Di artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat vco dengan mudah dan sederhana. Namun sebelum itu,apakah anda tahu minyak Virgin Coconut Oil atau yang sering disebut dengan VCO ini?

Apa itu VCO?

Cara Membuat VCO

 

VCO ( Virgin Coconut Oil ) atau yang biasa kita sebut minyak kelapa adalah minyak yang terbuat dari daging kelapa segar.

Secara singkat pembuatannya adalah dengan mengekstrak santan dari daging kelapa, kemudian dilakukan fermentasi menggunakan enzim atau bisa juga dilakukan secara mekanik menggunakan centrifuge.

Dengan melihat prosesnya kita juga bisa membuat VCO sendiri dirumah, selain untuk keperluan pribadi, pembuatan VCO bisa menjadi bisnis dengan potensi pasar yang cukup besar.

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Cara Membuat VCO

Sebenarnya untuk cara membuat VCO ada banyak cara, akan tetapi cara yang akan kita pelajari kali ini adalah cara membuat VCO tanpa pemanasan dengan benar menggunakan mesin pengaduk.

Peralatan dan Bahan Yang Dibutuhkan:

  • 5 butir kelapa yang sudah tua
  • Botol kaca
  • Saringan
  • Tissu warna putih yang tidak ada parfum atau pewanginya
  • Plastik kantong dan karet gelang
  • Corong
  • Kain putih yang biasa digunakan untuk menyaring tahu
  • Wadah transparan berukuran 4,5 liter lebih
  • Mesin pengaduk atau mixer

Cara Membuat VCO

  1. Parut kelapa dan langsung lakukan pemerasan pada kelapa untuk mengeluarkan santannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari bau tengik pada minyak kelapa yang sudah jadi.
  2. Setelah proses pemerasan kemudian santan dimasukkan kedalam kantong plastik dan ikat dengan karet gelang, diamkan santan selama 1- 2 jam hal ini, dilakukan untuk memisahkan antara kanil dan endapan.
  3. Setelah didiamkan akan terbentuk 2 lapisan, bagian atas adalah kanil dan bagian bawah adalah endapan.
  4. Angkat plastik dan lubangi sedikit salah satu sudut bagian bawahnya. Biarkan air terbuang melalui lubang tersebut, kemudian segera tutup lubangnya apabila bagian air sudah habis.
  5. Tuang bagian santan kental ( kanil ) kedalam wadah bertutup kemudian diamkan kira-kira 24 jam.
  6. Setelah didiamkan akan muncul gelembung dipermukaan dan kemudian minyak mulai terpisah.
  7. Akan terbentuk 3 lapisan. Paling atas adalah minyak, dibawahnya adalah ampas ( blondo ), dan paling bawah adalah air. Minyak VCO berwarna bening jernih seperti air.
  8. Siapkan botol bersih yang dibagian atasnya diisi corong berlapis saringan atau tissu tanpa parfum. Sendok minyak secara perlahan lalu tuang ke saringan, biarkan minyak menetes perlahan kedalam botol
  9. Atau bisa juga dengan memasukkan wadah plastik tersebut kedalam kulkas selama 1 – 2 jam sehingga minyak akan membeku. Dengan cara ini minyak lebih mudah dikeluarkan. Ambil minyak bekunya, kemudian taruh pada wadah dan tunggu hingga minyak mencair.
  10. VCO sudah siap digunakan.

Apa Saja Manfaat VCO ?

Apa saja Manfaat VCO ?

Virgin Coconut Oil ( VCO) ini memiliki beragam khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan, VCO atau yang kita kenal dengan minyak kelapa juga menjadi salah satu bahan penting di bidang industri kosmetik dan kecantikan.

Minyak kelapa murni yang diproses tanpa pemanasan biasanya memiliki kadar asam laurat yang cukup tinggi. Asam laurat ini jika masuk kedalam tubuh nantinya akan diproses menjadi monolaurin.

Monolaurin adalah asam lemak jenuh berantai atau biasa dikenal dengan Medium Chain Fatty Acid ( MCFA ). Jenis asam lemak ini lebih mudah diserap didalam usus sehingga mampu lebih cepat menghasilkan energi tanpa dibantu oleh enzim.

Jika kita memakai VCO untuk sehari – hari, selama ini belum ada yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, mengonsumsi VCO ternyata dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain dapat digunakan untuk memasak dan dapat dikonsumsi sehari – hari, VCO ternyata dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Contohnya untuk mengatasi infeksi akibat bakteri, virus, jamur, kuman dan infeksi yang lain.

Bahkan VCO ini juga dapat mengatasi masalah jerawat, untuk menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, dan perawatan kulit lainnya.

Manfaat VCO bagi Tubuh

Manfaat VCO bagi tubuh

    1. Mempertajam Fungsi Kognitif Otak

Salah satu sifat yang paling menguntungkan dari virgin coconut oil adalah kandungan asam lemak rantai sedang (MCT)-nya.

MCT tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati, tetapi juga lebih mudah diserap oleh metabolisme. Asam lemak sehat ini diolah menjadi keton dan dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya. Asupan keton dapat menyediakan hingga 70% dari kebutuhan energi otak, yang didampingi dengan pola diet karbohidrat dan telah terbukti memiliki peluang efek terapi pada orang yang menderita kehilangan memori, hampir sama dengan kasus penyakit  Alzheimer.

Selain itu, senyawa fenolik yang unik dan hormon yang ditemukan dalam VCO mungkin dapat mencegah agregasi peptida beta amiloid, yang merupakan bagian dari teori terkemuka tentang penyebab Alzheimer.

   2. Membunuh Bakteri dan Virus Penyebab Infeksi

Asam laurat yang terkandung dalam Virgin Coconut Oil ( VCO ) hampir 50%. Pada waktu asam laurat dicerna, asam lemak sehat ini akan berubah menjadi zat yang disebut monolaurin. 

Kedua zat dalam VCO ini terbukti mampu membunuh bakteri patogen yang sangat berbahaya ( Staphylococcus Aureus ) dan ragi Candida Albicans, penyebab umum dari berbagai infeksi jamur. Asam laurat juga baik bagi kesehatan jantung dengan cara mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik.

Manfaat virgin coconut oil yang juga sudah terbukti adalah mencegah dan mengobati tukak lambung, gigi berlubang, dan keracunan makanan.

    3. Mengurangi Frekuensi Kejang Anak

Selain kandungan MCT dalam VCO yang dikirim langsung ke hati untuk diproses menjadi keton dan dikirim ke otak sebagai sumber energi utama, jika VCO dikonsumsi rutin dengan diet rendah karbohidrat, pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi darah dari badan keton, yang dapat membantu untuk mengurangi kejadian kejang pada anak yang memiliki epilepsi bahkan pada anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan oleh obat-obatan.

    4. Melancarkan Sistem Pencernaan

VCO membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak, seperti magnesium dan kalsium. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kandungan MCT pada VCO benar-benar bisa mempromosikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya dengan meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme.

    5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kadar asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam VCO, terbukti mampu meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan dengan jenis asam lemak lainnya. Artinya, tubuh mampu mengubah lemak untuk dimanfaatkan menjadi energi. Sebagai salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak / keton, diketahui dapat memiliki efek yang bisa mengurangi nafsu makan.

Selain itu, VCO sangat efektif mengurangi tumpukan lemak paling berbahaya dari semua jenis lemak yaitu lemak perut. mengapa disebut sebagai tumpukan lemak yang sangat berbahaya ?dikarenakan lemak perut sangat terkait dengan berbagai penyakit kronis. Salah satunya dapat menyebabkan penyakit pada jantung, stroke, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kanker. 

Metode seperti ini sangat penting bagi orang yang sedang menjalani program diet, karena pada dasarnya VCO dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah bidang studi menemukan bahwa asupan MCT  sebanyak 15 – 30 gram setiap hari meningkatkan pengeluaran energi hingga 5% dalam 24 jam (sekitar 120 kalori per hari). Dengan demikian, manfaat VCO dapat membantu penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Manfaat VCO Bagi Ibu Hamil

Manfaat VCO bagi ibu hamil

Mengkonsumsi VCO bagi ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui. VCO juga mampu mengembalikan kebugaran ibu secara cepat setelah persalinan.

Bagi ibu yang mengkonsumsi minyak kelapa, asam laurat yang terkandung dalam air susunya meningkat menjadi 21% dan asam kaprat 6% sehingga bisa memberikan perlindungan terhadap virus, bakteri dan protozoa.

VCO mengandung asam laurat yang mampu meningkatkan MCFA pada ibu menyusui sampai tiga kali lipat. Makanan yang mengandung MCFA akan menghasilkan susu yang kaya akan MCFA pada ibu yang menyusui. 

Beberapa manfaat MCFA dalam minyak kelapa murni bagi bayi:

  • Memudahkan bayi menyerap nutrisi yang dibutuhkan
  • Memperbaiki penyerapan vitamin, mineral dan protein yang bisa dilarutkan oleh lemak
  • Meningkatkan absorbsi kalsium yang penting bagi pertumbuhan bayi
  • Melindungi bayi dari mikroorganisme berbahaya 2*
  • Kalau seorang ibu tidak makan makanan yang mengandung MCFA dan tidak makan pada saat menyusui, maka kelenjar susu hanya mampu menghasilkan sekitar 3% asam laurat dan 1% asam kaprat. Anak akan kehilangan nutrisi dan juga perlindungan antimikrobial yang tidak dapat diperoleh bayinya.

Sejak dahulu, tradisi mengkonsumsi minyak kelapa murni atau yang kita kenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO) sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Misalnya ibu yang akan melahirkan dianjurkan mengkonsumsi 1 sendok Virgin Coconut Oil selama 2 hingga 3 bulan menjelang melahirkan agar proses persalinan menjadi lebih mudah dan lancar serta meningkatkan jumlah dan kualitas ASI.

Bagaimana Cara Menggunakan VCO ?

Cara Menggunakan VCO

Tidak hanya soal rasa dan aroma yang khas, VCO mempunyai banyak khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk seluruh tubuh, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Tidak hanya itu, VCO juga cocok untuk menyehatkan tubuh bagian dalam maupun luar. 

Banyak orang yang salah kaprah dalam menggunakan VCO ini. Mayoritas mengira bahwa VCO hanya bisa digunakan sebagai pengganti minyak untuk memasak. Anggapan ini tentu tidak benar karena VCO bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan. Yuk, perkaya pengetahuan anda dalam penggunaan VCO melalui artikel ini!

Cara Menggunakan VCO untuk Mencerahkan Kulit
  1. Tuangkan VCO secukupnya pada telapak tangan.
  2. Aplikasikan pada area kulit wajah anda dan lakukan pada saat malam hari sebelum tidur.
  3. Pijat-pijat secara lembut pada wajah anda selama beberapa menit agar minyaknya dapat terserap dengan baik. 
  4. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya menggunakan air hangat.
  5. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.
Cara Menggunakan VCO untuk Diet

Cara terbaik dalam menggunakan VCO sebagai salah satu program diet anda adalah dengan cara diminum. Dan waktu terbaik dalam meminum VCO adalah 20 menit sebelum makan, kenapa ? karena dapat mengurangi nafsu makan dan membuat anda merasa lebih cepat kenyang. 

Tapi sebelum itu anda harus mencairkan VCO terlebih dahulu, cara mencairkannya cukup mudah anda harus mencampur 1-2 sdm VCO kedalam air panas secukupnya, aduk hingga cair dan langsung diminum.

Berikut panduan untuk menentukan berapa minyak kelapa yang harus anda minum untuk menurunkan berat badan :

  1. Berat badan 40 – 58 kg : 1 sdm minyak kelapa sebelum makan, total 3 sdm perhari.
  2. Untuk berat badan 59 – 81 kg : 1,5 sdm minyak kelapa sebelum makan, total 4,5 sdm perhari.
  3. Dan untuk berat badan lebih dari 81 kg : 2 sdm minyak kelapa sebelum makan, total 6 sdm perhari.
Cara Menggunakan VCO untuk Rambut
  1. Melembabkan rambut, caranya campurkan kurang lebih satu sampai dua sendok makan minyak VCO kedalam shampoo. Kemudian, oleskan pada rambut dan kulit kepala hingga merata.
  2. Mengatasi kerontokan rambut, caranya minyak VCO harus dihangatkan terlebih dahulu kemudian, gunakan 1-2 sendok teh minyak VCO dan oleskan pada rambut dan kulit kepala anda, tutupi rambut anda dengan handuk hangat kemudian diamkan selama kurang lebih setengah jam. Hal ini diperlukan agar minyak VCO dapat dengan cepat meresap kedalam rambut sehingga hasilnya bisa lebih cepat mengatasi masalah rambut anda.
  3. Mengatasi ketombe, caranya tuangkan 2 sdm VCO kedalam mangkuk, oleskan secara merata pada kulit kepala sambil dipijat – pijat, diamkan minimal 1 jam. Kemudian boleh dibilas atau cuci rambut dengan shampoo yang biasa digunakan, atau lakukan menjelang tidur dan bilas pada pagi harinya. Minimal 5x berturut-turut 
Cara Menggunakan VCO untuk Mengatasi Jerawat

Cara pertama :

  • Bersihkan wajah dengan sabun muka dan air hangat terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk bersih.
  • Kemudian, gunakan VCO pada area bekas jerawat dan pijat perlahan selama 7 menit supaya minyak kelapa meresap ke dalam kulit.
  • Diamkan selama semalam dan cuci muka keesokan harinya.

Cara kedua :

  • Campurkan 2 sdm minyak VCO dengan madu murni dan 4 sdm gel aloe vera yang masih segar kedalam mangkuk.
  • Kemudian oleskan pada bekas jerawat secara merata dan diamkan selama kurang lebih 25 menit.
  • Bilas dengan air dingin.

Pastikan kamu mengeringkan wajah dengan lembut dan lakukan proses ini setiap hari atau sebanyak dua kali seminggu.

 Cara ketiga :

  • Peras sebuah lemon dan tambahkan 4 sdm minyak VCO kedalam mangkuk.
  • Aduk hingga teksturnya mengembang dan aplikasikan pada bekas jerawat.
  • Pastikan anda memijat wajah dengan menggunakan csmpuran ini dan diamkan selama semalam.

Kamu dapat menyimpan sisa campuran dalam kulkas dan melakukan cara ini selama dua atau tiga kali dalam seminggu.

Peluang Usaha VCO

Untuk kamu yang ingin menjalankan usaha VCO ini, peluang bisnisnya cukup bagus lho. Selain karena banyaknya permintaan pasar, ada banyak manfaat yang dihasilkan dari VCO ini, Sehingga konsumen akan semakin menyadari bahwa VCO itu sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Selain pasar yang terbuka luas, harga jualnya yang bisa mencapai 2-3 kali lipat dari Harga Pokok Penjualan ( HPP ) modal tentu menjadi usaha yang sangat menggiurkan. Tinggal kita melakukan branding dan mengemas dengan kemasan yang layak dan dijaga kualitasnya.

Kita tinggal bersaing untuk memenuhi permintaan pasar dengan cara memenuhi kuota yang diminta dan produk selalu tersedia. Untuk bisa bersaing tentunya kita harus mempunyai alat yang lebih modern agar didapatkan hasil minyak yang banyak dan prosesnya cepat.

Akan tetapi, jika anda ingin membuka usaha skala rumahan paling tidak anda hanya butuh modal untuk membeli mesin parut kelapa dan kalaupun tidak punya modal untuk membeli mesin pemarut kelapa, usaha anda tetap bisa berjalan. 

Maria Susana Hartanti, pemilik PT Griwangi, memproduksi VCO tanpa mesin parutan. “Saya mengerjakan pembelahan, pemarutan, dan pemerasan kelapa tanpa mesin, supaya hasilnya bisa lebih bagus,” ujar produsen yang menjual 100 liter VCO per bulan ini. Ridwan seorang pengusaha VCO, mampu memproduksi 40.000 -50.000 liter VCO per bulan dengan sistem padat karya alias tanpa mesin. Mereka mengaku tak begitu sulit memasarkan VCO olahannya.

Apa Saja Ancaman dari Bisnis VCO ?

Cara membuat VCO yang sederhana, banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan proyeksi laba yang menggiurkan. Tapi, ingat meski peminatnya semakin banyak, secara keseluruhan VCO belum dikenal luas oleh masyarakat kita.  Selain potensi pasar lokal yang terbatas, belakangan jumlah pemainnya terus bertambah.

Satu lagi, menurut seorang pemain, sebenarnya saat ini di pasar lokal banyak beredar VCO yang standar mutunya tak jelas. Kandungan lauric acid-nya juga jauh di bawah standar internasional yaitu 25%. 

 Padahal, bila kandungan asam lauric-nya di bawah 25%, VCO tidak berkhasiat. Pada akhirnya, bila kondisi ini tak dibenahi, orang-orang akan mulai kecewa dan meragukan khasiat VCO, sehingga harga jualnya akan turun.

Namun, bukan berarti usaha VCO ini keburu tenggelam. Masih ada banyak celah pasar yang masih menganga lebar, yakni pasar ekspor, khususnya pasar ekspor untuk negara malaysia, singapura, taiwan, jepang, dan negara asia lainnya.

Itu tadi postingan tentang cara membuat VCO, manfaat penggunaan VCO, cara pemakaiannya, dan peluang usaha VCO. Semoga bermanfaat.