Usaha kue rumahan yang perlu diketahui bagi pemula. Dalam usaha ini ada 2 macam yaitu kue kering dan kue basah. Kue kering merupakan kue yang cara pembuatannya dengan dioven atau di goreng. Sedangkan kue basah cara pembuatnnya dengan di kukus.

Beberapa macam kue kering yang bisa kita sajikan untuk hidangan cemilan keluarga. Banyak menyukai kue jenis ini dikarenakan daya tahan nya yang lebih lama daripada kue basah.

Rasanya yang renyah, pas sekali untuk teman di saat santai, acara lebaran, suguhan tamu dan yang lainnya. Pada umumnya memang lebih praktis membeli dari pada membuat.

Berbicara mengenai usaha kue rumahan, Sudah sangat familiar di kalangan rumah. Banyak kisah sukses dari para pengusaha kue rumahan, yang akhirnya malah membuka pabrik kue sendiri.

Kegiatan ini menjanjikan apabila memiliki banyak peminta. Bisnis kuliner seolah menjelma menjadi peluang usaha yang tidak akan pernah mati, seiring dengan pemenuhan kebutuhan pokok manusia.

Kue merupakan makanan yang hampir selalu ada pada saat perayaan-perayaan tertentu. Jika Anda seseorang yang mempunyai bakat dan hobi membuat kue. Tidak ada salahnya untuk menjadikan hobi tersebut sebagai peluang usaha bagi Anda.

Pada saat ini sudah mulai banyak pelaku usaha penjualan kue rumahan. Hal tersebut tentu akan memudahkan konsumen karena terdapat banyaknya pilihan. Namun akan menjadi tantangan bagi Anda yang akan memulai bisnis ini.

Agar bisnis kue rumahan Anda dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk bisnis Anda. Mulai dari pasca produksi, produksi, dan pra produksi.

   1. Pengetahuan dan Keahlian

Sebelum memulai usaha kue rumahan harus mempunyai pengetahuan dan keahlian dalam mengolah bahan-bahan hingga menjadi kue yang lezat. Karena keahlian ini sangat penting agar banyak konsumen yang tertarik dengan usaha Anda.

Persiapkan diri Anda dengan mempelajari berbagai seluk beluk mengenai pembuatan kue. Belajarlah dengan orang yang sudah ahli atau belajar sendiri (otodidaak).

Jika sekiranya Anda sudah mahir dan memiliki keyakinan yang mantap barulah dapat memulai usaha kue rumahan Anda.

   2. Mempersiapkan Dapur Produksi

Setelah menguasai program keahlian. Langkah selanjutnya yaitu mengenai masalah tempat produksi Anda.

Dalam usaha kue rumahan ini, pemilihan tempat yang strategis yaitu dari rumah anda sendiri. Karena anda tidak perlu memindah-mindah barang untuk produksi usaha anda.

Biasanya dapur rumah memiliki ukuran yang tidak terlalu besar tetapi kebersihannya selalu terjaga jika dibandingkan dengan dapur produksi dalam skala besar.

Anda harus bisa mempertimbangkan kondisi dapur Anda apabila ingin memproduksi kue dalam jumlah yang besar.

   3. Selalu Perhitungkan Harga Bahan

Penting bagi para pelaku usaha untuk selalu memperhitungkan harga bahan-bahan produksinya. Begitu juga pada usaha kue rumahan, bahan-bahan pembuatan kue biasanya terdiri dari berbagai macam komponen.

Perhitungan yang tepat tentunya akan semakin menekan biaya produksi Anda yang dapat terhindar dari kerugian.

    4. Bidik Pasar yang Tepat

Temukan dan bidik pasar yang paling tepat untuk bisnis yang akan dijalankan. Harus benar-benar yakin bahwa bisnis tersebut akan berkembang dengan baik.

Artinya, Anda harus pintar dalam melihat peluang dan berbagai risiko di pasar yang akan dimasuki nantinya. Jangan memilih pasar yang peluangnya kecil. Karena itu akan merugikan bagi usaha anda.

Pasar yang menjanjikan adalah pasar yang masih memiliki kemungkinan untuk selalu berkembang dan memiliki tingkat persaingan yang minim. Jadi, pastikan Anda menemukan pasar yang seperti itu.

   5. Pasarkan dengan Cerdas

Harus cerdas ilmu yang dimiliki seorang pebisnis, karena jika Anda pintar dalam pemasaran itu akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Hal ini mungkin akan terasa berbeda. Terlebih jika Anda baru pemula dalam merintis usaha kue. Jangan segan-segan dalam mempromosikan di pasar. Karena itu akan membuat usaha anda tidak dikenal di pasar.

Melakukan pemasaran jangan yang biasa-biasa saja, tampilkan hal yang beda dari usaha yang lainnya. Mungkin saja jenis pemasaran yang sudah biasa akan membuat pelanggan merasa bosan.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa langkah pemasaran yang umum dan sering dilakukan para pebisnis dalam meraih angka penjualan, antara lain:

  • Penawaran secara langsung kepada konsumen. Memperkenalkan produk dengan tetangga di dekat tempat tinggal, rekan kerja di kantor, keluarga, dan teman-teman dekat lainnya.
  • Melakukan penawaran dan kerja sama dengan berbagai perusahaan yang dapat menjual produk dan memperluas pasar penjualan. Misalnya, kerja sama dengan toko-toko roti dan kue, supermarket, katering, pembuat parsel, atau agen pemasaran kue.
   6. Pilih Nama dan Promosikan dengan Tepat

Pemilihan nama yang tepat akan berpengaruh pada kesuksesan bisnis kue Anda. Hal itu akan menambah keuntungan usaha kue anda. Jangan memilih dan menggunakan nama yang terlalu pasaran.

Karena akan membuat produk sulit dikenal dan terlihat cenderung sama dengan produk sejenis lainnya. Para konsumen juga akan merasa bosan karena mereka pikir usaha itu akan sama saja dengan yang lainnya.

Hindari memilih nama yang aneh dan sulit untuk diucapkan. Sebab nama yang sulit justru  akan membuat orang tidak akrab dengan produk yang Anda tawarkan. Gunakanlah nama yang unik, mudah diingat dan ditanggapi banyak orang.

Berbagai upaya promosi juga perlu dilakukan untuk menambah angka penjualan, terutama saat baru merintis produk ke pasaran.

Lakukan beberapa kegiatan seperti membagikan brosur berisi produk, melakukan promosi lewat internet, atau membuat iklan di berbagai media yang mudah ditemukan para konsumen.

   7. Selalu Berinovasi

Inovasi adalah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Meskipun bisnis tersebut telah berjalan dengan sangat baik dan lancar, bukan berarti Anda berhenti untuk berinovasi.

Inovasi sangatlah penting dalam bidang usaha. Sebuah inovasi akan menambah banyaknya pelanggan. Karena merupakan pengembangan dari produksi usaha Anda. Dan jika bisnis anda tidak adanya inovasi itu akan memperburuk usaha anda bahkan bisa bangkrut.

Selalu lahirkan inovasi produk yang membuat pasar tetap bergairah dan setia dengan kue buatan Anda. Ingat, dunia bisnis penuh persaingan dan yang berbisnis kue bukan hanya Anda seorang.

   8. Memuaskan Konsumen

Pembeli adalah raja. Jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen. Tanyakan tentang testimoni mengenai produk usaha anda, ataupun  menginfomasikan produk yang baru Anda keluarkan, dan promo yang sedang berjalan.

Nah, itulah cara-cara pebisnis usaha makanan yang harus Anda lakukan jika ingin melakukan sebuah usaha makanan. Jika Anda sudah mempelajarinya selanjutnya anda harus tau cara memasak kue itu.

Kali ini saya akan menambahkan beberapa jenis resep makanan rumahan, yang sekiranya sesuai bagi orang yang ingin membuka usaha makanan rumahan.

1. Kue Semprit Mawar.

Bahan membuat kue semprit mawar.
  • Tepung terigu : 350 gram
  • Telur ayam : 2 buah ( ambil kuning telur saja )
  • Susu bubuk ( krim ) : sekitar 25 gram
  • Gula halus : kira kira 200 gram ( 1 gelas )
  • Tepung jagung ( maizena ) : 25 gram ( sesuaikan )
  • Margarin : sekitar 300 gram
  • Vanili : secukupnya ( sedikit )
  • Garam : 1/4 sendok teh
Cara Buat Kue Semprit Susu Bentuk Mawar
  1. Langkah awal masukkan margarin dan gula halus dalam wadah.
  2. Lantas aduk dengan blender putaran sedang hingga merata.
  3. Kemudian masukkan 2 butir kuning telur dan juga vanili, lantas aduk kembali hingga tercampur rata.
  4. Berikutnya masukkan tepung terigu, tepung maizena dan juga susu bubuk sedikit demi sedikit, mix sampai tercampur rata.
  5. Sampai disini adonan kue semprit sudah jadi.
  6. Lalu masukkan adonan kedalam plastik segitiga yang ujungnya telah diberi spuit Cetak dan masukkan dalam loyang yang sebelumnya telah di olesi dengan mentega dan taburan tepung terigu secara tipis.
  7. Tekan sedikit adonan dan akan keluar dengan bentuk seperti model kepala spuit dan langsung letakkan di atas loyang Biar bentuknya cantik bisa di tambahkan chocochips di bagian tengahnya.
  8. Terakhir masukkan dalam oven sekitar 20 menit.

2. Kue Serabi

Bahan untuk 10 porsi

  • 100 gram Tepung Terigu
  • 50 gram Tepung beras
  • 1 biji telur
  • 1/2 sdt garam
  • 20 gram gula pasir
  • 1/2 sdm fermipan
  • Air secukupnya
  • 1/2 sdt baking powder

Bahan kuah

  • 100 gram gula merah
  • 300 ml air
  • 1 bungkus santan kara

Langkah pembuatan

  1. Campurkan semua bahan serabi, aduk merata sampai tidak ada adonan yang menggumpal, diamkan adonan selama 30menit.
  2. Siapkan teplon atau cetakan serabi.
  3. Panaskan teplon lalu masukan 1 sendok sayur adonan kedalam cetakan atau teplon.
  4. Masak hingga warna bawah adonan menjadi kecoklatan.
  5. Untuk Kuah campurkan semua bahan kuah lalu masak hingga mendidih.
  6. Serabi siap dihidangkan.

3. kue Pukis

Bahan-Bahan

  • 500 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 3 butir telur ayam
  • 600 cc santan kelapa
  • 1 sdt fermipan
  • 50 cc air hangat
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • 100 gram margarin, lelehkan

Cara Membuat

  1. Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi sampai putih mengembang.
  2. Turunkan mixer ke kecepatan rendah lalu masukkan terigu dan santan sedikit demi sedikit.
  3. Masukkan vanili lalu fermipan yang sudah dicampur dengan air hangat, aduk rata.
  4. Diamkan adonan selama 60 menit sampai mengembang.
  5. Panaskan cetak, lalu campur adonan yang sudah mengembang dengan margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam cetakan 3/4 saja, karena adonan nantinya akan mengembang.
  7. Cek pakai lidi apakah sudah empuk, jika tidak lengket berarti sudah matang.
  8. Angkat dan nikmati selagi hangat.

4. Membuat Pastel Kering Isi Abon

Pasti kalian tidak asing dengan kue yang bernama Pastel ini. Kue pastel ini sering digunakan sebagai snack atau jajanan pasar. Tidak hanya laku kue ini juga sangat populer bagi anak-anak, karena isinya yang enak.

Untuk itu saya akan memberikan tutorial cara membuatnya, supaya Anda tidak perlu lagi membelinya.

Bahan:
  • Tepung terigu 300 gram
  • Tepung sagu 1 sdm
  • Telur 1 butir, kocok lepas
  • Margarin 100 gram
  • Garam sdt
  • Abon ayam 200 gram
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
Cara membuat pastel kering isi abon:
  1. Ambil wadah bersih.
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung sagu. Aduk hingga tercampur sempurna.
  3. Tambahkan margarin.
  4. Kemudian masukkan telur dan garam. campurkan sampai merata.
  5. Adonan yang sudah jadi kemudian keluarkan dari wadah.
  6. Giling adonan dengan menggunakan rolling pin.
  7. Adonan yang sudah melebar kemudian cetak dengan menggunakan tutup botol air mineral.
  8. Bagian yang telah dicetak bisa pipihkan lagi atau dibiarkan saja.
  9. Taruh 1 sdm abon pada tiap adonan yang sudah dicetak.
  10. Lipat adonan yang sudah diisi abon, lalu bagian pinggir diplintir kecil-kecil.
  11. Lakukan hal tersebut ke semua adonan.
  12. Siapkan penggorengan dengan api sedang, tuang minyak tunggu sampai panas.
  13. Goreng adonan hingga matang atau berwarna coklat keemasan.
  14. Pastel kering isi abon siap disajikan.

5.Putu Ayu

Kue putu ayu adalah salah satu jenis kue basah yang empuk dan lembut yang berasal dari Jawa Tengah. Yang mempunyai rasa manis dan wangi pandan.

Pada bagian atas kue Putu Ayu ini terdapat parutan kelapa yang menjadikan rasa kue putu ayu menjadi sedikit asin dan bercampur manisnya pandan. Tak heran jika kue ini bisa disebut  kue rumahan.

Bahan-bahan:
  • 200 gram tepung trigu
  • 150 gram gula psir
  • 1/2 sdt Vanili bubuk
  • 1/2 sdt SP
  • 2 butir telur
  • 250 ml santan
  • 1 butir Kelapa parut setengah tua putihnya saja
  • Garam secukupnya
  • Pasta Pandan seuckupnya
Pembuatannya
  1. Kukus kelapa dan garam selama 10menit.
  2. Mixer telur, SP, vanili bubuk, dan gula pasir 10menit dengan kecepatan tinggi sampai putih kaku.
  3. Masukan tepung yang sudah diayak, kocok rata menggunakan spatula dan masukan santan sedikit demi sedikit dan pasta pandan, aduk sampai merata.
  4. Oles tipis cetakan dengan minyak makan lalu masukan kurleb 1sdm, kelapla parut yang sudah dikukus tadi kecetakan lalu tekan2 dan masukan adonan putu.
  5. Kemudian kukus dengan api sedang selama 15menit.
  6. Tutup kukusan menggunakan kain bersih agar air tidak jatuh ke adonan saat dikukus.

6. Putri Salju

Putri Salju merupakan hasil olahan kue kering yang terbuat dari tepung. Kue ini sangat laris jika dipasarkan pada saat Hari Raya.

Sebagai hasil olahan kue kering, kue salju ini juga tidak tahan lama. Berkisar 2-3 bulan. Adapun cara pembuatnnya yang simpel bagi anda yang belum tau. Simak ini.

Bahan-bahan:

  • 350 gram tepung terigu
  • 75 gram gula halus
  • 20 ons kacang mete (panggang haluskan)
  • 2 sdm susu bubuk
  • 100 gram margarin
  • 50 gram butter
  • Gula Halus untuk taburan
Cara Membuat:
  1. Mix gula dan margarin tambahkan butter.
  2. Masukan tepung kacang mete dan susu bubuk hingga membentuk adonan.
  3. Cetak lalu panggang hingga matang, tunggu hingga hangat.
  4. Lumuri dengan gula halus setelah dingin masukan wadah kedap udara.
  5. Bisa untuk dipasarkan.

7. Resep Nastar Rasa Durian

Untuk para penggemar durian, wajib coba kue nastar yang satu ini. Karena kue nastar yang satu ini mempunyai isi yang enak dan lezat yakni selai durian.

Walaupun kue nastar ini berisi selai durian, namun teksturnya masih sama dengan kue nastar pada umumnya. Berikut adalah resep nastar durian yang bisa Anda coba untuk Kue Rumahan.

Bahan Kulit
  • 2 butir kuning telur
  • 200 gram palmia butter
  • 30 gram tepung maizena
  • 270 gram tepung terigu
  • 50 gram gula halus
Bahan Isi
  • 200 gram daging durian yang sudah matang
  • 50 gram gula pasir
  • 50 ml air putih
Cara Membuat
  1. Untuk Kulit = campur semua bahan kulit kemudian aduk terus hingga merata dan jangan sampai ada yang menggumpal. Jika sudah merata masukan adonan tersebut ke dalam almari es selama kurang lebih 30 menit.
  2. Bagian Isi = masukan semua bahan isi ke dalam sebuah penggorengan, aduk hingga semua bahan tercampur merata kemudian nyalakan api. Aduk terus menerus sampai air mengering.
  3. Ambil sedikit adonan kulit dan bentuk bulat-bulat.
  4. Pipihkan adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat kemudian pipihkan.
  5. Jika sudah dipipihkan maka letakan selai durian diatas adonan, kemudian bentuk kembali adonan menjadi bulat-bulat.
  6. Letakan adonan yang sudah diisi selai durian diatas loyang dan diberi jarak antara kue satu dengan kue yang lain.
  7. Masukan loyang tersebut ke dalam oven dan biarkan selama kurang lebih 10 menit.
  8. Kelurakan kue tersebut dari oven dan olesi kue tersebut dengan kuning telur yang sudah dikocok lepas.
  9. Panggang lagi ke dalam oven kemudian tunggu selama 15 menit.

Terima kasih telah mengunjungi artikel kami. Sekian resep-resep yang bisa saya sampaikan.