopi Indonesia tersebar mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Papua. Sebutlah yang populer di antaranya, ada Gayo, Sidikalang, Kintamani, Flores, Wamena, dan masih banyak lagi.

7. Salah Satu Kopi Termahal di Dunia

Selain sebagai penghasil kopi terbesar keempat dan memiliki ragam kopi yang kaya, Indonesia juga menyandang predikat negara penghasil kopi termahal. Kopi luwak Indonesia menjadi salah satu jenis kopi yang paling mahal di dunia karena memiliki nilai eksotis dan tergolong langka. Minuman ini berasal dari biji kopi yang dipanen dari feses luwak liar yang dibersihkan.

Di kalangan penikmatnya, minuman ini dinilai memiliki keunikan karena rasa asamnya yang lembut dan ramah di lambung. Rasa ini berasal dari proses fermentasi yang ada di perut luwak.

Harga yang mahal dan daya produksi yang rendah berimbas pada munculnya penangkaran kopi luwak. Sayangnya, penangkaran ini memunculkan masalah lain seperti klaim produk yang tidak sesuai, kualitas kopi yang buruk, dan penganiayaan hewan.

8. 3 Jenis Minuman Kopi Khas Indonesia yang Terpopuler

Tidak hanya untuk komoditas ekspor, kopi bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi budaya yang sulit dipisahkan. Masyarakat Indonesia yang beragam menghasilkan banyak sajian kopi khas Indonesia yang tidak lagi hanya dinikmati oleh masyarakat lokal. Ada beberapa sajian kopi khas yang populer, yaitu kopi tubruk, kopi joss, dan kopi hijau dalam membuka Usaha Warung Kopi.

Sangat menarik untuk mencoba dan mengetahui beragam sajian kopi khas yang ada di Indonesia. Karena munculnya keragaman ini dipengaruhi banyak hal, dari sejarah, budaya, hingga manfaat yang dipercaya oleh masyarakat lokal.

9. Manfaat Kopi Hitam & Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Dalam membuka Usaha Warung Kopi kalian perlu mengetahui manfaat kopi. Setelah berkutat dengan asal usul, jenis, serta produksi kopi di dunia, mari beralih ke fakta-fakta lain tentang manfaat kopi. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan pernyataan bahwa kopi adalah minuman pengusir kantuk atau teman begadang. Namun, sudah tahukah Anda manfaat lain dari kopi bagi tubuh, baik dari segi kesehatan maupun dari segi kecantikan?

Minuman pahit ini adalah antioksidan alami yang dapat menangkal zat-zat beracun dalam tubuh. Beberapa manfaat kopi yang baik bagi kesehatan yaitu sebagai stimulan fungsi saraf, meredakan sakit kepala, pencegah alzheimer, dan mengurangi resiko diabetes. Dalam hal kecantikan, kopi dimanfaatkan untuk perawatan kulit, rambut, dan suplemen diet.

10. Cara Membuat Kopi yang Enak Ala Cafe

Setelah mengenal berbagai jenis minuman kopi, Anda punya kesempatan untuk membuatnya sendiri di rumah. Anda perlu persiapkan beberapa hal, di antaranya adalah biji kopi, alat giling, dan alat seduh. Setelah mempersiapkan semua, tentukan minuman apa yang ingin anda ingin buat, apakah espresso based atau manual brew. Jika kalian tidak ingin repot kalian bisa gunakan mesin pembuat kopi

11. Manfaat, Anjuran, dan Waktu Terbaik Minum Kopi bagi Tubuh

Dalam membuka Usaha Warung Kopi kita perlu mengetahui tentang manfaat dan anjuran yang baik untuk tubuh. Di balik rasanya yang pahitnya, secangkir kopi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mencegah munculnya penyakit yang berat seperti diabetes tipe II hingga mengobati penyakit ringan seperti sakit kepala. Tapi jangan salah, meski menyehatkan bukan berarti Anda bisa seenaknya mengonsumsi minuman ini.

Ada waktu-waktu tertentu serta larangan yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi kopi. Melanggarnya bukan hanya menghilangkan manfaat tapi juga bisa merugikan kesehatan Anda. Karena itu perhatikan baik-baik anjuran dalam artikel ini agar secangkir kopi yang nikmat tetap menyehatkan untuk tubuh Anda.

Kandungan dalam Kopi dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

usaha warung kopi

Ada beberapa yang perlu kalian ketahui kandungan kopi dalam membuka Usaha Warung Kopi.

Kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang ada pada kopi adalah 1 hingga 1,5%.

Peranan Kafein bagi tubuh

Kalian perlu mengetahui kandungan kopi jika akan membuka Usaha Warung Kopi. Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek yang beragam pada setiap manusia. Beberapa orang akan mengalami efeknya secara langsung, sedangkan orang lain tidak merasakannya sama sekali.

Hal ini terkait dengan sifat genetika yang dimiliki masing-masing individu terkait dengan kemampuan metabolisme tubuh dalam mencerna kafein ( Corneis, 2006). Metabolisme kafein terjadi karena bantuan enzim sitokrom P450 1A2 (CYP1A2).

Terdapat 2 tipe enzim, yaitu CYP1A2-1 dan CYP1A2-2 ( (Bach, 2008). Orang yang mempunyai enzim CYP1A2-1 mampu mematabolisme kafein dengan cepat dan efisien jadi efek dari kafein dapat dirasakan secara nyata.

Kandungan dalam kopi

  1. Kafein

Kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat pada kopi adalah antara 1 hingga 1,5%.Enzim CYP1A2-2 memiliki laju metabolisme kafein yang lambat sehingga kebanyakan orang dengan tipe ini tidak merasakan efek kesehatan dari kafein dan menimbulkan efek yang negatif.

Kandungan kafein di dalam kopi dapat menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap serta mampu menurunkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2 dengan cara menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin.Kafein dalam kopi juga telah terbukti mampu mencegah penyakit serangan jantung.

Dalam bidang olahraga kopi banyak dikonsumsi oleh para atlit sebelum bertanding, sebab senyawa aktif di dalam kopi bisa meningkatkan metabolisme energi, terutama sebagai memecahkan glikogen (gula cadangan dalam tubuh).Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa antioksidan dengah jumlah yang cukup banyak.

Adanya antioksidan dapat membantu tubuh untuk menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas, seperti kanker, diabetes, dan penurunan respon imun.Ada beberapa contoh senyawa antioksidan yang terdapat di dalam kopi adalah polifenol, flavonoid, proantosianidin, kumarin, asam klorogenat, dan tokoferol.

Farmakokinetik Kafein

Kafein diabsorpsi secara cepat pada saluran cerna serta kadar puncak dalam darah dicapai selama 30 hingga 45 menit.

Pada orang dewasa yang sehat jangka waktu penyerapannya adalah 3-4 jam, sedangkan pada wanita yang memakai kontrasepsi oral waktu penyerapan adalah 5-10 jam. Pada bayi dan anak mempunyai jangka waktu penyerapan lebih panjang (30 jam).

  1. Asam Klorogenat

Klorogenat adalah senyawa golongan fenilpropanoid yang tersebar luas diberbagai bagian dari banyak tumbuh-tumbuhan.Dalam biji kopi, konsentrasi asam klorogenat sangat tinggi, dan kandungan asam klorogenat yang mudah larut dalam kopi kering dapat mencapai hingga 12 persen berdasarkan bobot.

Asam klorogenat yang dihasilkan dari kopi salah satu khasiatnya adalah berperan sebagai antioksidan eksogen yang berperan dalam mencegah kerusakan sel serta menghambat pertumbuhan sel kanker melalui pengikatan sejumlah radikal bebas.Peran asam klorogenat dalam menghambat pertumbuhan Cell melalui reaksi oksidasi-reduksi.

Strategi Usaha Warung Kopi Sederhana yang Menjanjikan

usaha warung kopi

Sekarang jika akan mencontoh dari kota yang sudah sangat populer dengan wisata ngopinya, maka ada trik yang harus kamu lakukan supaya Usaha Warung Kopi kamu berjalan sesuai rencana dan tentunya membawakan hasil.

1. Tentukan Target yang Akan Di Bidik

Perhatikan terlebih dahulu siapa kira kira nantinya yang akan singgah di Usaha Warung Kopi kamu.

Ada 3 target kosumen untuk Usaha Warung Kopi yang bisa di jadikan acuan dan untuk merencanakan strateginya yaitu:

  • Masyarakat Umum
  • Kalangan Remaja
  • Hanya lingkungan sekitar

Dari ketiga target konsumen ini sangat perlu dipahami karena akan menentukan kelangsungan Usaha Warung Kopi yang akan kamu rintis.

a. Untuk Masyarakat Umum

Usaha Warung Kopi yang paling tepat untuk target konsumen ini adalah seperti di lokasi pasar, pinggiran pasar atau daerah sekitar terminal atau stasiun, sekirannya tempat-tempat yang ramai pembeli.

Cukup dengan model warung tenda atau semi permanent sudah dapat dijadikan lahan usaha. Karena mereka yang singgah kebanyakan hanyalah bersifat mampir ngopi dan tidak bisa di target sebagai pelanggan tetap.

b. Untuk Remaja dan Muda Mudi

Ini yang akan jauh berbeda dengan target pertama. Saat ini acara ngopi sudah bukan untuk bapak bapak atau orang tua, kenyataannya banyak remaja muda mudi yang juga sudah gemar ngopi sambil nongkrong berlama lama.

Untuk Usaha Warung Kopi dengan target kalangan ini maka harus dibuat fasilitas lebih menarik meskipun konsepnya tetap Warung Kopi sederhana. Misalkan saja diberikan jaringan WiFi atau disediakan TV dan lantunan music untuk memberikan kesan santai bagi pengunjung.

c. Warga Lingkungan Sekitar

Jika ingin membuka Usaha Warung Kopi untuk usaha rumahan, dengan target konsumen hanya sebatas warga sekitar rumah atau kampung tetangga maka konsepnya juga akan lain dari yang dua poin di atas.

Usaha Warung Kopi kamu cukup menggunakan fasilitas di rumah seperti memanfaatkan teras rumah atau membuat kedai kecil kecilan di sekitar rumah. Biasanya warung kopi model rumahan ini hanya ramai pada jam jam tententu setelah masyarakat sudah lepas dari jam sibuk.

Untuk Usaha Warung Kopi dilengkap hiburan cukup disediakan TV dan memutar chanel berita akan lebih digemari oleh bapak bapak yang sedang bersantai sambil ngopi.

2 Sajikan Juga Menu Murah Selain Kopi

Untuk melengkapi hidangan Usaha Warung Kopi sederhana tentunya tidak hanya sekedar jenis minuman saja, namun menyediakan beberapa jenis makanan ringan (cemilan) juga bisa menjadi penambah penghasilan dalam Usaha Warung Kopi. Selain itu, pengunjung juga pasti tidak akan lega jika di usaha Warung Kopi kamu tidak ada pilihan lain meskipun hanya cemilan kacang goreng atau jajanan murah lainnya.

Jika kamu belum memiliki pelanggan atau konsumen yang tetap, jangan sekali kali menyediakan menu yang terlalu beresiko seperti membuat jajanan gorengan yang mana tidak akan bisa digunakan untuk besok jika hari ini tidak laku. Sediakan saja makanan ringan kering yang tahan dan tidak mudah basi.

Bagaimana, apakah konsep Usaha Warung Kopi sederhana ini layak untuk dibidik untuk peluang bisnis rumahan yang menjanjikan? Setidaknya kita bisa belajar dari para pengusaha Warung Kopi yang sudah banyak berhasil mencapai kesuksesan hanya dengan membuka Usaha Warung Kopi.

Terimakasih sudah berkunjung diartikel kami, itulah pembahasan tentang Usaha Warung Kopi. Semoga bermanfaat!