Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan manfaat coconut oil untuk wajah. Namun, sebelum itu, tahukah kamu apa perbedaan antara coconut oil ( minyak kelapa ) dan virgin coconut oil ( minyak kelapa murni )? penasaran ?. Simak disini.

Perbedaan Coconut Oil dan Virgin Coconut Oil

Perbedaan Coconut Oil dengan Virgin Coconut Oil

Buah kelapa merupakan salah satu buah penghasil minyak nabati yang memiliki keunggulan tersendiri. Ada dua jenis minyak yang dihasilkan oleh buah kelapa ini yaitu, minyak kelapa biasa ( Coconut Cooking Oil ) dan Virgin Coconut Oil ( VCO ).

Minyak kelapa biasa dengan VCO dapat dilihat dari perbedaan proses pengekstrasian. Selain itu, minyak kelapa biasa dihasilkan dari bagian daging kelapa yang kemudian dikeringkan atau disebut dengan kopra.

Kemudian, tahap selanjutnya adalah digiling atau komprasi dingin dengan penambahan bahan kimia, seperti bahan pelembap sebanyak 6%.

Untuk VCO sendiri, proses pengekstrasian dihasilkan murni dari santan kelapa yang masih segar.

Selain itu, untuk menghasilkan vco sendiri ada beberapa tahapan yang pertama yaitu fermentasi, kemudian churning atau proses pemisahan secara sentrifugal antara santan dan lapisan minyak, lalu pendinginan dan pemberian aksi enzim untuk memisahkan antara minyak dengan air atau santan yang lembap .

Minyak kelapa dan vco memang secara umum tidak bisa dibedakan secara kasat mata. Akan tetapi, perbedaan dapat dilihat dari partikel dan koloid maupun tingkat kelembapan.

Apabila dilihat secara cermat dan jeli, VCO terlihat jernih sedangkan minyak kelapa terdapat endapan asam lemak biasa. Kemudian dari segi aroma, VCO lebih beraroma segar dan terasa seperti menghirup air kelapa segar murni.

Sekarang, baik VCO maupun minyak kelapa diindonesia saat ini sangat mudah didapatkan baik itu di pasar swalayan maupun di internet.

Manfaat Coconut Oil Untuk Wajah

  • Coconut Oil mampu menghidrasi kulit dan mencerahkan warna kulit yang tidak rata serta menyamarkan luka akibat bekas jerawat atau noda hitam pada wajah.
  • Coconut Oil mengandung fatty acid seperti lauric acid, caprylic acid dan capric acid yang berfungsi sebagai anti anti bakteri dan anti jamur sehingga mampu menaikkan imun kulit terhadap bakteri dan jamur yang menjadi penyebab utama jerawat dan iritasi.
  • Kandungan anti inflamasi dalam coconut oil mampu meredam iritasi dan mempercepat proses penyembuhan kulit yang luka.
  • Kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi dalam coconut oil mampu membantu sel kulit beregenerasi sehingga akan muncul sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah.

Cara Menggunakan Coconut Oil Untuk Mencerahkan Wajah

  • Coconut Oil

Dengan menggunakan coconut oil saja dan tanpa menggunakan tambahan bahan-bahan lain juga ampuh untuk mencerahkan kulit wajah. Cara menggunakannya :

  1. Tuangkan cold pressed coconut oil secukupnya pada telapak tangan.
  2. Gunakan pada area kulit yang warnanya tidak rata pada malam hari sebelum tidur.
  3. Kemudian, pijat-pijat secara lembut pada wajah selama beberapa menit supaya minyak dapat terserap dengan cepat.
  4. Lalu, diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya menggunakan air hangat.
  5. Lakukan perawatan ini setiap hari hingga kamu merasa kulit mu sudah cukup cerah.
  • Coconut Oil dan Lemon

Dengan mencampur beberapa tetes perasan jeruk lemon pada coconut oil bisa mempercepat daya kerja coconut oil dan membuatnya lebih efektif untuk mencerahkan kulit. Cara menggunakannya :

  1. Tambahkan beberapa tetes perasan jeruk lemon dengan 2 sdm coconut oil.
  2. Kemudian, aduk hingga merata dan aplikasikan campuran ini pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
  3. Lalu, diamkan selama semalam dan bilas keesokan harinya menggunakan air hangat.
  4. Lakukan perawatan ini setiap hari hingga kamu merasa kulitmu sudah cukup cerah.

Manfaat Coconut Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Coconut Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain manfaat coconut oil untuk wajah ternyata coconut oil ini bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat coconut oil untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Membantu Mencegah dan Mempercepat Pengobatan Penyakit Kanker

Kandungan asam lemak rantai sedang ( MCT ) merupakan salah satu sifat yang paling menguntungkan dari minyak kelapa.

Selain itu, MCT tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati, tetapi juga lebih mudah diserap oleh metabolisme. Yang artinya, asam lemak sehat ini dapat diolah lebih lanjut menjadi keton.

Biasanya, sel tumor membutuhkan energi dari glukosa untuk dapat berkembang biak dan bertahan hidup dalam tubuh.

Selain itu, saat dilakukan dengan pola diet rendah karbohidrat tubuh jadi memiliki simpanan energi yang lebih banyak dari keton dan bukannya glukosa. Akibatnya, sel tumor tidak dapat mengakses sumber makanan utamanya.

Maka dari itu, keton dapat bertindak sebagai penghalang pertumbuhan tumor.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika minyak kelapa disuntikkan ke sel-sel kanker adenokarsinoma dalam usus besar, maka keton benar-benar mampu mengahambat pertumbuhan sel kanker tanpa memengaruhi se-sel usus normal.

  • Membantu Memerangi Peradangan

Ternyata minyak kelapa ini juga diperkaya oleh antioksidan penangkal radikal bebas, sebagai salah satu penyebab peradangan.

Dalam sebuah studi yang diadakan di india melaporkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak kelapa berperan sebagai agen antiinflamasi untuk memerangi gejala infeksi dan peradangan dalam tubuh, contohnya pada kasus arthritis, pankreatitis, dan batu empedu.

  • Membantu Menstabilkan Gula Darah

Makan dengan menu yang diperkaya dengan kandungan MCT ( 65% dapat anda peroleh dari minyak kelapa ) telah terbukti meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi penumpukan lemak tubuh.

Kandungan MCT juga dilaporkan dapat memelihara aksi dan resistensi insulin, walaupun sejauh ini baru dibuktikan lewat percobaan tikus lab. Selain itu, minyak kelapa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

  • Membantu Mencegah Penyakit Gusi dan Karies Gigi

Sebenarnya berkumur dengan menggunakan minyak kelapa telah digunakan turun temurun sebagai salah satu metode alami untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi. Seperti mencegah kebusukan gigi dan gusi berdarah.

Beberapa penelitian melaporkan, rutin berkumur dengan minyak kelapa dapat secara efektif mengikis lapisan plak gigi dan sekaligus juga mencegah pembentukan plak baru yang menyebabkan gingivitis dan infesi gusi.

  • Membantu Membakar Lemak Perut

Manfaat lain selain membantu memerangi gangguan otak dan memori, dengan konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung di dalam minyak kelapa telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan asam lemak yang lainnya.

Sehingga dengan kata lain tubuh dapat dengan mudah mengubah lemak yang dimanfaatkan menjadi energi.

Bahkan, jenis minyak ini efektif memangkas lemak perut yang merupakan tumpukan lemak paling berbahaya dari semua jenis lemak tubuh dan sangat terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Sehingga keton, yang merupakan salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

Sebenarnya metode seperti ini sangat penting bagi orang yang sedang menjalani diet, pada dasarnya minyak kelapa berpotensi membantu proses penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi secara rutin dan teratur dalam jangka waktu yang panjang.

  • Membantu Menekan Resiko Penyakit Jantung

Salah satu kandungan minyak kelapa yaitu minyak kelapa mengandung lemak jenuh sehat yang dapat meningkatkan kolestrol “baik” ( HDL ) dalam tubuh.

Selain meningkatkan kolestrol baik, kandungan ini mampu membantu mengubah kolestrol “jahat” ( LDL ) menjadi bentuk yang lebih jinak.

Selain itu, minyak ini juga dapat meningkatkan faktor resiko lain dan karena itu melindungi mampu melindungi terhadap penyakit jantung.

  • Membantu Menurunkan Panas

Bahkan manfaat minyak kelapa mampu menurunkan panas pada anak. Caranya hanya dengan mencampurkan dengan bawang merah, lalu remas-remas kemudan balurkan keseluruh badan. Maka dengan demikian, panas yang ditimbulkan oleh demam biasa pasti akan segera turun.

  • Membantu Meningkatkan Energi

Asam laurat yang terkandung didalam minyak kelapa termasuk dalam jenis lemak rantai sedang yang sangat melimpah di dalam minyak kelapa dan kandungan ini sangat bermanfaat sebagai sumber energi instan untuk tubuh.

Kemudian, lemak ini dikirim langsung oleh tubuh ke organ dalam untuk diproses lebih lanjut menjadi energi.

  • Membantu Mencegah Iritasi

Manfaat minyak kelapa juga sangat ampuh untuk mencegah iritasi pada kulit atau lebih tepatnya untuk bayi, terkadang lipatan pada bayi akan sering terjadi iritasi . Caranya cukup mengoleskannya pada kulit yang membutuhkan.

  • Membantu Melegakan Hidung Pada Saat Flu

Jika anda terserang flu maka anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk melegakan hidung mampet akibat terserang flu. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada batang hidug.

Antivirus yang terdapat pada minyak kelapa akan mampu melawan pilek, sehingga akan membuat anda bisa bernafas dengan lega.

  • Membantu Meredakan Sakit Tenggorokan

Caranya campur beberapa tetes minyak kelapa pada air panas atau bisa juga menggunakan teh. Apabila cara tersebut anda lakukan secara rutin dan teratur, maka sakit tenggorokan yang anda alami akan segera mereda.

  • Membantu Meredakan Sakit Kepala

Apabila anda merupakan tipe orang yang susah minum obat, maka anda bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk meredakan sakit kepala.

Carannya adalah coba anda pastikan terlebih dahulu dimana yang sakit, kemudian balurkan minyak kelapa yang sudah dicampur dengan parutan jahe di daerah yang sakit. Dengan melakukan cara ini maka sakit kepala pasti akan segera hilang.

  • Sebagai Scrub Alami

Manfaat minyak kelapa bisa membantu mengangkat sel kulit mati, dan membuat wajah kamu tampak lebih cerah dan lembut.

Selain itu, cara menggunakannya pun sangat mudah kamu hanya perlu menambahkan bubuk kopi kedalam minyak kelapa. Kemudian kamu bisa menggunakannya seperti kamu menggunakan scrub pada umumnya.

  • Membantu Menghilangkan Noda Hitam

Di dalam minyak kelapa terdapat vitamin E yang mampu menyamarkan noda bekas jerawat, noda bekas luka, hingga tanda penuaan dini.

Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa diatas noda hitam di wajah atau didaerah kulit kamu yang lain secara rutin dan teratur.

Jika kamu menggunakannya secara rutin dan tertur maka noda hitam yang ada di wajah kamu akan menghilang dengan sendirinya.

  • Sebagai Pelembap Alami

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering, maka kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pelembap alami. Cara memakainnya pun sangat mudah, kamu cukup oleskan minyak kelapa keseluruh permukaan kulit kamu sembari dipijat-pijat.

Dengan cara dipijat selain membuat tubuh kamu sedikit rileks, dengan pijatan ini mampu membantu minyak kelapa menyerap ke kulit kamu secara maksimal.

Dan jangan lupa pastikan minyak kelapa sudah benar-benar kering dan meresap kedalam kulit kamu sebelum kamu berpakaian, hal ini dilakukan supaya pada saat kamu berpakaian tidak meninggalkan noda bekas minyak yang menempel pada pakaian kamu.

  • Membantu Meremajakan Kulit

Untuk saat ini kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk menghilangkan kerutan yang terdapat disekitar mata lagi. Kamu hanya perlu menggunakan serum yang terbuat dari campuran air mawar dan minyak kelapa.

Apabila kamu menggunakannya secara rutin dan teratur, maka bisa dipastikan kerutan-kerutan yang ada diwajah akan hilang dengan sendirinya, bahkan wajahmu akan terlihat jauh lebih segar dan kenyal.

  • Membantu Mencegah dan Menyembuhkan Iritasi Pada Kulit

Minyak kelapa memiliki salah satu manfaat yang menakjubkan yaitu membantu mencegah dan menyembuhkan iritasi pada kulit. Minyak kelapa kaya akan bahan antiseptik yang mampu melawan jamur dan bakteri jahat bagi kulit.

Apabila kamu menggunakan minyak kelapa secara rutin dan teratur setiap hari, selain mampu melawan jamur dan bakteri jahat bagi kulit minyak kelapa juga mampu membantu proses penyembuhan infeksi pada kulit.

  • Sebagai Penghapus Make Up Alami

Manfaat minyak kelapa selain yang disebutkan diatas, ternyata minyak kelapa mampu mengahapus makeup. Dengan pemakaian yang rutin dan teratur maka bisa dipastikan pori-pori kulit wajah kamu akan terbebas dari makeup yang membandel.

  • Membantu Menyamarkan Bekas Luka

Antioksidan merupakan salah satu kandungan yang terdapat di minyak kelapa yaitu, vitamin E. Selain itu, kandungan ini sangat berguna untuk mengontrol produksi minyak pada kulit dan membantu menyamarkan bekas jerawat atau bekas luka lainnya.

Dan sama seperti antioksidan lainnya, kandungan antioksidan yang terkandung di minyak kelapa dapat membantu melawan radikal bebas.

  • Membantu Mengatasi Masalah Jerawat

Salah satu manfaat coconut oil untuk wajah adalah membantu mengatasi masalah jerawat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam laurat yang terkandung didalam minyak kelapa ini berfungsi sebagai antiseptik dalam melawan bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes.

Cara menggunakannya sangat mudah kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang berjerawat. Jika kamu menggunakan minyak kelapa secara rutin dan teratur maka jerawat yang ada di wajah kamu akan menghilang dnegan sendirinya.

  • Sebagai Pembersih Wajah

Manfaat minyak kelapa bisa kamu gunakan sebagai pembersih untuk wajah. Apalagi dengan harganya yang terjangkau dan tidak menggunakan zat kimia berbahaya sehingga aman digunakan untuk wajah.

Cara penggunaan minyak kelapa untuk wajah terbilang mudah, kamu hanya perlu menuangkan minyak kelapa secukupnya pada telapak tangan lalu usapkan pada wajah dengan gerakan memutar. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih dan keringkan.

  • Membantu Mengatasi Bibir Kering

Manfaat minyak kelapa selain digunakan untuk mengatasi kulit jerawat dan membersihkan wajah, ternyata minyak kelapa bisa digunakan untuk melembapkan kulit, termasuk bibir.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup oleskan minyak kelapa secara perlahan pada bibir untuk menjaganya tetap lembap dan terhidrasi.

Selain itu kamu juga bisa mengangkat kulit kering di bibir dengan cara mencampurkan gula pasir dengan minyak kelapa dan menjadikannya sebagai scrub bibir.

  • Membantu Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Salah satu manfaat minyak kelapa adalah untuk membantu melindungi kulit dari sinar matahari atau yang biasa dikenal dengan sebutan sinar UV ( Ultra Violet ).

Kandungan vitamin E yang terdapat di minyak kelapa berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini dipercaya mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit kamu.

Cara menggunakannya kamu cukup mengoleskannya beberapa saat sebelum beraktivitas diluar ruangan.

  • Membantu Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Selain manfaat minyak kelapa yang sudah disebutkan, manfaat minyak kelapa yang selanjutnya dapat kamu manfaatkan dengan mencampurkan minyak kelapa dengan dua sendok makan madu dan satu sendok makan gula.

Kemudian, aduk hingga merata dan tercampur sempurna, setelah itu oleskan secara lembut menggunakan jari tangan dengan gerakan memutar.

Dengan menggunakan metode ini juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membantu memperhalus tumit pecah-pecah dan area kasar lainnya.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat coconut oil untuk wajah dan kesehatan maupun kecantikan. Artikel yang tak kalah menarik adalah manfaat vco untuk ibu hamil dan kesehatan, tentu akan sangat berguna bagi kita yang ingin mengetahui manfaat dari minyak ini.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.