Mau Bikin Bakpia tapi Belum Tahu Bagaiamana Memulainya? Ikut Pelatihan Membuat Bakpia di Punca Training Solusinya

Pelatihan Bakpia

Pelatihan Bakpia

Bakpia merupakan salah satu makanan khas Jogja yang terkenal sejak dahulu. Bakpia memiliki bulat pipih agak tebal dengan isian kacang hijau yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan gula jawa. Sementara luarnya berupa kulit yang terbuat dari tepung yang lembut.

Seiring dengan perkembangan zaman, variasi rasa dari bakpia sudah mulai bermacam-macam. Yang dahulunya hanya ada rasa kacang hijau atau kumbu hitam, saat ini sudah ada varian rasa lain seperti rasa cokelat, keju, dan buah-buahan. Selain dari varian rasa isiannya, bakpia kini juga hadir dalam bentuk 2 macam, yakni bakpia basah dan bakpia kering.

Karena rasanya yang enak tersebut, membuat bakpia menjadi salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang selalu dicari para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Banyaknya penjualan bakpia tentunya juga berpengaruh pada omzet yang diperoleh. Terlebih ketika musim liburan, omzet yang diraih bisa mencapai jutaan rupiah.

Banyaknya permintaan bakpia di pasaran tentunya menjadi sebuah peluang usaha yang dapat ditangkap oleh masyarakat. Didukung dengan majunya teknologi tentu akan lebih mudah untuk memasarkannya. Akan tetapi, sebelum memulai membuka usaha bakpia ada beberapa hal terlebih dahulu yang harus dipelajari oleh calon pengusaha, seperti apa itu bakpia, bagaimana cara membuatnya, dan bagaimana cara memasarkannya.

Semua hal tersebut bisa dipelajari di sini, di Punca Training kami menyediakan pelatihan bakpia untuk para calon pengusaha ataupun pengusaha yang ingin melebarkan sayapnya. Para peserta akan mempelajari secara langsung bagaimana cara membuat bakpia, bukan hanya teori saja, sehingga akan lebih memudahkan peserta untuk mempelajarinya.

Lalu, siapakah trainer kami? Trainer kami merupakan seorang profesional yang berkecimpung langsung dalam dunia bakpia. Selain expert dalam pembuatan bakpia, trainer kami juga merupakan seorang pengusaha bakpia. Sehingga sepak terjangnya bisa dipercaya.

Materi Pelatihan Pembuatan Bakpia

Materi yang diberikan pada program pelatihan pembuatan bakpia  ini meliputi:

  1. Pengetahuan dasar bakipia
  2. Pengenalan alat dan bahan yang digunakan
  3. Praktek membuat bakpia
  4. Kreasi isian bakpia
  5. Analisis peluang usaha dan pemasarannya

Cara Mendaftar

Peserta yang berminat untuk mengikuti pelatihan bakpia bisa mendaftar dan menghubungi kami di :

Telp/WA         : +62 838 4023 2332

Email               : Puncatraining@gmail.com

Alamat workshop kami di Jalan Parangtritis km 5,6 Sewon Bantul Yogyakarta.

Pengertian Bakpia

Pelatihan Bakpia

Bakpia yaitu makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Kata bakpia sendiri berasal dari dialek Hokkian , yaitu dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging.

Sejarah Bakpia

Setelah masuk ke Indonesia, khususnya Yogyakarta, kue ini kemudian mengalami adaptasi dan penyesuaian, baik nama, bentuk, maupun rasa. Tidak tahu siapa yang pertama kali mempopulerkan namanya menjadi bakpia, yang jelas nama itulah yang selanjutnya dikenal hingga saat ini. Isian daging pun berubah menjadi kacang hijau.

Perjalanan bakpia dari Cina sampai kemudian dikenal dengan makanan khas Yogyakarta pun menyimpan kisah tersendiri. Berawal dari tahun 1948, ketika ada seorang keturunan Tionghoa bernama Goei Gee Oe yang membuat industri rumahan dengan memproduksi bakpia. Bakpia yang dihasilkan setelah itu dipasarkan dengan cara dijajakan ke rumah ke rumah.

Walaupun hanya dikemas secara sederhana, hanya dengan menggunakan besek (wadah makanan dari anyaman bambu), dari tahun ke tahun bakpia semakin diminati oleh masyarakat luas. Pada tahun 1980, mulailah banyak produsen-produsen bakpia yang terpusat di kawasan Pathok. Itulah sebabnya, bakpia yang terkenal sampai saat ini yaitu bakpia pathok.

Cara pengemasan dan pemasaran pun berubah. Bakpia di kemas menggunakan dus yang menarik dan dijual di toko-toko. Merek dagang yang digunakan pun humor, yaitu dengan menggunakan nomor rumah tempat bakpia tersebut diproduksi. Jenis ini tertulis pada kotak kemasan bakpia, sehingga kini dikenal bakpia dengan merek berupa angka, dan bukan nama.

Resep Membuat Bakpia

pelatihan Bakpia

1. Cara Membuat Bakpia Homemade

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 8 sdm tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm margarin
  • 1/4 sdt ragi instan
  • 1 sdm susu bubuk
  • air hangat secukupnya
  • meises secukupnya untuk isian

Cara Membuat Bakpia Yang Sederhana Ala Homemade:

  1. Yang dilakukan pertama yaitu campurlah semua bahan kecuali meises dan aduk menggunakan mixer sampai adonan kalis, bisa juga diaduk menggunakan spatula.
  2. Tutup adonan menggunakan kain serbet dan tunggu mengembang selama kurang lebih 30 menit.
  3. Setelah it,  bagilah adonan jadi bulatan-bulatan kecil berbentuk bakpia seperti pada umumnya.
  4. Isi bakpia dengan meises dan bentuk seperti bakpia.
  5. Langkah selanjutnya, panaskan teflon dengan nyala api kecil.
  6. Masukkan adonan dan tunggu sampai kuning kecoklatan.
  7. Balik-balik bakpia sampai kecoklatan.
  8. Bakpia siap disajikan.

2. Cara Membuat Bakpia Basah

Cara Membuat Isi:

  1. Langkah pertama yaitu membuat isinya terlebih dahulu dengan cara rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan kacang ijo, kalau dirasa sudah cukup matang bisa segera matikan apinya dan biarkan semalaman dalam kondisi panci tertutup. Pada pagi hari selanjutanya rebus kacang ijo sampai empung tanpa mengganti airnya. Setelah itu saring dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya blender kacang ijo sampai halus, kemudian tuang ke dalam wajan yang sudah disiapkan. Masukkan gula merah, gula pasir, vanili, dan garam. Masak sampai kering dan kalis. Kalau sudah bisa segera matikan apinya.
  3. Masukkan minyak goreng, aduk rata, dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin bisa dibagi menjadi 30 bagian dan bentuk bulat.

Cara Membuat kulit:

  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan ke dalam baskom/wadah yang sudah disiapkan, kemudian aduk sampai rata. Masukkan air sambil diuleni sampai rata dan lembab. Kemudian masukkan margarin dan garam, ulen sampai kalis (tidak terasa lengket di tangan).
  2. Diamkan adonan di tempat yang hangat selama kurang lebih 45 menit. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan margarin.
  3. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 30 bagian atau sesuai dengan selera Anda. Beri adonan dengan isi kacang ijo yang sudah dibuat tadi.
  4. Bulatkan dan pipihkan. Letakkan di atas loyang. Jangan lupa untuk mengasih jarak diantaranya karena kue bakpianya akan sedikit mengembang. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit.
  5. Sambil menunggu, sebaiknya panaskan oven dengan suhu 200 derajat Celcius dan panggang adonan bakpianya selama 10 menit.
  6. Keluarkan dari oven dan balikkan kue bakpianya. Panggang lagi selama 5 menit. Kemudian angkat dan dinginkan.

3.Cara Membuat Bakpia Kacang Ijo

Bahan Kulit Bakpia Isi Kacang Hijau 

  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok makan mentega putih
  • 75 ml susu
  • 40 gram tepung gula

Cara Membuat Kulit Bakpia Kering Isi Kacang Hijau

  1. Hal pertama yang dilakukan , siapkan wadah yang hendak digunakan untuk membuat adonan. Kalau tempat sudah siap, masukan semua bahan kulit bakpia yang pertama seperti tepug terigu, mentega putih, tepung gula dan susuk. Aduk merata dan uleni bahan-bahan tersebut sampai kalis. Selanjutnya, sisihkan.
  2. Siapkan kembali wadah. Kemudian masukan bahan kulit II seperti misalkan tepung terigu dan minyak goreng. Aduk merata sampai kalis. Jika sudah, sisihkan.
  3. Gulung adonan I dengan bentuk memanjang, Selanjutnya ,timbang seberat masing-masing 5 gram.
  4. Begitu pula dengan adonan B, lakukan langkah yang sama seperti adonan I. Gulung adonan II dengan bentuk memanjang, timbang juga masing-masing beratnya harus sama yaitu 5 gram.
  5. Setelah masing-masing ditimbang, giling adonan I. Kemudian tambahkan adonan II di atasnya. Giling tipis, lalu gulung.
  6. Diamkan selama sekitar 1 jam sambil ditutup.

Bahan Kulit Bakpia Isi Kacang Hijau II

  • 60 gram minyak goreng
  • 175 gram tepung terigu protein sedang

Cara Membuat Isi Bakpia Kering Isi Kacang Hijau

  1. Siapkan panci yang sudah diisi dengan air. Lalu rebus air sampai mendidih.
  2. Kalau air telah mendidih, masukan kacang hijau yang sudah anda siapkan. Rebus kacang hijau selama kurang lebih 10 menit.
  3. Jika kacang hijau telah empuk dan matang, diamkan hingga dingin.
  4. Siapkan alat untuk mengukus. Kemudian ,kukus kacang hijau selama kurang lebih 30 menit.
  5. Jika sudah, haluskan kacang hijau tersebut.
  6. Tambahkan garam, gula dan santan. Masak campuran tersebut sambil diaduk hingga kering.
  7. Jika sudah seperti itu, angkat dan dinginkan. Lalu timbang masing-masing 10 gram.

Bahan Isi Bakpia Kacang Hijau

  • 100 gram kacang hijau kupas
  • 1/8 sendok teh garam
  • 100 gram gula pasir
  • 50 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa

Cara Membuat Bakpia Kering Isi Kacang Hijau

  1. Giling tipis adonan kulit yang sudah dibuat tadi. Lalu tambahkan bahan isi di tengah-tengahnya. Tutup bakpia, lalu pipihkan dan rapikan.
  2. Siapkan loyang, lalu beri sedikit minyak goreng atau margarin. Simpan adonan yang sudah dibentuk tadi di dalam loyang dengan diberi jarak.
  3. Oven adonan tersebut selama kurang lebih 7 menit dengan suhu 160 derajat Celcius. Jangan lupa untuk membalikannya agar matang merata.
  4. JIka kue telah matang, anda dapat langsung mengangkat dan mendinginkannya terlebih dahulu.
  5. Siapkan piring atau tempat untuk menyajikan, lalu sajikan atau hidangan bakpia di atas piring itu.

4. Cara Membuat Bakpia Isi Keju

Terbukti, bakpia yang asli Yogyakarta tetap lezat saat dipadu dengan keju yang notabene makanan dari Eropa sana. Anda dapat membuat bakpia isi keju dengan resep di bawah ini. Anda bisa mengganti kacang hijau dengan tepung terigu.

Bahan Kulit 1:

  • Tepung terigu potein sedang: 125 gram
  • Gula halus: 40 gram
  • Susu segar: 75 ml
  • Mentega putih: ½ sendok makan

Bahan Kulit 2:

  • Tepung terigu potein sedang: 175 gram
  • Minyak sayur: 65 ml

Bahan Isi:

  • Kacang hijau kupas: 25 gram
  • Keju parut: 100 gram
  • Garam: secukupnya
  • Gula pasir: 100 gram

Cara Membuat Bakpia Keju:

  1. Rendam kacang hijau kupas selama 1 jam, kukus selama 30 menit, kemudian haluskan dan sisihkan.
  2. Campurkan bahan kulit 1 dan 2 masing-masing di wadah terpisah. Uleni hingga kalis.
  3. Bagi kedua adonan tersebut menjadi bagian-bagian kecil dengan berat masing-masing 5 gram.
  4. Giling adonan kulit 1 sampai tipis, Lalu tambahkan adonan kulit 2, giling hingga kedua adonan menyatu.
  5. Simpan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 1 jam.
  6. Siapkan wadah lain, masukkan kacang hijau yang sudah dihaluskan.
  7. Masukkan susu, gula pasir, garam, dan keju parut yang telah dicincang halus, aduk sampai rata.
  8. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.
  9. Ambil kulit bakpia, tambahkan adonan isi di atasnya, Selanjutnya bungkus sampai tertutup rapat dan bentuk sesuai selera.
  10. Tata bakpia di dalam loyang yang telah dioles minyak sayur atau mentega.
  11. Panggang dalam oven bersuhu 160 derajat celcius selama kurang lebih 7 – 8 menit, jangan lupa dibalik.

Itulah ulasan mengenai pelatihan bakpia dan cara membuatnya yang enak dan mudah untuk di praktekkan. Mulai sekarang anda tak perlu bingung untuk menyajikan kue untuk para tamu anda. Banyak sekali varian kue seperti kue brownies, jika anda tidak bisa membuat brownies sendiri anda dapat mengikuti macam macam pelatihan, misalnya pelatihan kue brownies panggang, kue nastar dan kue kue lainnya.