Materi Kursus Membuat Kue Kering

Materi yang diberikan pada program pelatihan kursus membuat kue kering ini meliputi:

  1. Pengetahuan dasar kue kering
  2. Pengenalan alat dan bahan yang digunakan
  3. Praktek membuat kue kering
  • Nastar
  • Kue Putri Salju
  • Kue Kastengel

 

4. Analisis bisnis dan peluang usaha

Cara Mendaftar Kursus Membuat Kue Kering

Peserta yang berminat untuk mengikuti pelatihan kursus membuat kue kering bisa mendaftar dan menghubungi kami di :

Telp/WA : +62 838 4023 2332

Email : Puncatraining@gmail.com

Alamat workshop kami di Jalan Parangtritis km 5,6 Sewon Bantul Yogyakarta.

9752

Setelah tahu apa itu kue jangan lupa untuk menghubungi nomor kontak kursus membuat kue kering tersebut. Selanjutnya anda perlu tahu macam macam kue kering serta peluang/analisis usaha kue kering, simak pembahasan berikut ini.

Kue Kering

Kue kering merupakan salah satu makanan manis yang dapat dijadikan cemilan di rumah-rumah. Baik tua, muda, maupun anak-anak suka dengan kue kering. Kue kering sendiri banyak sekali macamnya.

Beberapa macam kue kering yang tidak asing di telinga kita seperti kue nastar, kastengel, putri salju dan masih banyak lainnya. Bahkan saat ini kue-kue kering ini macamnya lebih banyak dengan kreasi yang disesuaikan dengan pasar.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue kering ini pun cukup sederhana. Contohnya seperti tepung terigu, telur, susu, gula pasir, dan juga keju. Selain bahan-bahan dasar tersebut, untuk lebih menarik minat pembeli kita bisa menambahan variasi isian maupun toping kue dengan berbagai macam buah-buahan, coklat, kacang almond atau bahan-bahan toping kue lainnya.

Permintaan pasar di hari biasa akan kue kering ini cukup banyak. Mengapa demikian? Karena hampir di setiap rumah mengkonsumsi kue kering ini untuk hidangan para tamu. Selain itu di beberapa kantor-kantor juga disediakan kue-kue kering ini untuk jamuan.

Berbeda dengan hari biasa, di hari-hari besar keagamaan seperti Lebaran permintaan akan kue kering jumlahnya akan lebih meningkat.

Banyaknya permintaan kue kering tersebut merupakan sebuah peluang usaha yang harus kita manfaatkan dengan maksimal. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang pesat ini untuk mempermudah kita menjalankan bisnis kue kering ini.

Hal yang Harus Dipelajari Oleh Calon Pengusaha

Dengan tekad yang besar dan ulet bukan tidak mungkin kita mampu meraih keuntungan hingga puluhan juta melalui bisnis kue kering ini. Akan tetapi, sebelum memulai bisnis kue kering ini ada beberapa hal yang harus dipelajari para calon pengusaha.

Apa sajakah itu? Yang pertama, kita harus mengetahui secara mendasar apa itu kue kering maupun jenis-jenisnya. Kedua, bagaimana cara membuat kue kering.  Ketiga, bagaimana peluang usaha dan cara memasarkannya. Serta beberapa tips tambahan lainnya.

Di manakah kita bisa mempelajari semua itu? Jawabannya ada di Punca Training. Pada pelatihan ini, peserta akan diajari bagaimana membuat beberapa macam kue kering serta tips memulai usaha. Kami menggandeng trainer profesional yang telah lama berkecimpung langsung di dunia kue kering.

Selain itu trainer juga merupakan pengusaha kue kering dan beberapa jenis kue lainnya. Sehingga kualitas trainernya tidak diragukan lagi.

 

Macam Macam Kue Kering

kursus membuat kue kering

Kue kering terbagi dalam beberapa jenis dan bentuk. Anda bisa memilih kue kering dengan isian selai juga bertabur gula halus atau kacang, tekstur lembut atau padat, dan memiliki ragam warna adonan yang menggugah selera. Silakan menyimak poin-poin berikut ini.

Kue Nastar

Kelezatan kue nastar ini dengan isian selai nanas pasti akrab menemani momen Lebaran Anda. Pada saat ini sudah banyak kue nastar yang terbuat dari adonan pai atau keju dan selai rasa buah yang lumer di lidah. Beberapa produsen juga dapat mengkreasikan kue kering dengan selai buah-buahan alami, seperti stroberi, blueberry, dan lainnya sesuai pesanan.

Kue Kaasstengels

Kudapan populer lainnya untuk Lebaran yaitu kue kering keju atau kaasstengels, yang sudah biasanya dapat menggunakan taburan keju edam atau keju cheddar. Dengan tekstur yang renyah dengan rasa gurih asin yang khas, kue ini menjadi andalan untuk mereka yang tidak terlalu menyukai kue dengan rasa manis.

Putri salju

Ada kue kering yang dibuat dengan taburan atau topping tertentu. Taburan tersebut bukan hanya berfungsi sebagai hiasan, melainkan juga untuk memperkaya rasa dan tekstur kue itu. Dengan taburan bubuk gula halus di atasnya, putri salju adalah salah satu jenis kue kering favorit yang disajikan saat Lebaran.

Selain kue putri salju, ada beberapa jenis kue lainnya yang dibuat dengan berbagai macam taburan ataupun topping yang crunchy seperti, kue kering cokelat, green tea almond cookies, kue kering kacang, kue kering kelapa parut, dan sebagainya.

Lidah kucing

Kue kering selanjutnya yang sudah menjadi favorit masyarakat untuk disajikan pada saat Lebaran merupakan kue lidah kucing. kue lidah kucing ini memiliki tekstur kukis yang garing dan renyah, serta dengan rasa yang tidak terlalu manis, kue lidah kucing ini begitu nikmat untuk dinikmati dengan teh maupun jenis minuman lainnya.

Kue Sagu

Kue sagu keju ialah kue kering khas lebaran yang tidak dapat terlupakan. Kue denganTekstur padat dan rasa yang manis dan gurih. Variasi rasa dari kue kue sagu khas lebaran menjadi favorit danpopuler antara lain sagu keju, sagu cokelat kacang, dan kue kering khas lebaran sagu cokelat Oreo yang tampak kekinian.

Kue Kacang Tanah

Kue kacang tanah tidak hanya digoreng saja, melainkan juga dapat dijadikan kue kering khas lebaran. Siapa yang belum kenal dengan kue dengan rasa kacang yang manis dan gurih ini. Untuk dapat membuat kue kacang tanah, kamu membutuhkan oven karena adonan perlu dipanggang hingga mengering.

Kue Butter Cokie

Sesuai dengan namanya bahan dasar dari kue ini ialah mentega dan gula. Kue asal Eropa ini mempunyai tekstur yang renyah. Biasanya, orang membuat kue ini dengan rasa vanila ataupun cokelat. Kalau di daerah Indonesia biasa disajikan pada saat lebaran, di Eropa sendiri biasa juga dikonsumsi saat perayaan hari raya lain.

Peluang Bisnis untuk Kue Kering

kursus membuat kue kering

Peluang untuk bisnis kue kering ini terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Bisnis kue kering menjadi suatu pilihan bisnis makanan kering dengan berbagai jenis kue kering yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis tersebut.

Peluang usaha untuk makanan kering ini dan dengan berbagai jenis kue kering masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja bahkan berbagai kalangan. Anda berminat menjalankan pilihan bisnis kue kering ini?

Memulai Bisnis Kue Kering

Ketika anda sudah menjalankan bisnis kue kering ini juga memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis kue kering ini dapat dijalankan dalam kebutuhan modal yang terbilang cukup kecil. Yang mana berkecinampungan bisnis kue kering bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar.

Pelaku Bisnis Kue Kering

Bisnis kue kering ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan bisnis makanan kering dengan berbagai jenis kue kering menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan bisnis kue kering sangat mudah, proses produksi kue kering mudah juga laba menguntungkan.

Konsumen Bisnis Kue Kering

Konsumen kue kering memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan kue kering mampu memikat banyak orang. Konsumen kue kering cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Terlebih ketika moment mendekati lebaran permintaan kue kering ini sangatlah tinggi.

Bahan Baku Bisnis Kue Kering

Ketika anda sedang dalam menjalankan bisnis kue kering memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Untuk membuat kue kering yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni tepung terigu, telur, margarine, gula halus, kacang tanah, cokelat bubuk, tepung maizena, vanilli bubuk, susu bubuk, mentega, cengkih, keju, selai, hiasan dan lainnya. Untuk dapat mencari bahan baku kue kering bisa anda jumpai di toko, pasar atau supermarket terdekat.

Peralatan Bisnis Kue Kering

Dalam bisnis kue kering membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya Etalase, kompor dan tabung gas, mesin mixer kue, mesin oven kue, kuas, loyang, gilingan adonan, cetakan kue, wadah, meja, kursi, teplon, panci, pisau, toples, sendok, timba, nampan, serbet, pencetak, spanduk, tempat sampah serta peralatan lainnya.

Lokasi Strategis Dalam Berjualan Kue Kering

Dalam berjualan kue kering, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Bisnis kue kering dapat membuka gerai, stand juga kios di tempat ramai. Juga bisa berjualan dengan cara online sehingga tidak butuh biaya besar untuk membuka toko.

Harga Jual Kue Kering

Patokan harga untuk kue kering dapat Anda buat dalam hitungan per toples dimana harga mulai Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Strategi Promosi Bisnis Kue Kering

Pemasaran bisnis kue kering ini bisa anda lakukan dengan membuat kue kering yang enak dan berbeda dengan yang lainya terutama pada rasa. Selain itu anda dapat memanfaatkan promosi makanan kering dari berbagai bahan campuran kue kering dari media sosial baik faceboook, path, line, whats upp, we chat,bbm, instagram juga situs jual beli online dan lainnya.

Anda juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran kue kering ini dengan menyebarkan berbagai brosur dan pasang spanduk.

Keuntungan Dalam Menjalankan Bisnis Kue Kering

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang usaha kue kering ini yakni merupakan makanan kering dengan berbagai jenis kue kering yang digandrungi banyak orang.

Kekurangan Bisnis Kue kering

Segi kekurangan pada bisnis kue kering ini adalah kue kering ini memiliki tingkat persaingan yang terbilang cukup tinggi dan ketat. Sehingga pada saat berjualan kue kering ini bisa diminimalisir dengan membuat kue kering berbeda dan unik dalam memenangkan persaingan.

Analisa Bisnis Kue Kering

Asumsi

  • Lama ketika pemakaian dari etalase selama waktu 5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari kompor dan tabung gas selama waktu 5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari mesin mixer kue selama waktu 5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari mesin oven kue selama waktu 5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari kuas selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari loyang selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari gilingan adonan selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari cetakan kue selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari wadah selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari meja selama waktu 5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari kursi selama waktu 5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari teplon selama waktu 5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari panci selama waktu 5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari pisau selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari toples selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari sendok selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari timba selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari nampan selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari serbet selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari pencetak selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari spanduk selama waktu 5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari tempat sampah selama waktu 3,5 tahun
  • Lama ketika pemakaian dari peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan tentang kursus membuat kue kering serta analisis/peluang usaha apabilah ada kesalahan saya mohon maaf dan saya ucapkan banyak terima kasih telah berkunjung ke artikel kami.