mengolah dari lidah buaya

Cara Membuat Olahan Dari Lidah Buaya Yang Sangat Mudah

Cara membuat olahan dari lidah buaya sangatlah mudah dan praktis. Lidah buaya sangat dikenal sebagai salah satu tanaman budidaya serbaguna yang memiliki berbagai banyak manfaat dan kegunaan. Lidah buaya ini memiliki sifat penyembuhan dan digunakan dalam pengobatan tradisional maupun modern.

Bahan utama dari lidah buaya tentu saja tidak sulit untuk mendapatkannya. Agar lidah buaya tidak berlendir dan pahit, cuci dengan air garam terlebih dahulu, lalu bilas dan olah sesuai selera. Getah lidah buaya umumnya diolah menjadi obat, minuman, dan produk perawatan kecantikan.

Salah satu manfaat dari lidah buaya yang paling populer adalah dapat melembapkan kulit serta kesehatan yang beragam. Banyaknya produk kecantikan yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering.

Tanaman lidah buaya ini juga memiliki kandungan yang terdapat di dalam tumbuhannya. Maka dari itu banyak orang yang menggunakannya untuk mengatasi berbagai macam gangguan terhadap kesehatan.

 

Bagaimana Cara Membuat Olahan Dari Lidah Buaya?

Tanaman berwarna hijau ini memang memiliki berbagai banyak manfaat bagi tubuh, karena kandungan antioksidan serta anti inflamasi didalamnya. Pengolahannya pun sangat mudah, kamu bisa mengolahnya sebagai produk perawatan wajah atau untuk dikonsumsi setiap hari.

Berikut ini beberapa rekomendasi cara pengolahannya:

1. Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Nata De Coco

Nata de coco umumnya digunakan sebagian bahan makanan pencuci mulut atau tambahan pada olahan minuman lainnya. Bentuknya seperti jelly dengan tekstur yang kenyal, berwarna putih hingga transparan.

Selanjutnya lidah buaya tidak kalah nikmat juga dibuat menjadi nata de coco, daging lidah buaya dihaluskan untuk dijadikan campuran nata de coco yang sangat lezat. Begitu nikmat bila dikonsumsi selagi dingin.

Biasanya pembuatan nata de coco diolah dengan cara difermentasikan dari air kelapa, ternyata salah satu cara mengolah lidah buaya adalah dengan dijadikan seperti nata de coco tapi sepertinya sebutannya beralih menjadi nata de aloe vera.

Bedanya adalah nata de coco dihasilkan dari proses fermentasi, maka tidak dengan nata de coco ala lidah buaya ini. Singkatnya, daging buah dicuci dengan bersih dan direbus. Lalu menjadi berwarna putih dan cenderung transparan mungkin membuatnya jadi mirip dengan nata de coco.

Bahan-bahan:

1.  5 buah lidah buaya yang sudah cukup umur dan padat

2. 300 gram gula pasir

3. 1/4 sdt asam sitrat

4. 1 liter air- Garam secukupnya

Cara membuat:

– Kupaslah kulit lidah buaya, pisahkan kulit dan dagingnya. Cuci sampai bersih hingga bagian lendir hilang.

– Kemudian, potong lidah buaya menjadi bentuk dadu.

– Panaskan air sampai mendidih dalam panci, setelah mendidih, masukkan potongan lidah buaya. Masak sebentar, sekitar 5-10 menit. Setelah itu, angkat lalu tiriskan lidah buaya.

– Berikutnya, buatlah larutan dari 1 liter air matang, kemudian tambahkan asam sitrat dan sedikit garam. Aduk hingga merata kemudian masukkan potongan lidah buaya yang sudah direbus tadi. Diamkan kurang lebih sekitar 6-12 jam, dan angkat potongan lidah buaya tersebut.

– Langkah terakhir, buatlah rebusan gula dan air sampai mendidih. Kemudian dinginkan lalu tambahkan potongan lidah buaya tersebut, dan diamkan selama 1-2 jam agar manisnya meresap.

– Nata de coco lidah buaya siap untuk disajikan bersama es dan minuman segar lainnya.

2. Mengolah Lidah Buaya Sebagai Masker Wajah

Tanaman ini terkenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, yaitu mengandung vitamin A, B2, B3, B6, B12, C, dan E. Sehingga tidak heran banyak produk skincare yang bergantung pada lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Kemudian, lidah buaya juga dapat dijadikan untuk masker wajah. Masker menggunakan lidah buaya ini sangat berguna untuk menyegarkan kulit, dan memperkecil pori-pori pada wajah. Cara untuk menggunakannya pun sederhana dan pembuatanya pun mudah.

Cara untuk kamu bisa tertarik membuat masker lidah buaya ala kamu di rumah. Berikut ini merupakan langkah-langkah mudahnya:

Cara pembuatan:

– Pertama-tama, kita siapkan lidah buaya yang telah dicuci dengan bersih.

– Lalu, kupas bagian luarnya hingga bersih.

– Ambil dagingnya yang berwarna putih bening.

– Kemudian, kamu bisa mendiamkannya terlebih dahulu di kulkas selama beberapa jam sebelum siap digunakan

– Setelah sudah cukup dingin, mulai oleskan lidah buaya pada seluruh permukaan kulit.

– Kemudian diamkan beberapa menit, lalu bilas sampai bersih.

– Gunakanlah secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Masalah Dalam Kulit Yang Dapat Diatasi Dengan Lidah Buaya

Beberapa masalah pada kulit yang dapat diatasi dengan lidah buaya sebagai berikut:

– Jerawat

– Luka bakar ringan

– Luka iris

– Infeksi jamur

– Gigitan serangga

 

Beberapa cara untuk membuat olahan lidah buaya sebagai masker wajah:

Lidah Buaya Dengan Minyak Tea Tree Untuk Jerawat

Produk ini memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang pas untuk mengatasi breakout. Untuk resep pembuatannya di bawah ini ya.

– Pertama ambilah beberapa sendok lidah buaya, lalu encerkan dengan sedikit air matang.

– Tambahkan 2-3 tetes minyak tea tree. Aduk hingga merata.

– Oleskan pada wajah dengan kapas. Kemudian, bilas dengan air bersih. Jangan biarkan tea tree tidak dibilas karena akan berisiko mengiritasi wajah.

 

Lidah Buaya, Gula, dan Minyak Kelapa Virgin

Campuran ini cocok untuk eksfoliator, tetapi tidak disarankan untuk yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat karena minyak kelapa bersifat komedogenik. Lebih disarankan untuk yang bermasalah pada kulit kusam dan milia. Berikut langkah-langkah menggunakan resep di bawah ini:

– Gabungkan 60 ml minyak kelapa murni, 50 gram gula, dan 30 ml gel lidah buaya.

– Oleskan layaknya scrub dan diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas bersih.

 

3 Cara Membuat Beberapa Campuran Dari Lidah Buaya Untuk Masker Wajah

Lidah buaya dan lemon

Campuran ini memiliki banyak khasiat untuk membunuh bakteri dan sekaligus melembapkan. Lemon ini sering dipakai untuk membasmi komedo dan mencerahkan wajah. Namun, akan memungkinkan perih diwajah.

Untuk itu, lidah buaya juga bisa dipakai untuk meredakan rasa perih. Berikut ini, cara membuat masker lidah buaya agar wajah putih.

– Pertama campurkan 2 sendok makan daging lidah buaya dan ¼  sendok teh air lemon atau jeruk nipis. Atau gunakan perbandingan 8:1.

– Kemudian, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Lidah buaya dan madu

Masker ini diyakini efektif untuk menghilangkan jerawat dan melembutkan kulit. Silahkan ikuti resep di bawah ini ya.

– Pertama gunakan perbandingan 1:2 untuk lidah buaya dan madu asli. Boleh juga tambahkan sedikit bubuk kayu manis asli dan aduk merata.

– Oleskan pada wajah dan diamkan hingga 5-10 menit sampai meresap. Lalu bilas hingga bersih.

Lidah buaya dan yogurt

Yogurt dapat mengurangi kerutan dan mencerahkan wajah karena kandungan asam laknat, ditambah dengan antiseptik dari lidah buaya.

– Gunakanlah perbandingan 1:1, misal 1 sdm yogurt dengan 1 sdm lidah buaya.

– Oleskan pada wajah dengan lapisan tipis hingga merata. Dan biarkan 10-15 menit sampai terasa kering dan menyerap. Lalu bilas hingga bersih.

3. Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman

Cara membuat olahan dari lidah buaya ini yang paling populer dari lidah buaya tentu saja adalah minuman, es yang dicampur dengan lidah buaya begitu menggoda bila disajikan di terik panasnya matahari. Setelah itu, cara mengolahnya pun mudah dan praktis.

Meskipun awalnya dikenal sebagai produk kecantikan pada kenyataannya lidah buaya dapat dijadikan minuman yang menyegarkan dan sehat untuk tubuh yang terpenting perhatikan lidah buaya yang anda konsumsi ini aman.

Dan bisa pula daging daun lidah buaya dimasukkan kedalam minuman dalam bentuk potongan dadu. Karena ini mengandung daun lidah serta yang sangat baik, produk ini sangat baik untuk pencernaan dan kulit.

Kamu bisa menggunakan resep ini sebagai usaha kecil. Untuk langkah-langkah dan bahan-bahannya ada dibawah ini:

Bahan-bahan yang digunakan:

1. 1/2 pepaya tanpa biji

2. 1/4 sendok teh garam.

3. 1 sendok makan biji selasih yang sudah direndam

4. Gula pasir secukupnya

5. Air secukupnya

6. Lidah buaya yang sudah dibersihkan

7. Es batu secukupnya.

8. Sirup secukupnya.

Cara membuat:

– Pertama-tama, didihkan air terlebih dahulu dengan tambahan gula pasir dan garam.

– Lalu, masukkan lah daging lidah buaya yang sudah dibersihkan satu per satu

– Rebus sebentar, maksimal 5 menit dan langsung tiriskan

– Selanjutnya, siapkan gelas, lalu potong pepaya, tambahkan biji selasih, dan letakkan potongan lidah buaya di atasnya.

– Tambahkan sirup dan gula sesuai selera.

– Masukkan juga es batu sesuai selera.

– Es campur lidah buaya siap untuk dihidangkan!

 

Beberapa Jenis Minuman Dengan Bahan Dari Lidah Buaya

Ada 3 jenis minuman yang bisa anda buat dengan bahan dasar dari lidah buaya. Berikut contoh minuman yang dapat dibuat dengan bahan dasar lidah buaya antara lain yaitu:

1. Wedang jahe aloe

Ternyata wedang jahe sangat nikmat apabila dicampur dengan daging lidah buaya. Bahan baku untuk cara membuat wedang jahe aloe ini sama saja dengan wedang jahe pada umumnya.

Hanya saja topping nya biasanya menggunakan kacang tanah, diganti dengan daging lidah buaya yang telah direbus.

2. Es lidah buaya

Minuman lain yang dapat dibuat dengan bahan utama lidah buaya adalah es lidah buaya. Es lidah buaya ini memiliki rasa yang sangat menyegarkan. Untuk bahan-bahannya pun sangat mudah dicari.

Dan hanya membutuhkan sirup, es batu, irisan lemon, dan ditambah agar-agar. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan yang tersedia ke dalam gelas. Es lidah buaya pun siap disajikan.

3. Jus kolang-kaling lidah buaya

Anda juga bisa membuat jus antara kolang-kaling dengan lidah buaya. Selain menyegarkan, minuman ini juga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari radang sendi.

Kemudian minuman ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang diet. Hal ini dikarena minuman tersebut memiliki kandungan kalori yang rendah.

 

Kesimpulan

Proses pengolahan lidah buaya menjadi berbagai produk atau makanan. Ini mencakup langkah-langkah dan metode yang digunakan untuk mengubah lidah buaya mentah menjadi suatu yang bermanfaat atau lezat, seperti minuman kesehatan, makanan ringan, atau perawatan kulit.

Selain itu juga, olahan lidah buaya menandakan sebagai bahan yang dapat diolah dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan ini juga mencakup tentang lidah buaya , baik dari sisi kesehatan maupun sisi kecantikan. Lidah buaya juga dikenal memiliki khasiat, seperti membantu menyembuhkan luka, memberikan hidrasi pada kulit, serta meningkatkan pencernaan.

Dengan itu, mengetahui cara membuat olahan dari lidah buaya dengan benar dapat memaksimalkan manfaat tersebut. Selain itu juga, paduan ini mencakup tips dan trik untuk memilih lidah buaya yang berkualitas, cara mempersiapkan agar aman untuk dikonsumsi atau digunakan.

Menggunakan lidah buaya ini secara berlebihan atau tanpa konsultasi dengan profesional kesehatan dapat menimbulkan efek samping atau reaksi alergi pada beberapa individu. Gunakan lidah buaya sesuai kebutuhan serta jangan berlebihan, sehingga tidak menyebabkan kerugian pada individu.