vco

Peluang Usaha VCO Di Indonesia

Pada masa pandemi covid 19 kemarin, Virgin Coconut Oil atau VCO menjadi usaha baru yang cukup menjanjikan. VCO sangat dicari-cari karena khasiatnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang sangat penting pada masa pandemi kemarin.

Lalu, apa itu VCO? VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak alami yang dihasilkan dengan bahan dasar kelapa tua yang dipanaskan tanpa menggunakan air diatas suhu 70 derajat celcius. Minyak ini juga bisa dikonsumsi loh. VCO memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.

Bagaimana dengan pasar minyak VCO ini? Sebetulnya produk dari kelapa ini memiliki prospek yang sangat baik dan bernilai tinggi. Namun belum banyak perusahaan yang memegang bidang minyak VCO. Bisnis ini banyak ditekuni oleh para petani di Kalimantan Barat. Banyak juga dari petani itu tidak mengolah bahan baku VCO dan lebih menjualnya daam bentuk kopra atau kelapa tua bulat.

Bisnis Virgin Coconut Oil sebenarnya memiliki potensi yang tinggi, karena minyak ini berbahan organik yang sangat diminati oleh pasar dalam negeri maupun luar negeri. Lalu bagaimana sih peluang usaha Virgin Coconut Oil pada zaman sekarang.

Peluang Usaha Virgin Coconut Oil

 

virgin coconut oil

Indonesia merupakan salah satu produsen terbesar kelapa di dunia, seharusnya masyarakat Indonesia bisa memanfaat kelapa yang melimpah menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. Salah satu bisnis yang bisa dilakukan dan sedang hype di masa sekarang adalah Virgin Coconut Oil.

VCO adalah salah satu produk yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan harga VCO bisa lebih mahal tiga kali lipat dari harga minyak kelapa biasa, ditambah lagi dengan harga kelapa di pasaran juga tidak stabil maka pengolahan kelapa enjadi VCO adalah langkah yang sangat tepat.

Harga rata-rata VCO di Indonesia adalah sekitar Rp. 30.000 sampai Rp. 50.000 per 300 ml, dengan harga segitu bisnis ini bisa menguntungkan berbagai pihak. Selain bisa meningkatkan pendapatan para petani kelapa, tentunya juga bisa meningkatkan income negara.

Karena prospek pasar dari Virgin Cococnut Oil ini sangat bagus di dalam negeri maupun luar negeri , maka bisnis ini harus dikembangkan agar jumlah ekspor ke luar negeri semakin meningkat. Hal ini tentukan akan menekan jumlah pengangguran di Indonesia karena akan semakin banyak lapangan pekerjaan di bidang VCO.

Baca juga: Memulai Bisnis Sambal Kemasan Di Era Digital

Strategi Pemasaran Virgin Coconut Oil

Setiap usaha pasti membutuhkan strategi pemasaran agar usahanya sukses dan meraih keberhasilan. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam strategi pemasaran VCO:

  • Mempertahankan Kualitas Produk

Langkah awal dalam strategi pemasaran ialah mempertahankan kualitas produk. Kualitas produk sangatlah penting bagi kepercayaan customer terhadap suatu produk. Cara mempertahankan kualitas pada produk VCO yaitu dengan cara :

  1. Selalu menggunakan bahan baku kelapa dengan kualitas terbaik, dengan bahan baku yang berkualitas maka Virgin Coconut Oil yang dihasilkan akan berkualitas juga.
  2. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah kehigienisan dari proses produksi. Jika proses produksi dilakukan dengan higienis maka minyak VCO yang dihasilkan juga akan bersih.
  3. Lakukan packaging yang menarik akan membuat produk lebih memiliki daya tarik dan akan memiliki ciri khas dibanding brand lain.
  • Mempertahankan Kualitas Bahan Baku

Selain kualitas dari produk, yang harus diperhatikan adalah kualitas dari bahan baku. Karena kualitas bahan baku sangat menentukan hasil minyak VCO yang akan dihasilkan. Buah kelapa yang digunakan adalah buah kelapa tua yang bagus dan yang bersih.

  • Kualitas Sumber Daya Manusia

Kualitas dari sumber daya manusia sebagai pekerja dalam pembuatan Virgin Coconut Oil. Tentunya setiap pekerja sudah harus mengetahui prosedur-prosedur pembuatan Virgin Coconut Oil. Sebelum bekerja sebaiknya para calon pekerja akan melakukan pelatihan dahulu selama 1 minggu agar dapat bekerja dengan profesional.

  • Perluasan Jaringan Distribusi

Hal selanjutnya adalah peluasan jaringan distribusi. Setiap perusahaan harus terrus meningkatkan jangkauan penjualannya, tujuan utamanya adalah agar bisa merambah ke pasar ekspor global. Serta bisa bersaing dengan perusahaan global di seluruh dunia.

  • Meningkatkan Kapasitas Produksi

Tentunya agar bisa mencapai pasar ekspor global, para perusahaan produksi VCO harus meningkatkan jumlah produksi secara intens agar jumlah produk yang dijual semakin tinggi. Sehingga target mencapai pasar ekspor global bisa terealisasikan.

  • Mengembangkan Produk VCO

Selain meningkatkan jumlah produksi, perusahaan juga harus membuat dan mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam produk turunan Virgin Coconut Oil seperti minyak goreng kelapa, margarin atau selai mentega, kue-kue kering dan shampo minyak kelapa.

  • Meningkatkan Program Promosi

Hal yang paling penting dalam strategi pemasaran yaitu bidang promosi. Promosi sangatlah penting bagi penjualan produk karena promosi merupakan suatu upaya untuk mengenalkan produkke pasar luar untuk menarik calon pembeli untuk membeli produk tertentu. Promosi dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  1. Promosi melalui brosur, banner atau pun baliho di jalanan yang merupakan contoh promosi tradisional.
  2. Promosi media digital adalah promosi yang melakukan pemasaran melalui internet seperti media sosial dan iklan-iklan promosi di internet.

 Strategi Pelaksanaan Bisnis VCO

Strategi pengelolaan bisnis ini sangat penting bagi keberlangsungan bisnis yang sedang dijalankan. Peran dari seorang manajer dan staff sangat diperlukan dalam hal ini untuk mengevaluasi kinerja usaha yang sedang dilakukan.

Untuk menjamin agar sistem dari manajer berjalan sesuai dengan rencana maka dibutuhkan evaluasi berkala, monitoring pelaksanaan kerja dan pertemuan rutin antarapara staff. Strategi yang sanat perlu untuk dilaksanakan adalah:

  1.  Pemberdayaan dan pendekatan terhadap pekerja yang efektif dan rasa kekeluargaan antara satu sama lain harus lebih ditunjukkan tanpa mengurangi mobilitas yang tinggi dalam berkerja.
  2. Membuka recruitmet pekerja baru dengan standar etos kerja tinggi dan berdedikasi dalam bekerja serta orang yang bekerja keras.
  3. Membina rasa kebersamaan antara atasan, staff dan pekerja sesuai dengan kedudukan masing-masing tanpa memandang status sosial.

Memulai Bisnis Virgin Coconut Oil

Sebagai perintis usaha VCO maka hal yang paling utama yang bisa dilakukan yaitu memiliki visi dan tujuan membangun perusahaan agar terus berkembang. Tak lupa dengan modal usaha yang tentu sangat diperlukan untuk menunjang produksi VCO. Seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu perencanaan dalam usaha itu menjadi landasan berhasil atau tidaknya suatu usaha.

Sebelum memulai usaha maka pastikan dulu beberapaa hal dibawah ini:

  1. Modal, modal sangat penting sebagai biaya awal pada suatu usaha. Moda yang disiapkan untuk memulai usaha ini juga cukup besar.
  2. Tempat, Tempat berdirinya perusahaan juga sangat diperlukan, kalau bisa dari sebelumnya sudah memiliki tempat sendiri untuk membangun usaha tanpa memikirkan biaya sewa tempat.
  3. Manajer dan staff profesional. manajer dan staff profesional diperukan untuk mengatur jalannya produksi dan kegiatan internal.
  4. Pekerja juga harus dipilih yang sesuai dengan kriteria dan menguasai kemampuan dasar dalam bidang produksi VCO.

Jika belum bisa untuk langsung membuat perusahaan besar maka anda bisa memulai dari usaha rumahan dan dari kecil-kecilan. Dengan memproduksi dalam jumlah yang tak banyak dalam sehari namun anda juga membuat produk turunan dari vco. Contohnya seperti sabun cuci piring dari minyak kelapa, sabun mandi dari minyak kelapa dan shampo dari minyak kelapa.

Dari usaha kecil-kecilan jika anda tekun dan ulet dalam berbisnis maka anda akan perlahan-lahan akan semakin besar dan bisnis anda akan semakin berkembang.

Pengembangan Bisnis

Cobalah untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan lain yang lebih besar. Bisa jadi dengan kolaborasi produk-produk baru yang mengatas namakan kedua perusahaan. Dengan demikian maka keuntungan atau laba dibagi dua sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak sebelumnya.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengembangkan suatu produk dari suatu perusahaan adalah advertisement. Advertisement adalah salah satu dari bagian dari media promosi dengan cara kerja membuat iklan dan menayangkan iklan tersebut di berbagai platform media sosial. Metode ini sangat berpengaruh dalam nama brand suatu produk dan dapat dikenal oleh khalayak ramai.

Dengan adanya iklan ini maka banyak orang yang sedang menggunakan media sosial akan melihat iklan perusahaan anda dan mengetahui produk-produk anda. Namun biaya untuk membuat dan memasang iklan tersebut ke platform media sosial akan membutuhkan biaya yang tidak murah.

Kelemahan dari advertisement adalah di masalah biaya yang mahal namun sangat berpengaruh ke famous dari brand anda. Jika iklan yang anda buat meniarik maka otomatis banyak pengguna media sosial yang membeli produk dari perusahaan anda dan tentunya anda akan mendapatkan income yang lebih banyak.

Cara Produksi Virgin Coconut Oil

virgin coconut oil

Secara umum Virgin Coconut Oil atau VCO dibuat dengan cara pengekstrasian dari daging kelapa tua segar yang disuling untuk diambil serat minyaknya. Proses dari pembuatannya sendiri membutuhkan beberapa tahap agartercipta minyak murni kelapa. Mulai dari proses fermentasi, pemisahan atau churning, pendinginan dan pemberian enzim yang dapat memisahkan minyak dengan air.

Sebenarnya proses pembuatan VCO bisa dilakukan secara tradisonal dan modern. Berikut ini saya akan membagikan cara membuat Virgin Coconut Oil:

Metode Fermentasi

virgin coconut oil

Alat dan bahan:

  • 1 liter santan kelapa tua berkualitas baik
  • Corong
  • Kapas
  • Botol penampung minyak
  • Sendok untuk mengambil hasil VCO

Langkah-langkah:

  1. Siapkan santan kental sebanyak 1 liter, atau sesuai selera dan harus santan murni tanpa campuran. Lalu masukkan santan tadi ke dalam wadah dan tutup dengan rapat.
  2. Masukkan lagi ke wadah yang ebih besar dan tutup dengan rapat. Anda bisa menggunakan toples ataupun kardus sebagai wadahnya. Lalu taruh di dalam lemari yang bersuhu hangat selama 24 jam.
  3. Bisa juga disimpan di dekat rice cooker yang bersuhu hangat.
  4. Setelah kurun waktu 24 jam keluarkan santan yang sudah didiamkan dari dalam wadah. Maka akan muncul gelembung-gelembung seperti busa dari santan tersebut, dan mulai ada pisahan antara santan dan air.
  5. Setelah proses tadi santan masukkan ke dalam freezer selama 72 jam atau kurang lebih 3 hari.
  6. Setelah 3 hari, keluarkan santan dari freezer dan biarkan santan mencair pada suhu ruangan. Maka akan terlihat pemisahan antara minyak dan santan.
  7. Bekukan kembali santan tadi selama kurang lebih 2 jam saja. Hal ini bertujuan agar dapat memisahkan residu dari santan dengan mudah.
  8. Setelah 2 jam, buanglah air pada wadah.
  9. Letakkan santan beku di wadah lain dan biarkan mencair sempurna.
  10. Ambil penyaring dan corong untuk menyaring minyak agar lebih jernih.
  11. Ambil minyak secara hati-hati untuk disaring dan saring hingga habis.
  12. Virgin Coconut Oil sudah selesai dibuat.

Dapatkan pelatihan terbaik dalam pembuatan Virgin Coconut Oil hanya disini. Pelatihan pembuatan VCO kami dirancang khusus untuk para pecinta kesehatan dan minyak kelapa. Dalam kursus singkat ini, anda akan belajar teknik-teknik paling mutakhir untuk menghasilkan VCO berkualitas tinggi.

Anda akan memahami dengan baik proses ekstraksi minyak kelapa murni dan metode pengolahan yang efektif. Kami akan membantu anda mempelajari langkah-langkah yang tepat untuk mengambil manfaat maksimal dari kelapa dan menghasilkan VCO yang berkualitas tinggi.

Selain banyak manfaatnya VCO juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Sekian artikel ini saya buat semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda.