Banyaknya permintaan kue basah tersebut merupakan sebuah peluang usaha yang harus kita tangkap. Terlebih belum banyak yang menekuni usaha tersebut. Masih ragu untuk memulainya? Jangan khawatir, Punca Training hadir untuk mengatasi keraguan Anda dengan Pelatihan Kursus Membuat Kue Basah.

Kami hadir untuk memberikan Anda pelatihan, termasuk salah satunya membuat beberapa macam cara membuat kue basah. Di Punca Training, Anda akan praktek secara langsung membuat kue basah dari membuat adonan hingga kue siap disajikan. Selain cara membuat kue basah, Anda juga akan diberikan beberapa tips membuka usaha kue basah beserta analisis usahanya.

Lalu, siapa sih yang boleh mengikuti pelatihan kue basah ini? Tenang, di Punca Training semuanya boleh ikut pelatihan. Untuk Anda yang menjadi ibu rumah tangga, bisa mengikuti pelatihan cara membuat kue basah ini untuk menambah keahlian Anda memasak. Sementara untuk Anda yang ingin mulai membuka usaha juga boleh banget untuk mengikuti pelatihan. Dan untuk Anda yang sudah memiliki usaha kue basah ini juga boleh mengikuti pelatihan ini untuk menambah bekal Anda melebarkan sayap usaha Anda.

Kami juga menggandeng trainer profesional yang telah lama berkecimpung langsung di dunia kue basah. Selain itu trainer juga merupakan pengusaha kue. Sehingga kualitas trainernya tidak diragukan lagi.

Materi Pelatihan Cara Membuat Kue Basah

Materi yang diberikan pada program pelatihan pembuatan kue basah  ini meliputi:

  1. Pengetahuan dasar kue basah
  2. Pengenalan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kue basah
  3. Praktek membuat kue basah beserta tekniknya
  4. Tips penyajian menggunakan kemasan yang menarik
  5. Analisis bisnis dan peluang usaha

Cara Mendaftar

Peserta yang berminat untuk mengikuti pelatihan kue kering bisa mendaftar dan menghubungi kami di :

Telp/WA         : +62 838 4023 2332

Email               : Puncatraining@gmail.com

Alamat workshop kami di Jalan Parangtritis km 5,6 Sewon Bantul Yogyakarta.

Kue basah yang memiliki berbagai macam nama, bentuk, dan varian rasa ini biasanya dijadikan sebagai cemilan yang mengenyangkan. Selain untuk camilan, kue-kue basah juga dapat digunakan untuk jamuan pertemuan maupun rapat.

 

Cara Membuat Kue Basah 

Kue basah,seperti kue brownies  saat ini memang menjadi jajanan sehat dan bergizi yang digemari banyak orang. Tak ayal lagi perkembangan kue basah sudah semakin banyak dan kreatif, bahkan menjadi mata pencaharian sejumlah orang karena memiliki beragam varian dan juga rasa.

Tak ayal banyak orang banyak mencari resep kue basah untuk dibuat di rumah atau untuk berjualan. Kue basah dapat dijadikan camilan yang bergizi ketika bersantai dengan keluarga.

Selain cocok untuk anak-anak, bahan-bahan dari kue basah ini juga aman dikonsumsi setiap hari karena tidak mengandung bahan pengawet, dan semuanya terbuat dari bahan alami makanan.

Sejatinya kue basah sudah menjadi jajanan tradisional yang dapat dinikmati di era millenial ini. Warnanya yang menarik dan harga terjangkau sukses menjadikan kue basah sebagai primadona di Indonesia. Kue tradisional ini memang memiliki keunikan dengan cita rasa yang lezat dibanding jajanan lainnya.

Apalagi ada perpaduan gurih, legit, asam, asin dan pedasnya dimiliki kue basah disetiap nama dan bentuknya. Tak ayal masyarakat Indonesia hingga mancanegara menyukai kue basah. Awalnya kue basah ini tidak memiliki pamor luar biasa karena hanya ada saat perayaan atau tamu yang penting saja.

Namun kini mencicipi kue basah sudah dapat dilakukan kapan saja karena diberbagai jalanan dan pasar menyediakan kue basah yang sangat beragam. Hal itu karena kue basah telah menjelma menjadi usaha yang signifikan dan mumpuni, tentunya membuat banyak orang beralih menjadi pengusaha kue basah.

Cara Membuat Kue Serabi Pandan Ala Kursus Membuat Kue Basah Punca Training

Bahan-bahan untuk Membuat Kue Serabi Pandan :

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 3 butir telur, kocok sebentar
  • 1300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 50 ml air daun suji+pandan

Kuah Kue Serabi Pandan :

  • 200 gram gula merah, sisir
  • 1 sdm gula pasir
  • 750 ml santan dari 1 butir kelapa
  • ½ sdt garam
  • 6 cm kayu manis
  • 2 butir cengkih
  • 4 lembar daun pandan, potong-potong

Cara Membuat Kue Serabi Pandan :

  1. Campur dan juga aduk rata tepung terigu, garam dan baking powder.
  2. Kocok telur dan juga tambahkan kedalam 400 ml santan, aduk rata.
  3. Aduk-aduk adonan sehingga adonan licin dan terasa ringan.
  4. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  5. Tambahkan air, daun suji dan juga pandan, aduk rata dengan sendok kayu. Lalu diamkan adonan kurang lebih 2 jam.
  6. Panaskan wajan tanah liat atau wajan kecil yang tebal di atas api sedang, olesi dengan minyak goreng secukupnya.
  7. Tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan, masaklah hingga adonan berlubang-lubang cukup banyak lalu tutup wajan, terus masak hingga serabinya matang.
  8. Congkel dan keluarkan serabi dari wajan.
  9. Masak semua bahan kuah/saus di atas api yang sedang saja, sambil diaduk-aduk hingga gula larut dan beraroma harum,
  10. Angkat dan sajikan dengan kue serabi.

Bagaimana bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue serabi pandan dan juga proses pembuatannya sangat mudah bukan?, Jangan lupa ya buat di coba dirumah kalian. Apabila anda ingin mempunyai usaha tentang kue basah ini saya mau kasih tau ni analisa usaha tentang kue basah ini.

Analisa Berjualan Kue Basah :

Prospek dalam Menjalankan Bisnis Kue Basah

Prospek dalam berbisnis kue basah dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana kita melalui bisnis kue basah ini dapat mendatangkan keuntungan bombastis. Bisnis yang bergelut dengan olahan kue basah memiliki prospek yang sangat bagus dalam jangka waktu ke depan. Bisnis kue basah ini yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih sangat berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen. kursus membuat kue basah inilah yang bisa anda coba.

Memulai Bisnis Kue Basah

Ketika menjalankan bisnis kue basah ini memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis kue basah ini kita bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil. Yang mana berkecinampungan bisnis kue basah ini bisa dilakukan dengan skala rumahan yang menggunakan modal yang tidak besar.

Pelaku Bisnis Kue Basah

Bisnis kue basah ini bisa dan sangat cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan bisnis  kue dari berbagai macam kue basah menguntungkan. Bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis kue basah sangat mudah, proses produksi kue basah ini mudah juga laba menguntungkan.

Konsumen Bisnis Kue Basah

Konsumen kue basah memang sangat tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan kue basah mampu memikat banyak orang. Konsumen kue basah ini cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan Baku Bisnis Kue Basah

Dalam menjalankan bisnis kue basah ini tidak memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Dalam membuat kue basah yang nikmat kalian juga membutuhkan bahan baku seperti tepung terigu, tepung kanji, tepung ketan, tepung sagu, kelapa, baking soda, vanili, gula pasir, margarine, dan gula kelapa, susu cair, coklat, selai dengan aneka rasa, kacang, dan juga pewarna makanan juga perasa makanan. Untuk mencari bahan baku kue basah ini kita bisa dijumpai di toko, pasar dan juga supermarket terdekat.

Peralatan Bisnis Kue Basah

Dalam berbisnis kue basah ini kalian membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya tempat jualan, mixer kue, kompor gas, mesin parut kelapa, saringan, cetakan kue, pengaduk kue, pengangkat makanan, toples, pisau, wadah, serbet, saringan, nampan, piring, sendok, spanduk serta peralatan lainnya.

Lokasi Strategis dalam Berjualan Kue Basah

Dalam berjualan kue basah ini, kalian bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Bisnis kue basah ini kalian dapat membuka stand di tempat ramai. Atau juga bisa dengan menitipkan kue basah di warung, rumah makan dan juga yang lainnya.

Karyawan Bisnis Kue Basah

Karyawan dalam menjalankan bisnis kue basah ini bisa menggunakan satu orang dahulu untuk permulaan.

Harga Jual Kue Basah

Patokan dengan harga untuk kue basah dapat Anda buat dalam hitungan per buah dimana harga mulai Rp 1.000 hingga Rp 2.000.

Strategi Promosi Bisnis Kue Basah

Pemasaran bisnis kue basah ini kalian bisa dilakukan dengan membuat kue basah yang enak dan berbeda. Selain itu dapat memanfaatkan promosi  kue dari berbagai bahan kue basah dari media sosial baik faceboook, path, line, whats upp, we chat, twitter, bbm, juga instagram dan situs jual beli online dan lainnya. Dapat pula dengan menjalankan strategi pemasaran kue basah ini dengan menyebarkan berbagai brosur.

Keuntungan dalam Menjalankan Bisnis Kue Basah

Keuntungan bila kalian memilih terjun dalam peluang usaha kue basah ini yakni merupakan  kue dari berbagai macam kue basah yang digandrungi banyak orang.

Investasi

Peralatan

 Harga 
 tempat jualan  Rp.        1,716,500
mixer kue  Rp.       1,321,000
kompor gas  Rp.          257,200
mesin parut kelapa  Rp.          231,000
meja  Rp.         224,000
kursi  Rp.          421,500
saringan  Rp.            21,500
cetakan kue  Rp.            32,500
pengaduk  Rp.            17,000
pengangkat makanan  Rp.            22,000
toples  Rp.            25,000
pisau  Rp.            12,000
wadah  Rp.            15,150
 serbet  Rp.            12,000
 nampan  Rp.              8,000
 saringan  Rp.              2,500
piring  Rp.            23,000
sendok  Rp.            12,600
 spanduk  Rp.            40,000
 Peralatan tambahan yang lainnya  Rp.            18,500

 Jumlah Investasi

 Rp.   4,432,950

 

Biaya Tetap

 Nilai

 Penyusutan tempat jualan 1/62 x Rp. 1.613.300  Rp.            26,021
 Penyusutan cetakan kue 1/62 x Rp. 241.000  Rp.              3,887
 Penyusutan kompor gas 1/62 x Rp. 227.500  Rp.              3,669
 Penyusutan mesin pengaduk adonan 1/62 x Rp. 545.000  Rp.              8,790
 Penyusutan meja  1/62 x Rp. 221.500  Rp.              3,573
 Penyusutan kursi 1/62 x Rp. 434.500  Rp.              7,008
 Penyusutan spatula 1/44 x Rp. 18.500  Rp.                420
 Penyusutan pengangkat makanan 1/44 x Rp. 24.000  Rp.                545
 Penyusutan toples 1/44 x Rp. 21.500  Rp.                489
 Penyusutan pisau 1/44 x Rp.18.000  Rp.                409
 Penyusutan wadah 1/44 x Rp. 16.350  Rp.                372
 Penyusutan serbet  1/44 x Rp. 14.050  Rp.                319
 Penyusutan nampan 1/44 x Rp. 9.200  Rp.                209
 Penyusutan piring 1/44 x Rp. 43.500  Rp.                989
 Penyusutan sendok  1/44 x Rp. 25.650  Rp.                583
 Penyusutan spanduk 1/44 x Rp. 43.450  Rp.                988
 Penyusutan peralatan lainnnya  1/44 x Rp 21.500  Rp.                489
 gaji karyawan  Rp.      1,400,000

 Total Biaya Tetap

 Rp.   1,458,760

 

Biaya Variabel

tepung terigu  Rp.    62,000  x   30  =  Rp.     1,860,000
tepung kanji  Rp.     32,000  x   30  =  Rp.         960,000
tepung ketan  Rp.     45,500  x   30  =  Rp.      1,365,000
tepung sagu  Rp.     22,500  x   30  =  Rp.         675,000
kelapa  Rp.     36,500  x   30  =  Rp.      1,095,000
baking soda  Rp.     12,500  x   30  =  Rp.         375,000
vanili  Rp.       8,500  x   30  =  Rp.         255,000
 gula pasir  Rp.     56,000  x   30  =  Rp.      1,680,000
margarin  Rp.     12,000  x   30  =  Rp.         360,000
baking soda  Rp.     15,000  x   30  =  Rp.         450,000
gula kelapa  Rp.    36,000  x   30  =  Rp.      1,080,000
 

cair

 Rp.     14,000  x   30  =  Rp.         420,000
coklat  Rp.       9,500  x   30  =  Rp.         285,000
selai aneka rasa  Rp.    24,000  x   30  =  Rp.         720,000
kacang  Rp.     18,000  x   30  =  Rp.         540,000
pewarna makanan  Rp.      11,000  x   30  =  Rp.         330,000
perasa makanan  Rp.     17,000  x   30  =  Rp.         510,000
bahan lainnya  Rp.     15,000  x   30  =  Rp.         450,000
wadah pengemas  Rp.       9,000  x   30  =  Rp.         270,000
sabun cuci  Rp.           250  x   30  =  Rp.             7,500
gas lpg  Rp.      17,500  x   30  =  Rp.         525,000
 air dan listrik  Rp.     14,000  x   30  =  Rp.         420,000
 promosi  Rp.       4,500  x   30  =  Rp.         135,000
 sewa tempat  Rp.     15,000  x   30  =  Rp.         450,000

 Total Biaya Variabel

 Rp.  15,217,500

 

Total Biaya Operasional

 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 16,676,260

 

Pendapatan per Bulan

 320  buah  x  Rp.   2,000  =  Rp.      640,000
Rp.    640,000  x    30  hr  =  Rp. 19,200,000

 

Keuntungan per Bulan

 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    19,200,000  – 16,676,260  =  Rp.       2,523,740

 

Lama Balik Modal

Total Investasi / Keuntungan =  Rp.   3,214,800  :      2,118,402  =             2  bln

Dari analisa di atas dapat disimpulkan apabila bisnis kue basah sangat menguntungkan dimana modal Rp 3,214,800 dengan kentungan per bulan Rp 2,118,402 dan balik modal dalam 2 bulan. kurang lebih seperti itu hasil dari kursus membuat kue basah. Bagaimana tertarik buat mencoba usaha berjualan kue basah?. Tunggu apalagi, segera ikuti kursus membuat kue basah dari punca training.