Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kimbab atau dalam bahasa indonesia gimbap. Tapi tahukah Anda apa itu kimbab?

Kimbab

cara membuat kimbab

 

 

 

 

Kimbab adalah makanan populer di Korea yang terbuat dari nasi putih (bap) yang digulung dengan lembaran rumput laut kering atau gim, biasa di kenal dengan nama nori dalam Bahasa Jepang. Gimbap lalu dipotong-potong dengan ukuran sekali suap.

Nasi dan rumput laut adalah dua bahan dasar gimbap. Isinya bisa bervariasi. Terdiri sumber protein (fish cake, daging kepiting imitasi, telur, atau daging sapi) dan sayuran (mentimun, bayam, wortel, atau acar lobak).

Gimbap memang terinspirasi dari sushi gulung yang di bawa ke Korea pada masa kependudukan Jepang. Namun, gimbap berbeda karena nasinya di bumbui minyak wijen, bukan cuka beras seperti sushi.

Saat mencicipi keduanya, Anda akan merasakan perbedaan rasanya. Isi gimbap yang mengandung acar juga membuat gimbap terasa agak asam, berbeda dengan sushi yang agak amis karena menggunakan daging ikan mentah.

Selain itu, gimbap lebih mirip futomaki dari pada makizushi, jenis sushiyang paling populer di Indonesia.  Diameternya cenderung lebih lebar karena mengandung lebih banyak isi dan di potong lebih tipis. Selain gimbap reguler.

Salah satunya adalah samgak gimbap yang berbentuk segitiga dan di jual di minimarket di Korea Selatan.  Makanan ini dikenal dengan nama onigiri di Jepang. Ada pula chungmu gimbapyang hanya berisi nasi, biasanya disajikan bersama baby octopus berbumbu pedas serta kimchi lobak.

Sejarah Kimbab

Tidak diketahui asal-muasal gimbap. Ada yang mengatakan bahwa makanan ini di adaptasikan dari sushi Jepang. Namun, faktanya adalah makanan rakyat yang murah dan di buat dari bahan yang sederhana.

Berdasarkan buku Dongguk Sesigi yang ditulis pada zaman Dinasti Joseon, terdapat makanan yang di namakan bokssam (bungkusan keberuntungan) yang dibuat dari nasi gulung yang dibungkus kim (rumput laut kering).

Bokssam adalah makanan ringan yang dibuat untuk dimakan ketika berpiknik atau sebagai bekal perjalanan. Di tengah-tengah variasi baru gimbap yang saat ini bermunculan, terdapat gimbap yang di anggap paling asli di Korea.

Yaitu Chungmu gimbap yang berasal dari Chungmu di pesisir selatan Semenanjung Korea. Chungmu gimbap tidak memiliki isi melainkan hanya berupa nasi gulung rumput laut yang disajikan dengankimchi dan cumi-cumi.

Macam Macam Resep Membuat Kimbab

kimbab

1. Cara Membuat Kimbab Tuna Kimchi Samgak

Merupakan salah satu makanan khas Korea yang sering dijadikan bekal makan siang. Cara membuatnya yang simple cocok dengan gaya hidup orang korea yang pali-pali alias serba cepat.

Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini di Korea, mulai dari restoran, vendor kaki lima, hingga mini market. Samgak kimbap menjadi salah satu jenis kimbap yang populer di negeri KPop ini.

Tak seperti kimbap kebanyakan, samgak kimbap punya bentuk unik, yaitu segitiga. Buat kamu yang suka bawa bekal makan siang, yuk coba bikin kreasi samgak kimbap yang praktis ini.

Tak seperti kimbap konvensional yang memerlukan banyak bahan, kamu hanya perlu bahan-bahan sederhana untuk membuat samgak kimbap. Ini beberapa bahan yang harus kamu

Bahan :

  • 4 cup nasi
  • 1 kaleng tuna
  • beberapa lembar nori
  • 1 buah bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdt lada hitam bubuk
  • 1 sdm cuka
  • 2 sdt gula
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 cup kimchi
  • 2 sdt gochujang
  • 2 sdt bubuk cabai

Cara Membuat Tuna Samgak Kimbab :

Untuk membuat samgak kimbap juga cukup mudah. Kamu tak perlu repot menggulung kimbap dengan alat khusus. Langkah-langkah membuat tuna samgak kimbap adalah sebagai berikut.

Persiapkan Nasi Untuk Kimbap :

  1. Campur cuka dengan gula dan garam.
  2. Ulet hingga semua larut
  3. Tuangkan campuran cuka ke dalam nasi, aduk-aduk, sisihkan.

Cara Memasak Isian Kimbap :

  1. Panaskan minyak goreng di atas teflon, tumis bawang putih hingga harum.
  2. Tambahkan 1 kaleng tuna, kimchi, bubuk cabai, dan 1/4 sdt gula
  3. Tumis selama beberapa menit sambil aduk hingga semua bahan tercampur rata
  4. Bila ingin rasa yang lebih pedas, bisa tambahkan pasta cabai Korea atau gochujang.

Tips Membuat Samgak Kimbab :

Untuk membuat samgak  yang mirip layaknya kimbap mini market, kamu bisa membeli nori khusus samgak kimbap. Nori ini di lengkapi dengan plastik kemasan kimbap yang mirip seperti yang dijual di supermarket Korea.

Supaya praktis dan bentuknya segitiga sempurna, kamu juga bisa membeli cetakan khusus kimbap. Kalau sudah menyiapkan nasi dan isiannya, ini langkah-langkah menyusun kimbap yang bisa kamu terapkan di rumah.

  1. Letakkan nasi di atas plastik bening yang sudah diberi sedikit minyak wijen
  2. Tuangkan isian kimbap di tengah nasi.
  3. Tutup kembali dengan menambahkan nasi di atasnya
  4. Kamu bisa mulai membungkus kimbap hingga isiannya tertutup dengan sempurna.
  5. Kemudian bentuk kimbap menjadi segitiga
  6. Setelah terbentuk, kamu bisa langsung menyelimuti kimbap dengan rumput laut kering.
  7. Samgak kimbap siap disantap.

2. Cara Membuat Kimbab Halal

Kimbab ini sama-sama menggunakan nasi sebagai salah satu bahan pembuatannya. Bagian tengahnya pun juga ada isiannya dan di luarnya juga menggunakan nori atau rumput laut kering sebagai pembungkusnya.

Dengan penampakan yang seperti itu, mungkin ada orang yang tidak bisa membedakan antara sushi dengan kimbab. Potongannya biasanya lebih tipis dari pada sushi.  Isian kimbab biasanya menggunakan sayuran seperti wortel dan lobak.

Yah, walaupun di awal udah dijelasin sih, tapi kita perdalam lagi pembahasan mengenai kimbab ini. Merupakan makanan berbahan dasar nasi yang di gulung dengan berbagai macam isian dan di bungkus menggunakan nori atau rumput laut kering.

Buat kamu yang jarang nonton film atau drama korea. Tapi ketika kamu nonton  variety show , kadang kamu bisa melihat makanan ini muncul di dalam sebuah sesi.

Kalau kamu pengen ngrasain kimbab dan nggak pengen ribet, langsung saja menuju restoran Korea terdekat yang ada di kota kamu. Tapi, kalau buget pas-pasan dan masih pengen merasakan gimana rasa dari kimbab ini, gimana kalau kita bikin sendiri saja?

Nggak usah yang sulit dulu kok bikinnya, dari yang sederhana dan mudah, nanti kalau ternyata enak, bisa bikin yang lebih sulit lagi.

Bahan :

  • 2 mangkuk nasi putih pulen
  • 1 butir telur yang sudah dimasak menjadi telur dadar dan diiris tipis
  • 60 gram bayam yang sudah direbus sebentar dan diberi garam, tiriskan
  • 40 gram daging sapi yang sudah dimasak dan dipotong bentuk korek api
  • 50 gram wortel yang sudah dibersihkan dan dipotong memanjang
  • 60 gram danmuji atau asinan lobak yang sudah dipotong bentuk korek api
  • 4 lembar nori atau rumput laut kering bentuk segi empat ukuran besar
  • 1/2 sendok makan cuka dan minyak wijen

Cara Membuat Kimbab Halal :

  1. Pertama campurkan dulu nasi bersama dengan cuka, minyak wijen, dan gara, lalu sisihkan.
  2. Tumis sebentar wortel sampai matang.
  3. Ambil rumput laut, lalu ambil nasi dan ratakan di atas rumput laut.
  4. Letakkan isian berupa wortel tumis, daging, danmuji, telur, dan bayam di atas nasi.
  5. Jangan lupa atur dengan rapi.
  6. Kemudian gulung bersama dengan isiannya, jangan sampai hancur ya.
  7. Setelah tergulung dengan rapi, lalu potong dari bagian tengah terlebih dahulu.
  8. Kimbab halal siap disajikan.

3. Cara Membuat Kimbab Sayur

Nasi dengan berbagai isian menjadi salah satu makanan paling populer dari Korea Selatan. Kalau kamu salah satu penggemar drama Korea, pasti gak asing dengan makanan satu ini.

Ya, kimbap memang menjadi makanan favorit orang Korea karena sifatnya yang praktis namun bergizi lengkap. Saat ini, tak sulit untuk membeli kimbap karena sajian ini banyak di jual di resto atau cafe makanan Korea yang bertebaran di kota-kota besar di Indonesia.

Namun, kalau kamu ingin menghemat. Bahan-bahannya mudah didapat serta caranya juga simple Untuk membuat kimbap dibutuhkan beberapa jenis sayuran seperti wortel, timun, atau bayam. Kamu juga boleh menyiapkan isian daging sesuai seleramu.

Kalau tak mau ribet memasak , kamu bisa juga mengganti dengan sosis atau tuna. Sesuaikan saja bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan.

Bahan :

  • 1 buah wortel, kupas iris sebesar batang korek api
  • 2 buah telur
  • 3 ikat bayam
  • 4 buah sosis, potong memanjang
  • 1 piring nasi
  • acar lobak kuning (opsional)
  • 5 lembar rumput laut kering
  • 2 sdt minyak wijen
  • 1/2 sdt garam

Membuat Isian Kimbap :

Setelah bahan-bahan untuk kimbap lengkap, sekarang saatnya kamu memasak bahan-bahan tersebut. Cara memasaknya juga gak sulit, lho!

  1. Campurkan 1 piring nasi hangat dengan 2 sdt ga ram dan 3 sdt minyak wijen, aduk hingga rata.
  2. Diamkan hingga nasi dingin.
  3. Untuk sayurannya, rebus bayam dan wortel dengan air yang sudah di kasih sedikit gara m.
  4. Masak secara terpisah, usahakan jangan memasak sayuran terlalu lama agar tetap renyah.
  5. Pecahkan telur, kocok dan bumbui dengan sedikit garam dan merica.
  6. Masak adonan telur menjadi telur dadar.
  7. Setelah dingin, potong-potong telur secara memanjang sesuai dengan ukuran panjang rumput laut kering.
  8. Goreng sosis yang sudah dipotong memanjang, sisihkan.

Cara Menggulung Kimbap :

  1. Letakkan nori diatas roll bambu, kemudian taruh nasi di atas nya.
  2. Ratakan sampai semua bagian tertutup, usahakan jangan terlalu banyak menaruh nasi agar mudah menggulungnya
  3. Susunlah bahan yang sudah kamu siapkan sebelumnya, mulai dari sosis, sayuran, telur, hingga acar lobak kuning;
  4. Secara perlahan, gulung kimbap yang sudah kamu susun.
  5. Agar menyatu, pastikan kamu agak sedikit menekan kimbap buatanmu saat menggulung.
  6. Setelah tergulung, kamu bisa langsung potong kimbap agar mudah memakannya.
  7. Bisa juga tambahkan taburan biji wijen di atasnya bila suka.

4. Cara Membuat Kimbab Khas Korea

Di Korea tentu saja sangat mudah untuk mendapatkan kimbap, karena memang dijual dimana-mana, mulai dari pedagang kaki lima hingga restauran. Jadi kimbap ini dikategorikan bukan makanan yang fancy di Korea, karena semua orang bisa membuatnya dan bisa juga dibilang street food karena banyak dijual dipasar atau pedagang kaki lima. Hati-hati ketika membeli kimbap di Korea, karena isian kimbap ada yang memakai bahan yang tidak boleh di makan oleh Muslim.

Nah, dari pada harus pergi jauh-jauh ke Korea untuk sekedar mencicipi lezatnya , mending buat sendiri di rumah bun. Cara membuat kimbap korea cukup mudah loh, isiannya juga bisa disesuaikan dengan selera. Asal perhatikan penggunaan nasinya!. Tips dan kunci sukses membuat Kimbap adalah gunakan nasi putih dengan tekstur yang pulen dan agak lengket.

Jangan gunakan nasi yang pera, nanti nasinya bubar ketika di roll dan dipotong. Kalau ada gunakan beras korea asli, tapi kalau tidak ada gunakan perpaduan beras dan beras ketan agar hasilnya pulen. Paling bagus gunakan nasi yang baru matang!. Bagi yang ingin mencobanya berikut saya berikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Kimbap Korea.

Bahan Rice Roll :

  • Nasi putih pulen 450 gram
  • Minyak wijen 1/2 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Kim / nori ukuran sekitar 18x21cm 5-6 lembar
  • Minyak wijen untuk olesan
  • Wijen sangrai untuk taburan
  • Bamboo mat (penggulung sushi) untuk membantu ketika menggulung dan mengencangkan gulungan

Bahan Isi Ayam Kimbap :

  • Daging ayam fillet atau daging sapi 250 gram (potong-potong memanjang (bisa juga pakai tuna kalengan atau crabstick)
  • Bawang putih 1 siung (haluskan)
  • Saus tiram 1 sendok makan
  • Kecap asin 1 sendok makan
  • Wijen 1 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat Isian Ayam :

  1. Campur daging atau daging sapi dengan semua bumbu, aduk rata lalu marinade selama 15 menit.
  2. Kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng sampai matang.
  3. Bahan Isi Telur Dadar Kimbap :
  4. Telur ayam 3 butir (kocok lepas)
  5. Garam / royco sedikit saja
  6. Silahkan dadar telurnya sampai matang di kedua sisinya tapi jangan sampai cokelat ya.
  7. Angkat, sisihkan.

Bahan Wortel Kimbap :

  • Wortel ukuran besar 1 buah (potong korek api)
  • Garam sedikit saja

Cara Membuatnya :

  1. Cukup tumis wortel dengan sedikit minyak goreng sampai agak layu.
  2. Kemudian beri garam, angkat.
  3. Bahan Pokcoy / Bayam Kimbap :
  4. Secukupnya pokcoy atau bayam sesuai selera kemudian blansir (blanch) pokcoy
  5. Angkat lalu bilas dengan air dingin. Lalu beri garam dan sedikit minyak wijen.

Bahan Isi Kimbap Lainnya :

  1. Manisan lobak kuning bentuk strip, tiriskan.
  2. Gosari
  3. Kemudian kalau menggunakan yang kering direndam dulu, bila menggunakan yang pikel bilas dengan air lalu peras).
  4. Atau skip bahan ini lalu diganti dengan yang lain juga boleh.

Cara Menggulung Kimbab :

  1. Pertama-tama siapkan bahan isian selagi nasi dimasak.
  2. Masak nasi dengan menggunakan air yang lebih sedikit jumlahnya.
  3. Jangan lupa untuk memakai jenis beras yang pulen.
  4. Bisa menggombinasikan be ras pu len 100 gram dan bera s ketan 50 gram.
  5. Pakai b eras korea lebih bagus hasilnya.
  6. Setelah matang, angkat dan pindahkan ke wadah, aduk-aduk lalu beri garam dan minyak wijen.
  7. Penyajian Kimbap : Ambil bamboo mat, letakkan selembar kim / nori / rumput laut kering di atasnya (bagian yang mengkilat dibawah) dengan sisi yang lebih panjang searah gulungan.
  8. Ratakan nasi di atas kim / nori dengan menggunakan sendok sambil sedikit ditekan-tekan.
  9. Tata isian di atasnya, sisakan space dibagian yang dekat dengan kita untuk menutup isian saat pertama melipat gulungan.
  10. Tata isian bertumpuk agar tidak terlalu menghabiskan space.
  11. Gulung dan kencangkan dengan bambo mat agar nasi padat dan menempel dengan baik.
  12. Terakhir poles permukaan kim/nori dengan minyak wijen, beri wi jen sangrai sambil sedikit di tekan agar menempel.
  13. Potong-potong dengan pisau tajam yang dioles sedikit minyak/minyak wijen agar tidak lengket.
  14. Kimbap siap disajikan atau dibawa untuk bekal / menu bento dengan di temani ebi furai, Udang katsu, chicken katsu, tamagoyaki dll.

 

 

Itulah ulasan tentang resep kimbab. Mudah dan Praktis bukan? jangan lewatkan juga resep membuat samosa, Terimakasih atas perhatian Anda semua.

Semoga bermanfaat .