jualan mie ayam online
| |

Cara jualan mie ayam online yang praktis

Mie ayam merupakan kuliner yang amat sangat digemar i oleh banyak orang, apalagi dikemas secara ekonomis dan praktis, bisnis mie ayam online merupakan strategi baru, untuk bisa menjual dan laku di pasaran tentu perlu tau cara jualan mie ayam online yang praktis dan mudah, agar usaha yang di bangun bisa sukses.

Banyak sekali pesaing yang berlomba-lomba membangun bisnis ini, selain karena banyak peminat mie ayam juga menjadi usaha yang mudah dan praktis, karena itu anda harus melakukan inovasi dengan membuat usaha mie ayam online, karena untuk saat ini masih terbilang sedikit yang minat akan bisnis online.

Mie ayam online ini juga belum banyak pesaing jadi cocok banget buat anda yang ingin mendapatkan penghasilan tapi cuman mau di rumahaja. Buat ibu-ibu yang ingin nambah-nambah uang belanja bisa banget nih, selain tidak memerlukan modal yang banyak jualan mie ayam online sangat lah mudah.

Strategi tak selamaya harus berkisar pada ha-hal besar. Karena kadang dari jualan mie ayam online sekalipun anda sudah bisa mereguk hasil jutaan tiap bulan. Malah usaha dengan membua makan ditempat lebih memerlukan modal yang sangat banyak.

Dan apa saja cara jualan mie ayam online yang perlu Anda siapkan ketika berminat untuk memulai usaha? sebagai berikut beberapa panduan yang dapat anda terapkan.

Panduan yang Bisa Anda Terapkan Saat Jualan Mie Ayam Online

mie ayam

 

 

  • Rancang konsep jualan

Pada bisnis mie ayam online ini dikonsep untuk take away, yang lebih mempermudah penjual dan pembeli, maka dari itu modal yang dikena kan tidak banyak, karena tidak perlu membeli meja, kursi atau peralatan makan lainnya. anda perlu mendaftarkan mie ayam anda ke layanan pesan-antar online, seperti :

  1.  GoFood by Gojek
  2. GrabFood by Grab
  3. ShopeeFood by Shopee

Seperti yang kamu ketahui, jenis bisnis online ini bisa dibilang gampang-gampang susah, terlihat mudah dan instan, tapi tentunya membutuhkan fokus dan usaha yang tidak sedikit. Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis ini.

  • Jangan ragu mempromosikan mie di media sosial

Media sosial dapat membawa efek yang sangat besar bagi penjualan mie ayam mu, apalagi bisnis mie ayam mu adalah online, maka sangat membutuhkan media sosial, oleh karena itu jangan ragu untuk memanfaatkan media sosial

Di media sosial kamu juga bisa menjalin hubungan yang lebih dekat para costumer ataupun calon costumer, tetapi di samping itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam penggunaan media sosial tersebut seperti:

  1. Penggunaan foto/gambar produk yang berkualitas
  2. Deskripsi konten yang jelas
  3. Penggunaan video promosi yang menarik
  4. Kerja sama dengan selebgram yang cocok pada produk anda
  • Marketing usaha mie ayam online

Anda perlu menyusun strategi marketing yang tepat, untuk mengenalkan jualan mie ayam online anda dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Seperti pada poin sebelumnya bahwa memperkenalkan produk anda di media sosial sangat mengun tungkan untuk anda, costumer juga punya akses yang lebih mudah ketika akan membeli produk mie ayam kamu.

  • Buatlah kemasan yang sesuai

Kemasan bukan hanya pembungkus saja, kemasan adalah salah satu dari bagian terpenting dalam jualan mie ayam online, kemasan juga salah satu strategi promosi untuk mengenalkan produk mie ayam kamu dan akan menguatkan identitas produk, manfaat lain dari membuat kemasan adalah dapat menyempurnakan produk anda.

Buatlah kemasaaan yang menarik mungkin, anda bisa memakai kemasan paper bowol atau kaemasaan lunch box dengan bahan yang sudah di laminasi sehingga tidak bocor dan menyerap minyak saat sampai ke tangan costumer, buatlah kemasan yang paling menarik mungkin dan mudah saat costumer menkomsumsi.

  • Foto produk semenarik mungkin

Apabila anda memiliki modal yang lebih untuk menyewa jasa untuk memotret produk Anda, maka akan lebih bagus. Namun, apabila tak ada Anda bisa memotret sendiri dan gunakan beberapa aplikasi editing dan tutorial edit foto yang menarik,

tampilan foto produk mie ayam  yang menarik akan menjadi salah satu hal yang menunjang jualan mie ayam online anda lebih baik. Pasalnya, tampilan dalam sebuah produk makanan online adalah hal terpenting.

  • Rutin mengadakan diskon

Meski mengadakan program promo, pastikan Anda tidak rugi dengan program ini. Pasalnya, feedback dengan sering mengikuti program promo ini jualan mie ayam online anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas, Program ini biasanya diadakan berlaku dengan beberapa syarat, Anda bisa memberi promo atau diskon untuk hari hari tertentu.

  • Berikan cita rasa yang khas

Karena anda akan membangun bisnis mie ayam online, buatlah cita rasa yang khas dalam setiap menunya. anda mungkin perlu melakukan lebih dari lima kali percobaan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Setelah dapat, coba untuk mempertahankan rasa itu agar tidak berubah dari masa ke masa agar menjadi mie ayam online terlaris.

Mieayam dengan rasa yang unik akan diingat oleh costumer setelah pertama kali membeli. Sekarang sudah banyak yang menjual mie ayam online. Namun, anda tentu bisa membuat cita rasa yang khas.

  • Rutin mengeluarkan menu baru

Langkah satu ini bisa menjadi eksistensi usaha dan toko Anda akan stabil dan main dikenal banyak orang. Ditambah lagi apabila toping-toping mie ayam tersebut tak pernah ada sebelumnya dan dirasa baru di dunia kuliner, dengan begitu citra dan brand usaha makanan Anda akan mudah dikenal. berikut adalah revrensi toping-toping mie ayam:

  1. ‍jamur
  2. pangsit
  3. ceker
  4. bakso

berikut adalah toping-toping yang biasanya mmenjadi faforit costumer, semakin unik farian toping yang mie ayam ada miliki semakin jiwa penasaran pembeli akan muncul dan pasti ingin mencicip.

Tips dan Cara Jualan Mie Ayam Online

mie ayam onlie

  • Tentukan Modal

Pastinya dalam berbisnis anda ingin sekali yang namanya untung kan? Dalam menjalankan usaha mie ayam online anda harus memahami soal perhitungan modal dan penghasilan, ini bisa jadi gambaran modal ide usaha anda.

MODAL AWAL

  1. Meja dan kursi untuk kurir : Rp 300.000
  2. Alat masak:Rp 500.000
  3. Etalase: Rp 900.000
  4. Mesin Giling Mie 1 pcs Rp 1.500.000Modal awal:Rp 3.200.000

Biaya oprasional
Bahan baku yang diperlukan 16.500.000

Pendapatan

Pendapatan bisa dilihat dari harga per porsi misalkan

perhari Rp.400.000×30 hari =Rp12.000.000

Gas Rp20.000×30 = Rp.600.000

Air dan listrik selama 30 hari=Rp300.000

Total biaya oprasional=Rp12.900.000

Rp11.000x50x30 hari=Rp16.500.000

Laba
Laba pendapatan – Laba biaya oprasional

Rp16.500.000-Rp 12.900.000

laba perbulan=Rp3.600.000

Siapkan secara matang mulai dari modal sampai strategi pemasaran agar kalian mampu bersaing dengan penjual yang lain.

Alasan Anda Harus Jualan Mie Ayam Online

kalian pasti juga sering menemukan penjual mie ayam dari mulai yang terdekat dimana oun berada, karena mie ayam adalah salah satu kuliner yang banyak sekali di minat i dan menjadi kesukaan masyarakat, ini lah beberapa alasan nya:

  • Banyak Disukai

Baik anak-anak sampai orang tua menyukai mie ayam karena rasanya yang lezat dan harganya ramah di kantong, sehingga semua kalangan sangat menyukai kuliner yang satu ini, usaha ini akan semakin menguntungkan jika di lokasi yang strategis.

  • Mudah Menemukan Bahan Baku

Alasan kedua ini lah yang menjadi bisnis yang satu ini mudah di temukan dengan mudah, bahan bahan nya juga sangat mudah di temukan seperti bahan untuk membuat mie, berbagai sayuran, aneka toping, misalkan ceker dan lain sebahainya. semua bahan baku bisa di peroleh secara fresh setiap harinya.

  • Modal Usaha Mie Ayam online yang Terjangkau

Tentu saja banyak sekali mie ayam online akan laris karena harganya yang terjangkau, dengan demikian pertahankan kualitas dan harganya supaya mendapatkan kepercayaan dari costumer-customer setia. diskon juga dapat memperbanyak customer, jadi kalian bisa membuat diskon yang banyak.

  • Modal Jualan Mie Ayam online Tidak Besar

Mengingat bahan baku yang mudah dijumpai, jualan mie ayam online tidak membutuhkan modal yang sangat besar, anda hanya perlu membuat mie ayam se menarik mungkin, dari foto katalok sampai daftar menu yang berfariatif.

Inovasi Jualan Mie Ayam Online

  • Membuat Mie Sendiri

Mie buatan sendiri akan terasa lebih enak, dan lebih fresh, maka memunginkan menjaga cita rasa mie ayam kalian sehingga costumer suka, membuat mie ayam sendiri merupakan nilai plus agar memiliki rasa yang khas dan terjamin kebersihannya.

  • Memakai Ayam Kampung

Jenis ayam kampung biasanya sering banyak di cari orang sebab rasanya sangat enak, meskipun agak mahal tapi ada harga ada kualitas, jika pesaing lebih banyak menggunakan ayam biasa kalian bisa menginovasikan mie ayam kalian.

Tentukan Target Pasar

Melakukan survey kecil-kecilan supaya menemukan harga yang sesuai degan target pasarmu, pastikan harga yang kalian jual tidak terlalu mahal tapi tetap memperhatikan laba yang harus kalian dapatkan,tentukan sasaran usaha yang akan kalian rintis.

Dalam memulai usaha mie ayam rumahan memang banyak sekali kendala yang bisa saja terjadi seperti persaingan antara pengusaha mie ayam rumahan lainnya, tapi itu dapat diatasi dengan membuat usaha mie ayam rumahan kalian memiliki rasa dan harga yang pas.

Kelebihan Jualan mie ayam online

Meskipun mie bukan makanan asli orang Indonesia tetapi masyarakat Indonesia begitu menggemari makanan kuliner satu ini, karena mie ayam begitu akrab dengan di lidah masyarakat Indonesia. Maka dari itu mie ayam sangat banyak di gemar i banyak orang dan menjadi salah satu kuliner yang di di minat i.

Mulai dari yang muda hingga orang dewasa sangat menyukai kuiner yang satu ini. Untuk penikmat mie ayam ini tidak membeda-bedakan kelas masyarakat serta usia, jualan mie ayam online ini memang sangat menjanjikan untuk ditekuni karena keuntungan yang didapatkan juga tergolong lumayan.

Mie ayam rumahan juga menggunakan bahan-bahan yang terjangkau dan sangat mudah didapatkan di pasaran. Modal usaha yang diperlukan juga tidak terlalu besar sebab hanya membutuhkan warung sederhana yang bisa dibangun di rumah.

Ternyata mie ayam sendiri memiliki banyak manfaat dari cukup tingginya kandungan air, protein dan retinol. mie ayam memiliki kandungan kalsium dan protein yang cukup tinggi

Resep Membuat Mie Ayam Sederhana Tapi Enak

mie ayam

Simak bareng-bareng yuk! untuk tau resep bikin mie ayam sederhana yang enak dan bikin nagih.

Bahan-Bahan yang di Perlukan:

  • 250 gr daging ayam, potong kotak dan rebus
  • Tulang ayam
  • 8 mI minyak ayam
  • 2 liter air
  • 1 sendok penyedap rasa
  • Kecap asin 50 mI
  • Kecap inggris 2 sdm
  • Kecap manis 3 sdm
  • Ketumbar 1 sdt
  • Garam 1 sdm
  • Bawang goreng
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 ruas jahe
  • 1/2 sdm gula
  • 1 ikat sawi
  • 3 siung bawang merah
  • 2 batang daun bawang,iris haus
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 500 grm mie telur

Cara Membuat:

  1. Siapkan air yang sudah mendidih dan masukan lada bubuk,garam,dan tulang ayam.
  2. Haluskan bawang putih,bawang merah,kunyit,ketumbar,kunyit,kemiri,dan jahe.
  3. Ayam yang sudah di rebus kemudian ditumis dengan bumbu yang sudah di haluskan tadi, lalu tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
  4. Rebus mie telur hingga matang.
  5. Rebus sawi yang sudah di potong-potong, dengan menggunakan kuah yang sudah di buat tadi.
  6. Siapkan mangkuk lalu tambahkan 1 sendok merica dan 1 sendok minyak ayam.
  7. Masukkan mie yang sudah matang dan sajikan kedalam wadah yang sudah disiapkan
  8. lalu tambahkan toping sawi yang sudah di rebus tadi bersamaan dengan ayam dan kuah yang tadi sudah di buat sebelumnya. done.

Nah,bagaimana? super-super mudah kan buat mie ayam yang sederhana,cocok banget buat kalian yang baru pemula, sebenarnya toping dari mie  ayam itu sendiri sangat banyak dan bisa kalian kreasikan sesuka kalian,ada beberapa toping yang menjadi ciri khas mie ayam, yaitu:mie ayam dengan toping ceker,bakso,pangsit.

Kelemahan usaha mie ayam online dan cara mengatasi nya:

Jualan mie ayam online, meskipun digemari dan banyak keuntungannya, namun juga memiliki kelemahan. Jadi, tak semua sanggup dan banyak juga yang langsung menyerah melakukan bisnis ini. Simak kelemahan usaha mie ayam online dan cara mengatasinya pada penjelasan berikut ini supaya dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum memulainya.

  •  Banyaknya pesaing pada tempat yang sama

Persaingan mie ayam online sudah biasa terjadi, khususnya bagi para penjual mie ayam yang memiliki kesamaan produk, tentu jadinya semakin ketat sehingga harus memunculkan keunggulan tersendiri. Hal itulah yang menjadi kelemahan dari bisnis mie ayam.

Ketatnya persaingan dalam usaha kuliner ini membuat para pelaku usaha tersebut harus menciptakan rasa mie sendiri yang nantinya menjadi sebuah ciri khas. Namun perlu diketahui pula bahwa tak semua orang menyukai mie ayam, sebab bisa jadi mereka justru tak suka dengan rasa yang disajikan kemudian pindah ke pedagang lainnya karena rasanya lebih enak.

Cara mengatasinya adalah, yakni dengan menciptakan rasa enak dan membuat ciri khas rasa sekaligus menonjolkan keunikan tersendiri pada mie ayam anda, dan brikan pelayanan yang cepat supaya costumer puas.

  • Tidak ada keunggulan tertentu

Mie ayam termasuk kuliner yang jarang sekali memiliki variasi, sehingga dianggap tidak ada yang menarik untuk ditonjolkan. Jadi, para pelaku usaha kuliner ini harus tau cara mengatasinya dengan mempertimbangkan sebuah inovasi supaya mie ayamnya memiliki ciri khas berbeda dengan kompetitor lainnya.

Cara mengatasi adanya kelemahan tersebut yaitu melakukan, sebuah inovasi kepada produk mie ayam anda, Misalnya topping ayam lebih banyak, kuah lebih kental, digoreng. Selain itu, buatlah rasa yang unik namun tetap enak supaya menjadi pembeda dari penjual mie ayam lainnya.

  • Kurang menariknya promosi

Kurangnya promosi merupakan kelemahan usaha mie ayam online. Padahal promosi sangat amatlah penting untuk mengenalkan mie ayam tersebut kepada masyarakat luas. Banyak pelaku usaha kuliner tersebut tidak melakukannya karena dianggap masyarakat pasti sudah tahu karena merupakan makanan kesukaan mereka

Jadi, cara mengatasinya yaitu dengan promosi. Secara sederhana, Anda bisa melakuka promosi melalui tetangga, keluarga, ataupun orang terdekat karena dinilai lebih efektif. Sebab, orang lain pasti akan percaya pada omongan orang yang mereka kenal.

Kesimpulan

mie ayam ini menjadi peluang usaha inovasi yang bersasaran pasar cukup jelas, Cermati dan pelajarilah terlebih dahulu bisnisnya, Lakukan lah analisis untuk mengetahui setiap kelebihan serta kekurangan yang ada di usaha mie ayam rumahan anda. Nah, hal tersebut dapat mencegah kerugian besar.

Selalu mengutamakan kehigienisan mie ayam, dan sebaiknya sebaiknya melakukan survei untuk mengetahui selera rasa yang sesuai dengan keinginan costumer dan juga untuk mengetahui keunikan dari rasa mie ayam anda, jangan biarkan mie ayam anda tertinggal dari para pesaing pesaingnya

Baca juga: modal usaha mie ayam rumahan