Pada artikel kali ini berbeda dengan sebelumnya, disini akan dijelaskan tentang cara membuat tela tela singkong yang renyah, gurih dan tentunya disukai banyak orang. Makanan satu ini sudah tidak asing lagi sering kita jumpai dipinggir jalan, ditempat-tempat hiburan. Selain harganya yang murah makanan ini menjadi cemilan favoritnya anak-anak dengan rasa yang gurih dan bumbu yang sedap.

pengertian singkong

singkong

Singkong adalah sejenis buah dari tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah yang memiliki bentuk lonjong sepanjang lengan anak kecil, dagingnya menggelembung di bagian tengah dan mengerucut di kedua sisinya memiliki tekstur daging yang keras. Warna kulit singkong adalah coklat tua atau coklat kehitaman. Singkong tidak memiliki rasa khusus saat masih mentah karena daging buahnya masih sangat keras.

Sebagai bahan masakan, singkong biasa dijadikan sebagai bahan makanan utama dengan cara direbus, digoreng, dipanggang, atau dibakar. Singkong juga dijadikan bahan pendamping di beberapa masakan seperti gorengan, sayur bayam kampung, berbagai jajanan pasar dan aneka masakan lainnya. Singkong juga bisa dijadikan sebagai tepung.

Cara Mengolah Singkong

Singkong merupakan bahan makanan yang cukup awet karena tekstur daging buahnya sangat keras. Singkong tidak memerlukan metode penyimpanan khusus, cukup dibiarkan saja di ruang terbuka bersama dengan kulitnya alias tidak dikupas. Jika anda kesulitan dalam mengolah singkong, anda dapat menggunakan mesin parut singkong untuk menghasilkan singkong yang unggul dan tidak memakan banyak waktu dan tenaga

Biasanya singkong goreng bisa langsung digoreng setelah dibersihkan tetapi sekarang ada cara baru untuk mendapatkan singkong yang empuk super lembut yaitu dengan cara direbus terlebih dahulu sampai matang. Beberapa tips yang mungkin Anda perlukan untuk menghasilkan singkong yang empuk dan lezat.

  1. Jangan meletakkan singkong di dalam kulkas karena akan membuatnya lembab dan mudah berjamur.
  2. Jika Anda ingin membuat singkong rebus, kupas kulitnya, masukkan ke dalam air yang telah mendidih hingga seluruh daging singkong tercelup ke dalam air, biarkan hingga empuk.
  3. Jika ingin dijadikan sebagai campuran sayur bayam kampung, rebus singkong terlebih dahulu sampai empuk, lalu masukkan ke dalam sayur bayam yang masih direbus bersama bumbu kaldu.
  4. Untuk menyimpan singkong yang sudah direbus, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari es di dalam wadah tertutup.

Cara Membuat Tela Tela Singkong

cara membuat tela tela singkong

Tela tela merupakan makanan yang terbuat dari singkong, ubi dan lain sebagainya dan kita dapat membuat nya di rumah. Hanya bermodal kan dengan singkong, ubi, bumbu pedas atau bumbu lainnya dan bahan lainnya kita dapat menikmati nya dirumah. Kita dapat juga menjadikan tela tela ini menjadi sumber penghasilan. Karena tela tela ini makanan kecil yang tidak membosankan apa salahnya kalau dicoba untuk menjual nya. Penasaran dengan cara membuatnya, mari kita simak artikel berikut.

Bahan dan Bumbu

  • 1 kg singkong , kupas bersihkan
  • Bumbu rasa sesuai selera
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt garam tepung tapioka
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Tela Tela Singkong

  1. Kukus singkong hingga empuk -+20menit , angkat sisihkan.
  2. Potong singkong memanjang (lebar 1cm panjang 6cm).
  3. Panaskan minyak , goreng singkong yang sudah di potong hingga berwarna kecoklatan , tiriskan.
  4. Masukan singkong kedalam toples yang sudah berisi bumbu , kocok toples hingga bumbu merata.
  5. Sajikan tela tela singkong gurih.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa singkong jauh lebih banyak kandungan karbohidratnya dibandingkan dengan nasi sebagai menu utama makanan orang Indonesia.

Selain itu singkong juga mengandung protein, lemak, mineral vitamin B, vitamin K, serat dan merupakan bahan makanan dengan kandungan kalori yang sangat tinggi. Kandungan kalori yang tinggi di dalam singkong membuat singkong lebih lama saat dicerna oleh tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah lapar. Bagi Anda yang sedang diet, singkong sangat dianjurkan. Berikut manfaat singkong bagi kesehatan.

1. Menurunkan Berat Badan

Singkong sangat penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Singkong mengandung serat yang tinggi dan akan membuat Anda mudah kenyang dalam jangka waku yang lebih lama ketimbang memakan roti dan nasi.

Selain dapat menurunkan berat badan, singkong juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Serat dalam singkong juga tidak larut dalam air, sehingga membantu penyerapan racun yang masuk ke dalam usus Anda dan mengeluarkannya sebagai tinja.

2. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Kulit singkong dapat digunakan sebagai exfoliator kulit. Anda bisa memisahkan kulitnya, kemudian membuat masker atau scrub. Oleskan wajah dengan baik selama beberapa menit dan basuh dengan air dingin. Lakukan cara ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. Singkong juga dapat melembapkan kulit dan membuatnya semakin halus. Namun sebelum itu, Anda perlu mencuci kulitnya dengan bersih.

3. Menyehatkan Rambut

Masalah kecantikan yang banyak dialami adalah kesehatan rambut. Tetapi, Anda bisa mengatasinya dengan singkong. Anda bisa memarut singkong dan dicampur kuitnya untuk dijadikan masker rambut secara rutin dua kali dalam seminggu. Cara ini berfungsi untuk menjaga kekuatan rambut dan mencegah rambut rontok.

4. Membantu Mengobati Rematik

Rematik adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan otot dan sendi. Anda bisa mengonsumsi singkong rebus ataupun daunnya yang kaya akan magnesium. Cara ini dipercaya efektif karena singkong memasok lebih dari sepertiga kebutuhan magnesium harian Anda.

5. Meningkatkan Energi Tubuh

Singkong rebus mengandung karbohidrat tinggi untuk meningkatkan energi. Selain itu, singkong akan meningkatkan kinerja otak karena mengandung 80 persen karbohidrat.

Di sisi lain, beberapa penelitian juga menyatakan singkong sangat penting untuk menyeimbangkan sistem saraf. Sehingga singkong dapat melawan stres, kecemasan atau depresi.

6. Mencegah Anemia

Singkong mampu menceggah anemia, karena didalam singkong terkandung mineral besi yang dapat membantu tubuh untuk membentuk dua protein penting Hemoglobin dan Mioglobin yang bertugas untuk membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Selain itu mengkonsumsi daun singkang dan akar singkong juga dapat membatu tubuh dari kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia dan membantu proses pembaharuan sel-sel darah merah.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain untuk mencegah Anemis manfaat singkong lainya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Singkong atau ketela pohon memang mengandung banyak kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat. Selain itu vitamin K pada daun singkong juga memiliki peranan potensial dalam membangun susunan tulang dan mencegah hilangnya Kalsium.

8. Menurunkan Kolestrol Darah

Ubi kayu memang mengandung banyak serat dan serat tersebut membuat proses penyerapan gula ke dalam aliran darah lebih lambat. Jadi bagi penderita diabetes mengkonsumsi singkong tidak perlu khawatir jika gula dalam darah anda akan terus naik. Selain mengkonsumsi singkong bagi penderita diabetes juga sangat disarankan untuk rutin melakukan olahraga agar gula darah anda tetap terkendali dan terkontrol.

9. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Menjaga jantung tetap sehat menjadi salah satu keutamaan setiap orang, pasalnya jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Nah agar jantung tetap sehat kalian bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dengan cara rutin melakukan olahraga serta makan-makanan yang bergizi dan berserat tinggi. Salah satu makan yang dapat menjaga jantung tetap sehat adalah singkong atau ketela pohon. Singkong memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat mengontrol kadar kolesterol sehingga kalian akan terhindar dari berbagai penyakit.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti halnya manfaat madu murni, singkong ternyata juga mampy meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikerenakan serat singkong terutama pada daunya dapat mendorong pertumbuhan probiotik atau bakteri baik didalam usus dan probiotik itu sendiri juga dikenal sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sementara itu pertumbuhan bakteri baik didalam usus manusia dapat meningkatkan kekebalan dengan membatasi jumplah mikroorganisme patogen dalam tubuh.

 

Peluang usaha tela tela singkong ini dapat anda jalankan, agar menjadi bisnis yang menguntungkan dengan modal yang tidak begitu besar. Bahkan bisa menjadi bisnis yang terpopuler. Demikianlah artikel tentang cara membuat tela tela singkong yang wajib anda coba dirumah bersama keluarga. Selamat mencoba semoga bermanfaat!!!