modal usaha warkop
| |

Modal Usaha Warkop dan Tips Menjalankannya

Saat ini warung kopi adalah ide usaha yang tidak banyak memerlukan modal, tapi modal usaha warkop akan bertambah jika ingin membuat yang lebih besar. Warung kopi biasanya sering di gunakan untuk menghabiskan waktu senggang dan di gunakan untuk tempat  nongkrong.

Pada artikel ini, akan membahas tentang modal usaha warkop dan tips bagi anda yang ingin memulai bisnis warung kopi modern. Yuk simak berbagai info di bawah ini !!!.

 

Langkah Awal Membuat Usaha Warkop

modal usaha warkop

Usaha warung kopi tetap membutuhkan perencanaan yang matang meskipun di buat dengan sangat sederhana dengan modal yang minim. Kamu bisa menerapkan nya :

1. Tentukan Target Konsumen

Menentukan target konsumen adalah hal yang wajib yang harus di lakukan para pembisnis. Dengan ini pembisnis akan memahami siapa saja dan kebutuhan apa saja yang calon pembeli butuhkan. Anda juga harus menentukan konsep desain warung, menu, dan harga yang sesuai.

Anda harus menargetkan siapa konsumen utama, misalnya anda ingin menargetkan mahasiswa sebagai konsumen utama anda. Maka pilih lokasi yang tidak jauh dari kampus. Selanjutnya anda harus memikirkan menu kekinian yang banyak di gemari anak muda jaman sekarang.

Misalnya, berbagai macam kopi, coklat,  oreo milikshake, kentang, jamur crispy, green tea, lemon tea, burger, roti bakar dan masih banyak lagi. Namun,bukan berarti anda tidak bisa menambahkan menu lain di dalam warkop. Silahkan anda menentukan menu apa saja yang menarik anak muda jaman sekarang.

2. Susun Strategi Marketing

Strategi marketing ini juga penting untuk bisnis anda, agar bisnis anda di padati pembeli. Manfaatkan media sosial seperti Instragam, Tiktok, Fesbuk sebagai platfrom pemasaran secara gratis.

Selain itu gunakan jasa food vlogger, content writer untuk mengulas produk anda. Dan jangan lupa sediakan diskon dan promo yang menarik saat hari besar atau momen tertentu. Soalnya, biasanya calon pembeli sangat tertarik dengan adanya diskon maupun promo.

Dan dengan kemajuan jaman anda juga bisa menggunakan Gojek, Shopeefood, Grab dan masih banyak lagi. Hal ini akan memudahkan calon pembeli yang tidak bisa ke tempat anda berjualan.

3. Pilih Lokasi Strategis Untuk Usaha Warkop

Selain memilih lokasi yang dekat dengan terget market, anda juga harus memilih lokasi yang dekat dengan keramaian, intinya lokasi usaha warung kopi harus straregis, mudah di jangkau oleh pemukiman penduduk, maupun jalan untuk kendaraan dan jangan lupa sertakan tempat parkir.

4. Ciptakan Brand

Bisa di katakan, manfaat brand adalah untuk membangun loyalitas pelangan dengan kualitas dan kredibilitas merek yang tinggi. Manfaat brend yang lain adalah :

  • Membedakan Diri dari Pesaing

Dengan identitas yang kuat dan unik, anda dapat menonjolkan ciri khas produk anda untuk menarik minat konsumen.

  • Meningkatkan Kepercayaan Kepada Konsumen

Ketika merek dapat dianggap dapat di andalkan dan berkualitas, maka kemungkinan besar konsumen  akan menjadi langganan.

  • Membantu Menahan Gejolak Pasar

Jika sudah terkenal toko anda dan terjadi perubahan pasar atau adanya pesaingan baru, tenang saja karena toko anda telah di kenal dan di percayai oleh pelanggan setia.

5. Menentukan Konsep Warkop yang Menarik

Selain cita rasa dari kopi biasanya calon pembeli memandang ke estetikan dari tempatnya. Konsep yang biasanya di gunakan oleh warung kopi adalah dapur terbuka yang melihatkan cara memasaknya. Agar mampu bersaing dengan warung kopi yang lebih dulu buka, kalian harus mengikuti tren !

  • Desain Usaha Warkop dari Kontainer Bekas

Kamu bisa menggunakan kontainer bekas untuk warung kopi, konsep warung kontainer ini sangat populer dan sangat kekinian karena sangat memudahkan boks untuk di pindah-pindahkan.

  •  Kios Mini di Depan Rumah

Anda bisa membuat ruang yang terpisah dengan rumah, dengan konsep take away. Tapi jika kalian memiliki halaman yang luas, anda hanya memerlukan meja dan korsi dengan konsep open kitchen. Dengan tambahan kolam ikan ataupun tanaman hias.

  • Usaha Warkop Lesehan

Jika jalan-jalan di Yogyakarta, banyak warung kopi lesehan yang bisa kalian temukan di pinggir jalan. Konsep ini hanya perlu menjaga kebersihan, agar para pelanggan nyaman.

  • Minimalis Bernuansa Monokrom

Buat kalian yang kurang yakin dengan warna putih,kalian bisa menggunakan warna hitam, abu – abu, coklat atau warna yang senada. Kalian bisa menambahkan lampu gantung, cermin, tempat duduk yang menarik dan tambahkan hiasan yang menarik. Konsep ini sangat menarik bagi para Instragamable.

6. Buat Para Pembeli Betah di Warkop

Untuk bersaing dengan warung kopi yang lain, anda bisa membuat warkop kamu sebagai tempat mereka untuk nongkrong,menghabiskan waktu untuk bersantai ataupun mengerjakan tugas. Berikan Wi-Fi secara gratis kepada pembeli.

7. Disiplin Dalam Pembukan Keuangan

Disiplin dalam pembukuan keuangan adalah rutinitas penting bagi pembisnis agar, bisnisnya bertahan dalam waktu yang lama. Pastikan semua pemasukan dan pengeluaran uang di catat setiap harinya.

 

Tips Menjalankan Usaha Warkop

Bisa di bilang usaha warkop sangat mudah di jalankan. Namun persaingan nya cukup besar, sehingga butuh strategi yang matang. Berikut ini tips menjalankan usaha warung kopi :

1. Mulai Jalankan Sendiri

Kamu perlu terjun langsung ke dalam sistem bisnisnya. Dengan begitu kamu tahu banyak hal tentang bisnis  warung kopi dari halu ke hilir.

2. Konsisten Dalam Jam Operasional

Operasional jadi hal yang paling penting bagi pembisnis. Buka lebih pagi lebih baik, untuk menjaring calon pelanggan yang sedang mencari sarapan.

Jika bisnis anda sudah di kenal banyak orang. Jika memungkingkan memperpajang jam operasional, kamu perlu mencari karyawan untuk membantu operasional warkop di setiap harinya. Anda bisa mebagi menjadi 3 shift kerja saat sudah buka 24 jam.

3. Pasang Harga Terjangkau dan Buat Paket Murah

Harga yang terjangkau adalah alasan orang datang ke warung kopi lo. Untuk makan kenyang di warung kopi hanya menhabiskan kisaran 20-50 Ribu saja lo. Namun kamu, tetap harus bersaing dalam harga dengan warung kopi yang ada di sekitar tempat kegiatanmu.

 

Kelebihan Dan Kelemahan Usaha Warkop yang Perlu Kamu Ketahui

Apakah kamu termasuk pencinta kopi ? Atau mungkin  kamu yang ingin mencoba membuat usaha warung kopi tetapi masih ragu. Untuk kamu yang ingin memulai membuat usaha warung kopi, alangkah baiknya kamu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan usaha warung kopi sebagai berikut :

Kelebihan Usaha Warkop

  • Usaha Warung Kopi Memilki Calon Konsumen yang Sangat Luas

Hampir di seluruh indonesia penikmat kopi meningkat. Kalau dulu minuman ini identik dengan minuan laki – laki, saat ini kopi juga menjadi minuman yang di gemari kaum hawa.

Dari jenis kopi tradisinonal sampai kopi yang di kemasan dengan berbagai varian dan rasa. Contohnya es kopi atau kopi dengan toping yang menarik adalah pengembangan yang saat ini banyak di gemari.

  • Usaha Warung Kopi Sangat Menguntungkan

Alasan lain mengapa usaha jualan kopi di sangat baik yaitu di lihat dari segi keuntugan, coba bayangkan kamu menjual satu cangkir dengan harga 5 rb sedangkan bahan kopi instan berharga 2 rb saja artinya penjulan kopi termurah saja bisa mendapatkan untung satu gelas cangkir kopi 100%.

Maka dengan asumsi demikian usaha warung kopi mempunyai profit yang luar bisa, tapi saat bensnis anda sudah maju, alangkah baiknya kamu membeli mesin pembuat kopi. Agar ciri khas kopi buatan kamu tetap sama.

  • Cara Bisnis Kopi yang Beragam

Hal lain mengapa usaha warung kopi sangat layak jadi pilihan jualan, karena usaha ini sangat mudah di jalankan bahkana buat mereka yang bukan ahli nya, karena usaha warung kopi bisa di mulai dengan yang paling sederhana.

Misalnya dengan jualan asongan, berjualan kaki lima, bahkan dengan berjualan kopi keliling dengan menggunakan mobil sampai kedai warung kopi yang berstandard internasional yang jauh lebih modren berlokasi strategis misalnya di mall.

  • Cakupan Lokasi yang Luas

Bahkan kamu bisa memulai usaha warung kopi di komplek perumahan, pendesaan, kota, mall , dan masih banyak lagi.

  • Bisa di Mulai dengan Modal Kecil

Dengan modal yang kecil kamu bisa memulai  usaha jualan kopi sembari terus mempelajari dan mengembangkan berwirausaha, serta bisa menggumpulkan modal untuk batu loncatan untuk berjualan dengan metode yang lebih baik kedepan nya.

  • Usaha Warung Kopi yang Tidak Kenal Musim

Tidak seprtei usaha makanan lainnya yang cenderung musiman, usaha jualan minuman kopi tidak mengenal musim. Usaha ini dapat di lakukan kapan saja, musim hujan maupun kemarau.

  • Bisa Disandingkan Dengan Jenis Usaha Lain

Usaha jualan kopi juga bisa di sandingkan dengan usaha lain misalnya, warung warteg atau berbagai usaha lainnya yang masih berhubungan dengan konseumen secara langsung. Bahakan sekarang ini mini market modren sekarang sudah menambahkan jualan nya dengann minuaman kopi ke dalam usaha nya.

Kelemahan atau Resiko Usaha Warung Kopi

Selain mempunyai kelebihan, usaha warung kopi juga memilki kelemahan dan resiko. Selain anda harus mengetahui tentang kelebihan warung kopi, anda juga harus mengetahui kelemahan dan resiko usaha warung kopi, di antarnya berikut ini :

  • Kualitas Produk

Kelemahan usaha warung kopi yang pertama adalah kualitas rasa produk yang menurun. Siapa coba yang mau terus – terusan membeli kopi di tempat kamu, jika rasa kopi nya kadang ke manisan , kadang terlalu pait.

Oleh karena itu kamu harus ber hati-hati dalam menjaga kualitas rasa dari kopi tersebut. Tetap dalam takaran dan selalu menyajikan kopi yang berkualitas.

  • Perencanaan Bisnis yang Kurang Matang

Ancaman gulung tikar tentunya menjadi mimpi buruk bagi setiap para pembisnis. Banyak pengusaha yang terancam gagal karena kurang matangnya perencanaan bisnis. Nah untuk menghindarinya anda harus membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu.

Perencanaan ini yang di maksud agar kamu bisa menhemat waktu, modal, tenaga dan mengatasi melemahnya usaha warung kopi.

  • Pelayanan yang Buruk

Kelemahan ini di akibatkan karena pelayanan yang buruk dan tak profesional dalam bekerja. Biasanya jika warung kopi sedang ramai para karyawan merasa lelah dan kualitas pelayanan menurun.

Oleh karena itu harus meningkatkan pelayanan dengan cara melakukan training evaluasi setiap hari, dan salin menukar pendapat dengan satu sama lain. Sehingga pelayanan di berikan akan tetap baik di setuasi kapanpun.

  • Varian Menu yang Kurang

Biasanya para pelanggan memilih mencari warung kopi yang lain, kerna menu nya yang bervariasi. Untuk menghindari nya kamu harus menambahakan menu varian baru. Mungkin bisa di jadikan menu promo mingguan atau bulanan untuk menarik calon pembeli karena rasa penasaran.

 

Rincian Modal Usaha Warkop

modal usaha warkop

 

Langkah awal yang penting bagi pembisnis adalah membuat rincian apa saja bahan dan barang yang di butuhkan, serta berapa banyak modal usaha warkop yang di keluarkan. Apa saja sih modal usaha warkop? berikut ini telah kami rangkum rincian usaha warung kopi yang bisa anda contoh.

1. Modal Usaha Warkop Untuk Biaya Sewa

Menyewa tempat di tengah kota biasanya membutuhkan beban biaya yang cukup besar. Namun biarpun begitu, potensi keuntungan yang bisa di dapat lebih besar juga. Biaya yang di butuhkan untuk menyewa sekitar 1 jt sampai 5 jt sebulan, tergantung luasnya.

Kamu juga bisa membuat warung kopi di rumah kok. Hal ini akan membantu mengurangi beban biaya sewa. Namun, kamu butuh melakukan renovasi sehingga tempat usaha mu terlihat lebih nyaman.

2. Biaya Peralatan Untuk Modal Usaha Warkop

Biaya untuk mengolah kopi dan menu lainya tentu tidak murah. Oleh karena itu kita membutuhkan rincian apa saja yang di perlukan dan berapa modal yang di butuhkan. Berikut ini beberapa alat yang di butuhkan beserta harganya.

  • Kompor gas 2 tungku

Dengan beberapa kelebihan, kompor gas 2 tungku adalah pilihan yang bagus untuk memasak. Yang pertama memiliki 2 tungku, yang memungkinkan anda memasak 2 hidangan secara bersamaan, yang mempercepat waktu memasak.

Selain itu kompor gas 2 tungku memiliki daya panas yang cukup tinggi, sehingga makanan dapat matang dengan cepat. Harga kompor gas 2 tungku sekitar 300 lebih tergantung merk.

  • Meja dan Korsi

Pilih  meja dan korsi yang esthetic agar menarik calon pembeli. Meja dan korsi yang bagus akan menjadi sorotan bagi calon membeli. Harga meja dan korsi sekitar 3 jt sampai 5 jt atau lebih.

  • Modal Usaha Warkop Untuk Biaya Fasilitas

Fasilitas seperti tempat cuci tangan dan Wi-Fi tentu perlu anda perhitungkan. Biasanya biaya untuk air, tergantung berapa banyak pemakaian. Adapun untuk Wi-FI untuk biaya langganan biasanya sekitar 200 – 300 rb.

  • Mesin Penggiling kopi ( coffee grinder )

Tingkat kehalusan bubuk kopi tergantung mesin giling yang anda gunakan. Keuntungan menggunakan grinder lainya adalah, anda dapat menikmati kopi secara fresh kapan pun anda mau. Untuk harga penggiling kopi sekitar 1-5 jt tergantung merek.

  • Peralatan Makan dan Peralatan Masak

Carilah toko grosir, agar menghemat modal usaha warkop anda. Peralatan yang di butuhkan adalah mangkok, piring, sendok, garpu, panci, wajan, gelas dan peralatan yang di butuhkan lainnya.

  • Biaya Bahan Baku

Untuk harga biji kopi Arabika biasnya berharga 80-100 Ribu per kilo, sedangkan robusta berkisaran 75 setiap kilonya. Selain biji kopi, anda juga perlu memperhitungkan harga bahan baku lainnya yang ingin ada jual di toko anda.

 

Kesimplan dari Modal Usaha Warkop

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa pada dasar nya, modal usaha warkop masih cukup terjangkau. Dari modal usaha warkop yang terjangkau anda bisa mendapatkan keuntungan yang bisa di bilang luamyan.

Perlu di ingat juga bahwa terlepas dari kelebihan warkop tersebut juga terdapat kelemahan atau resiko yang mungkin menghambatkan usaha warung kopi anda. oleh karena itu kalian harus pinter – pintar memikirkan solusi dari hambatan tersebut.

baca juga tips membuat cafe