Kegunaan Minyak VCO Untuk Kecantikan
|

Berikut Manfaat VCO Untuk Kecantikan yang Wajib Kamu Ketahui

Kali ini, saya akan menjelaskan manfaat vco untuk kecantikan. Namun, sebelum itu tahukah kamu apa itu vco ?. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu VCO ?

Apa itu VCO ?

Pernahkah anda mendengar apa itu VCO ?. VCO adalah Virgin Coconut Oil atau yang biasa disebut dengan minyak kelapa murni. VCO merupakan minyak kelapa murni berkualitas tinggi yang bisa diperoleh dari santan kelapa segar.

Kandungan asam lemak, terutama asam laurat memiliki fungsi melembutkan dan melembabkan kulit, serta mempercepat penyembuhan pada kulit.

Virgin Coconut Oil ( VCO ) ini aman digunakan karena tidak menyebabkan iritasi. Belakangan ini VCO sangat populer sebagai salah satu resep cantik alami.

Manfaat VCO baik bagi kesehatan tubuh dan mampu membantu penyembuhan beragam keluhan-keluhan penyakit karena asam laurat yang terdapat didalamnya bersifat anti jamur, antibiotik, dan anti bakteri.

Manfaat VCO Untuk Kecantikan

Manfaat VCO untuk Kecantikan

Kandungan asam laurat yang didalamnya bersifat antibiotik, anti jamur, dan anti bakteri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan membantu proses penyembuhan beragam keluhan-keluhan penyakit.

Minyak kelapa memiliki kadar vitamin dan zat bernutrisi yang sering direkomendasikan untuk perawatan kecantikan. Berikut beberapa manfaat VCO untuk kecantikan.

  • Membantu Melembabkan Wajah

VCO mengandung kadar vitamin E yang tinggi sehingga sangat berguna untuk membantu melembabkan kulit.

Untuk mendapatkan kulit indah tanpa sentuhan bahan kimia yang sering masalah bagi kulit, gunakan VCO sebagai pengganti pelembab kulit komersil yang tersedia dipasar.

Caranya usapkan VCO yang sudah dihangatkan dengan menggosoknya dikedua tangan terlebih dahulu kemudian baru usapkan diwajah. VCO bisa membantu melembabkan kulit tanpa membuat kulit terlalu berminyak.

  • Membantu Melawan Keriput

VCO merupakan salah satu minyak yang paling baik untuk perawatan kulit karena membantu mempertahankan elastisitas kulit.

Kandungan vitamin E dan antioksidan yang terkandung didalam minyak kelapa tak hanya membantu melembabkan kulit namun mampu menghalau kerutan halus sebeleum waktunya.

Cara menggunakannya sama seperti anda menggunakan pelembab pada umumnya. Anda juga bisa meminum minyak VCO ini karena kandungan esensial yang terkandung dalam VCO ini sangat aman untuk dikonsumsi, dan banyak manfaat VCO untuk kecantikan yang lainnya.

  • Sebagai Make Up Remover

Penghapus riasan atau make up remover adalah barang wajib bagi para wanita yang gemar berdandan. Jika make up remover yang tidak cocok untuk wajah akan menimbulkan jerawat atau alergi.

Namun. jika kita menggunakan vco sebagai pengganti make up remover staandar anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Caranya menggunakannya sangat mudah ana hanya perlun menuangkan minyak VCO di telapak tangan anda, kemudian gunakan minyak tersebut untuk memijat wajah dengan gerakan memutar.

Setelah itu, pijat selama kurang lebih lima menit dan bilas dengan air untuk melunturkan make up bahkan yang waterproof sekalipun.

  • Membantu Mengatasi Jerawat

Walaupun VCO kaya akan kandungan pelembab dari minyak esensialnya, namun, salah satu manfaat vco untuk kecantikan yang dikenal adalah membantu mengatasi masalah jerawat.

Apalagi saat ini jerawat bukan hanya masalah bagi remaja yang puber, tetapi juga serung menghantui orang dewasa. Karena, selain faktor hormon, penyebab jerawat bisa disebabkan karena bakteri yang menempel pada kulit.

Inilah mengapa kandungan asam laurat yang bersifat antibakteri di VCO ini bisa membantu mengatasi jerawat. Jika rutin menggunakan VCO tidak hanya mengatasi jerawat akan tetapi mencegah timbulnya jerawat batu.

Cara menggunakannya pakailah VCO pada saat malam hari sebelum tidur dengan mengusapkannya sedikit demi sedikit ke biang jerawat. Tetapi anda jangan khawatir, tekstur VCO yang ringan dan mudah diserap tak akan menimbulkan jerawat baru.

  • Membantu Melenyapkan Mata Panda

Apakah anda bosan dengan kantung mata hitam yang membuat anda terlihat seperti panda? jangan khawatir, karena VCO mampu membantu melenyapkan mata panda yang membuat penampilan wajah anda terlihat kurang segar dan lesu.

Sangat disarankan untuk menghilangkan mata panda menggunakan VCO dalam bentuk cold press. Jika menggunakan VCO cair yang dibuat dengan dimasak terlebih dahulu butuh kurang lebih satu bulan untuk menghilangkan mata panda.

Namun, jika anda menggunakan VCO dalam bentuk cold press anda bisa mendapatkan wajah yang bebas dari mata panda hanya dalam waktu satu minggu. Caranya hanya cukup oleskan VCO dibawah mata secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal.

  • Membantu Menebalkan Bulu Mata dan Alis

Saat ini banyak kaum wanita yang mendambakan memiliki bulu mata dan alis yang tebal. Bahkan, sebagian dari mereka sampai melakukan prosedur kecantikan untuk memiliki bulu mata dan alis yang tebal dan tentunya memerlukan biaya yang mahal.

Tetapi, anda bisa menghemat biaya dengan mencoba menggunakan VCO. Cara menggunakannya cobalah dengan mengoleskan VCO ke alis dan bulu mata sebelum tidur secara rutin dan teratur hingga anda bisa menemui perbedaannya.

Tentu hasil yang didapat tak terlihat secara instan, namun anda juga tak perlu menanggung resiko prosedur kecantikan.

  • Untuk Kecantikan Gigi

Memiliki gigi yang indah tentunya menjadi dambaan setiap orang untuk menunjang kecantikan yang diidamkan. Namun, saat ini banyak yang memakai pasta gigi untuk menggosok gigi.

Tetapi, bila pasta gigi yang digunakan untuk menggosok gigi mengandung deterjen justru akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan gigi. Maka dari itu, cobalah gunakan minyak kelapa murni ( VCO ) yang dicampur dengan soda kue sebagai pengganti pasta gigi.

Jika digunakan secara rutin dan teratur maka anda akan menyadari gigi yang semakin putih dan bersih.

  • Sebagai Pelembap Bibir Alami

Jika anda mengalami bibir yang pecah-pecah dan kering tentunya tak hanya terasa tidak nyaman tetapi juga membuat minder karena menganggu penampilan. Keluhan bibir pecah-pecah biasanya diatasi dengan pelembab bibir yang biasa dijual di pasaran.

Namun, jika anda ingin menghindari bahan kimia yang terkandung dalam pelembab bibir yang biasa dijual dipasaran, maka cobalah menggunakan minyak VCO.

Anda tidak perlu cemas apakah VCO bisa mengatasinya karena sifatnya yang melembabkan merupakan salah satu manfaat dari VCO. Cara menggunakannya cukup usapkan VCO ke bibir sebelum tidur dan pagi harinya anda akan terbangun dengan bibir yang terasa lembut. Dan anda bisa meniriskan minyak menggunakan mesin peniris minyak agar tidak tumpak kemana-mana.

Manfaat VCO Untuk Rambut

Manfaat VCO Untuk Rambut

 

  • Untuk Mengatasi Rambut Beruban

VCO memiliki banyak manfaat dan khasiat salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah rambut beruban. Cara menggunakannya yaitu usapakan VCO di tangan, kemudian usapkan di kulit kepala dan rambut secara merata, lalu pijat secara perlahan.

Setelah itu, diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air bersih lalu gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala anda. Jika anda menggunakannya secara rutin dan teratur maka perlahan-lahan uban akan menghilang dengan sendirinya.

  • Untuk Mengatasi Masalah Ketombe

Jika anda memiliki masalah ketombe, cobalah untuk menggunakan VCO sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah ketombe. Selain itu, VCO memiliki kadar asam laurat yang cukup tinggi dan mudah diserap kulit kepala.

Kandungan asam laurat inilah yang sangat berkhasiat untuk membersihkan rambut hingga akar dan juga membasmi ketombe yang membandel di kulit kepala anda.

Sebenarnya, ketombe tidak mudah dihilangkan dengan shampoo apalagi jika munculnya akibat kesalahan pemakaian produk untuk rambut. Karena itulah, dengan mencoba menggunakan bahan alami seperti VCO maka akan jauh lebih aman.

  • Untuk Membantu Melembutkan Rambut

Jika anda memiliki rambut kering yang sangat menganggu, maka cobalah untuk rutin memijat kepala anda dengan menggunakan VCO. Kandungan dan tekstur yang terkandung didalam VCO memang bersifat melembabkan, jadi tidak membuat rambut menjadi lepek.

Dengan VCO anda tidak perlu lagi membutuhkan kondisioner yang mahal karena dengan VCO masalah rambut kering dapat teratasi.

  • Untuk Mengatasi Rambut Bercabang

Masalah rambut bercabang merupakan masalah yang sering terjadi bagi anda yang sering melakukan perawatan di salon atau menata rambut.

Memiliki hobi meluruskan rambut ataupun mengeriting menggunakan catok, mengganti warna rambut sampai blow dry bisa membuat rambut anda bercabang dan mudah patah.

Untuk mengatasi masalah ini cobalah gunakan VCO di kepala dan ujung rambut untuk mengatasi masalah rambut bercabang.

  • Untuk Kesuburan Rambut

Bagi anda yang memiliki rambut yang tipis dan jarang, maka cobalah untuk menggunakan VCO secara rutin, dikarenakan VCO memiliki khasiat untuk membantu menebalkan rambut.

Selain kulit kepala akan dirangsang pertumbuhannya, kekuatan akar rambut juga akan terjaga. Rambut yang tebal, sehat dan berkilau bisa dicapai dengan rutin menggunakan VCO.

Manfaat VCO Untuk Kesehatan

manfaat vco untuk kesehatan

  • Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada beragam manfaat minyak VCO salah satu manfaat minyak VCO yang perlu anda ketahui adalah peningkatan sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih baik.

Kandungan anti-virus atau yang biasa disebut dengan antibiotik yang terdapat di minyak VCO ini mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika anda berpeluang terinfeksi suatu penyakit, maka dengan mengonsumsi minyak VCO ini maka anda nantinya akan bisa bertahan dan tidak mudah terserang penyakit. Dan anda juga bisa mengetahui pembutatan minyak kelapa yang bagus.

  • Meningkatkan Sistem Kerja Kardiovaskuler

Manfaat lain dari VCO yang bisa anda rasakan adalah dengan adanya peningkatan sistem kerja kardiovaskuler. Dengan adanya kemampuan minyak VCO dalam menstabilkan kadar kolestrol tubuh, sehingga secara tidak langsung akan memengaruhi kesehatan jantung anda.

Minyak VCO yang memiliki pengaruh menurunkan kadar kolestrol ini juga sudah dibuktikan sejak lama oleh kaum polinesia yang berada dikepulauan cook.

Dikatakan bahwa terkait dengan manfaat minyak VCO ini, banyak penduduk polinesia tersebut yang mengonsumsi minyak kelapa ( VCO ), yang mengakibatkan banyak penduduk polinesia yang memiliki kadar kolestrol stabil serta peluang terserang penyakit jantung yang rendah.

  • Membantu Meringankan Gejala Hypothyroidism

Erat kaitannya dengan manfaat minyak VCO ( Virgin Coconut Oil ), disebutkan juga bahwa minyak VCO ini sangat ampuh dalam meringankan gejala hypothyroidism. Atau dalam permasalahan ini sering dikenal dengan sebutan pembesaran kelenjar thyroid.

Tetapi, bagi anda yang ingin mencoba cara ini saat kelenjar thyroid anda mengalami pembengkakan, maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi anda.

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari dampak negatif yang atas pemberhentian obat-obatan yang diberikan dan beralih ke manfaat minyak VCO.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang mengeluhkan permasalahan kegemukan siapa sangka ternyata dapat diatasi dengan mendapatkan manfaat dari VCO itu sendiri.

Dikarenakan, dengan mengonsumsi minyak VCO ini mampu meluruhkan lemak yang ada didalam tubuh sehingga berat badan anda menjadi lebih terjaga.

Dengan adanya kandungan asam medium membuat lemak yang ada didalam tubuh diubah menjadi energi. Sehingga secara tidak langsung hal ini akan membuat tubuh anda menjadi langsing secara bertahap.

  • Membantu Dalam Penyembuhan Luka

Pada saat anda memiliki sebuah luka pada permukaan kulit, masalah ini bisa anda atasi dengan mendapatkan manfaat minyak VCO. Atau dengan kata lain, anda bisa mengoleskan minyak VCO ini pada permukaan tubuh yang mengalami luka.

Maka, lambat laun hal ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam hal ini, ternyata manfaat minyak VCO telah dibuktikan dengan suatu percobaan pada tikus, yang terbukti berhasil dengan daya sembuh yang cepat.

  • Mampu Memberikan Manfaat Luar Biasa Bagi Kulit

Minyak VCO sangat baik untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Cara mendapatkan manfaat ini bisa didapatkan dengan menggantikan lotion dengan menggunakan minyak VCO itu sendiri.

Dengan melalui pemakaian yang rutin dan teratur, maka anda bisa mendapatkan manfaat yang berupa pengurangan pada kulit keriput, membantu mengatasi permasalahan jerawat, hingga permasalahan kulit termasuk didalamnya adalah eczema.

  • Membantu Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan

Selain beberapa manfaat minyak VCO yang disebutkan diatas, ternyata minyak VCO dikatakan bahwa minyak ini sangat baik dalam membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Hal ini telah dibuktikan dengan berkurangnya bakteri jahat dan terganti dengan bakteri yang lebih baik. Bahkan dengan mengonsumsi minyak VCO ini juga akan membantu meringankan permasalahan konstipasi.

  • Membantu Meningkatkan Stamina

Selain manfaat minyak VCO yang disebutkan diatas, disebutkan juga bahwa minyak ini sangat baik untuk membantu meningkatkan stamina, khsusnya bagi para atlet yang akan bertanding.

Maka sangat disarankan untuk mengonsumsi minyak VCO ini sebagai bentuk untuk menjaga stamina anda dari rasa capek yang berlebih.

  • Sangat Baik Untuk Kesehatan Tulang

Dengan mengonsumsi minyak VCO, maka secara tidak langsung kebiasaan anda dalam mengonsumsi minyak VCO memberikan banyak manfaat, salah satunya yaitu sangat baik untuk kesehatan tulang.

Maka dari itu, untuk anda yang mengalami osteoporosis, maka sudah saatnya anda mengonsumsi minyak VCO untuk menjadikan tulang anda tetap dalam kondisi sehat dan kuat.

  • Membantu Menangkal Efek Samping Radikal Bebas

VCO ( Virgin Coconut Oil ) dikenal dengan manfaatnya untuk menangkal dampak negatif dari adanya permasalahan radikal bebas.

Ada beberapa manfaat yang terdapat didalam VCO terkait akan hal ini diantaranya mencegah penuaan dini hingga berbagai gangguan kesehatan yang lainnya, termasuk penyakit kanker.

Dengan demikian, maka sangat disarankan untuk rutin dan teratur mengonsumsi minyak VCO ini setiap hari.

  • Membantu Mengurangi Rasa Gatal Akibat Gigitan Serangga

Mungkin banyak orang yang tidak tahu jika manfaat minyak VCO mampu membantu dalam mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga. Akan tetapi, hal ini benar adanya dan anda bisa membuktikan kehebatan minyak VCO ini sebagai solusi untuk mengurangi rasa gatal.

  • Membantu Menyehatkan Rambut

Ternyata pemakaian minyak VCO yang digunakan pada bagian rambut bisa memberikan manfaat yang luar biasa.

Cara menggunakannya anda hanya perlu mengusapkan beberapa tetes minyak kelapa ke rambut dan permukaan kulitnya, maka anda akan mendapatkan manfaat berupa pertumbuhan rambut yang lebih lebat dan hitam.

Kemudian diamkan selama beberapa menit dan bilas rambut seperti biasa.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat VCO untuk kecantikan dan beberapa manfaat lainnya.

Artikel yang tak kalah menarik yaitu cara membuat vco tanpa pemanasan, tentu sangat berguna bagi kita yang ingin menjalankan bisnis minyak kelapa ini apalagi bagi kita yang telah melihat banyaknya manfaat dari vco ini. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.