manfaat belajar coding

Pengertian, Contoh dan Manfaat Belajar Coding di Era Digital

Saat ini banyak sekali teknologi canggih, tentunya teknologi tersebut pastinya akan terus berinovasi. Sudah semestinya kita perlu mempelajari serta beradaptasi dengan inovasi baru ini, salah satunya adalah coding, dengan mempelajari serta mengimplementasikannya kita dapat merasakan manfaat belajar coding.

Pemahaman dasar mengenai coding sudah seharusnya agar orang-orang tau, dikarenakan sekarang hampir setiap harinya mereka menggunakan inovasi-inovasi yang di hasilkan oleh codingan. Diantaranya, website, aplikasi mobile, kecerdasan buatan dan lainnya.

Jika ingin mengetahui seputar coding serta manfaat belajar coding, kalian berada di artikel yang sesuai. Berikut pengertian, contoh serta manfaat belajar coding yang sudah dicantumkan.

 

Pengertian Coding

manfaat belajar coding

Coding merupakan sekumpulan kode dalam bahasa pemrograman yang dapat menghasilkan sebuah instruksi atau perintah untuk komputer. Dikarnakan komputer tidak dapat mengerti bahasa manusia, Oleh karna itu dibuatlah bahasa pemrograman yang nantinya digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer.

Tetapi, komputer tidak bisa memahami secara langsung bahasa pemrograman tersebut, sehingga di perlukan kompilasi atau terjemahan ke dalam bahasa mesin. Bahasa mesin merupakan bilangan biner, bilangan  yang isinya hanya terdapat angka “0” dan “1” saja di dalamnya. Kemudian bilangan ini di jadikan menjadi satu terdiri dari 8 digit, yang dinamakan bite.

Proses kompilasi biasanya memerlukan pengolahan miliaran bite sekaligus. Sehingga bila dilakukan oleh manusia akan memerlukan banyak waktu serta rawan terjadi kesalahan. Nah maka dari itu terciptalah bahasa pemrograman yang memudahkan kita dalam berkomunikasi dan memberikan instruksi dengan komputer.

Perbedaan Coding dan Pemrograman

Proses Programing biasanya mengikut sertakan coding. Tetapi di samping itu programming memiliki aktivitas yang meliputi analisis, pembuatan konsep, pemahaman struktur data, implementasi algoritma, hingga pemecahan masalah.

Arti coding dan programming:

  • Coding memiliki arti (menuliskan kode menggunakan bahasa pemrograman untuk menghasilkan suatu instruksi).
  • Pemrograman memiliki arti (proses perancangan dan pembuatan program komputer untuk menghasilkan sesuatu).

Perbedaan coding dan pemrograman bisa dilihat dari hasil outputnya:

  • Coding menghasilkan sebuah kode dalam bahasa pemrograman, yang bertujuan untuk memberikan instruksi atau perintah kepada komputer.
  • Pemrograman menghasilkan aplikasi yang berfungsi untuk melakukan tugas tertentu tergantung perintah yang di input kode yang di input.

 

Belajar Bahasa Pemrograman serta Contohnya

Setelah mengetahui apa itu coding, sekarang waktunya kita mengenal beberapa bahasa pemrograman. Di antaranya ada beberapa bahasa pemrograman yang akan di bahas yaitu PHP, Kotlin, dan Python.

1. PHP

manfaat belajar coding

PHP adalah bahasa pemrograman yang mestinya dipelajari jika Anda ingin menjadi web developer. Sebab bahasa PHP biasanya digunakan guna mendukung fungsi pengembangan situs web, yaitu:

    • Menjalankan fungsi sistem file, contohnya pada saat membuat, membuka, menulis, dan menutup file.
    • Mengatur form, contohnya mengumpulkan data dari suatu file, menyimpan data ke suatu file, hingga mengirim data melalui email.
    • Mengatur database situs web. Misalnya menambahkan, menghapus, dan memodifikasi database.
    • Mengatur cookies program website.
    • Melarang user mengakses halaman tertentu dalam sebuah situs website.
    • Enkripsi data program website

Contoh coding PHP:

<html> 
    <head> 
          <title>Ayo belajar bersama puncatraining!</title> 
    </head> 
    </html>

Hasil dari kode tersebut akan menampilkan : “Ayo belajar bersama puncatraining!”

Bagaimana cukup sesuai bukan untuk di gunakan pada perancangan situs web? Nah oleh sebab itu bahasa PHP banyak dipakai untuk mengembangkan sebuah situs website di seluruh dunia.

2. Kotlin

manfaat belajar coding

Bahasa Kotlin adalah bahasa pemrograman modern yang berjalan di platform Java Virtual Machine (JVM). Memakai compiler LLVM, yang artinya bisa dikompilasi menjadi kode JavaScript. Banyak developer menyukai Kotlin, terutama untuk pengembangan aplikasi Android. Jika kamu ingin menjadi developer Android, cobalah menggunakan Kotlin.

Keunggulan bahasa Kotlin antara lain adalah:

    • Kotlin bisa bebas kita gunakan secara gratis.
    • Mudah Dipelajari, karena selain simpel, sintak yang sederhana.
    • Bahasanya lebih simple serta ringkas dari pada java. Dapat meningkatkan kecepatan eksekusi fungsi Lambda
    • Lebih aman dari kesalahan Error, Kotlin bebas dan aman dari NullPointerExceptions (NPE).
    • Interoperable, Kotlin dan Java bisa digunakan secara bersamaan.
    • . Kotlin bisa dipakai untuk pengembangan aplikasi server, iOS (melalui Kotlin Native) bahkan sekaligus, dan bisa digunakan untuk menulis JavaScript.

Contoh coding Kotlin:

fun main() {
    val nama = "puncatraining"
    kunci(nama)
}

fun kunci(nama: String) {
    println("Ayo belajar bersama $nama!,")
}

Hasil dari kode tersebut akan menampilkan: “Ayo belajar bersama puncatraining!”

Berikut di atas adalah keunggulan menggunakan bahasa Kotlin, bagaimana? apakah kalian nantinya akan menggunakan bahasa Kotlin pada proyek Aplikasi Anda?

3. Python 

Bahasa Python relatif memiliki kode sintak yang sederhana dan mirip bahasa Inggris, sehingga relatif mudah bagi yang  baru mulai belajar.

Bahasa pemrograman Python cukup multifungsi, dikarenakan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari pengembangan software sampai pengelolaan server website.

Pada 2021, tingkat popularitas bahasa pemrograman Python naik menjadi 11% dari 2% pada 2020.

Kelebihan menggunakan bahasa Python :

    • Mudah di pelajari, dikarnakan sintak-sintaknya yang sederhana serta mudah di mengerti.
    • Gampang di aplikasikan pada software, situs web, aplikasi situs, atau pun pada  video game.
    • Python mendukung Internet of Things (IoT). Teknologi yang menyambungkan benda-benda di sekitar kita ke dalam sebuah jaring-jaring yang saling terhubung.
    • Dapat dijalankan hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll.) dan juga aplikasi seluler.
    • Dapat menunjang produktivitas programmer dibanding saat menggunakan bahasa pemrograman lain seperti Java dan C++.
    • Gratis dan bebas untuk digunakan, dikembangkan dan didistribusikan, termasuk untuk tujuan komersial.

Contoh coding Python:

if 5 > 2:  print("Ayo belajar bersama puncatraining!"

Hasil dari kode tersebut akan menampilkan: “Ayo belajar bersama puncatraining!"

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak mengherankan kalau Python coding disukai banyak pengguna.

 

Manfaat Belajar Coding

manfaat belajar coding
Diverse school children students build robotic cars using computers and coding. Happy multiethnic kids learning programming robot vehicles sitting at table at STEM education science engineering class.

Mempelajari coding adalah hal yang sangat menguntungkan. Manfaat coding dapat kalian rasakan setiap harinya, di antaranya meningkatkan kreativitas, mengotomatiskan tugas, menghasilkan uang,  memecahkan masalah dan memperluas wawasan.

Berikut beberapa manfaat belajar coding, di antaranya:

1.Manfaat belajar coding dalam Pemecahan Masalah

Belajar pemrograman dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Sejak pertama, aplikasi ini dikembangkan untuk  dapat menyelesaikan masalah tertentu. Misalnya, aplikasi Flip dibuat untuk menghilangkan biaya administrasi saat transfer antar bank.

Selain itu, dalam pengembangan aplikasi, sering kali ada bug atau error yang harus diatasi oleh developer. Ini melatih kemampuanmu dalam memecahkan masalah, sehingga bug atau error yang sama jarang terjadi lagi.

Setelah aplikasi dirilis, ada tahap maintenance. Pada tahap ini, pengembang meninjau ulang aplikasi untuk penyesuaian atau pembaruan yang dibutuhkan agar lebih memenuhi kebutuhan pengguna. Ini dilakukan dengan menyelesaikan masalah baru yang muncul setelah aplikasi diluncurkan.

2. Manfaat belajar coding dalam Observasi dan Sikap Kritis

Untuk menyelesaikan masalah, kita harus kritis dan selalu ingin tahu sebab-akibatnya. Kemampuan observasi akan meningkat dengan sikap kritis yang baik.

Saat belajar pemrograman, banyak hal yang bisa dilakukan untuk melatih sikap kritis dan meningkatkan observasi. Misalnya, menganalisis masalah untuk menulis kode yang tepat, mencari penyebab bug dan error, serta banyak lagi

3. Manfaat belajar coding dalam Kepekaan dan Pemikiran Terbuka

Saat dalam pengembangan aplikasi, kepekaan sangat penting untuk memahami perasaan pengguna. Manfaat belajar pemrograman sebelumnya adalah menyelesaikan masalah, dan ide tersebut muncul setelah membayangkan aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah.

Pada saat membayangkan aplikasi tersebut, Anda perlu peka terhadap pengguna. Kemampuan observasi tidak akan berguna bila Anda tidak peka.

Selain itu, dalam mencari solusi masalah, jangan terpaku pada satu sudut pandang. Pemikiran terbuka diperlukan saat membangun aplikasi. Hal ini akan membuat Anda lebih fleksibel dan siap menghadapi perubahan, serta mengasah kepekaan juga melatih pemikiran terbuka.

4. Manfaat belajar coding dalam Kemandirian dan Kreativitas

Mempelajari pemrograman akan membuatmu mandiri karena kamu akan terlatih untuk tidak manja saat memecahkan masalah. Ini karena saat belajar programming, kamu terlatih mencari solusi secara otodidak sebelum benar-benar buntu dan meminta bantuan orang lain.

Selain itu, saat belajar pemrograman, kreativitasmu akan meningkat karena terbiasa memecahkan masalah dengan berbagai solusi. Programmer juga terbiasa mencari cara paling efektif dalam menyelesaikan masalah. Bisa jadi, solusi yang ditemukan adalah hal baru yang bisa kamu bagikan dengan orang lain.

5. Manfaat belajar coding dalam Komunikasi dan Kerja Tim

Meskipun belajar pemrograman melatihmu menjadi gigih dan tidak manja saat mencari solusi, bukan berarti kamu tidak butuh orang lain.

Kadang, developer harus berbagi saat menemui masalah serupa. Ada juga kejadian di mana beberapa developer perlu bekerja sama membangun program. Dalam situasi ini, komunikasi yang baik diperlukan agar tidak terjadi misinterprets yang bisa berakibat fatal pada pengembangan aplikasi.

Dengan berkembangnya kemampuan komunikasi yang baik, keterampilanmu bekerja dalam tim juga meningkat. Ini penting saat kamu melangkah ke jenjang karier yang lebih tinggi.

6. Manfaat belajar coding dalam Ketelitian

Saat belajar pemrograman, kamu pasti akan menemui berbagai kode baru. Kadang, beberapa kode bisa error hanya karena kurangnya tanda semantik tertentu, seperti titik koma (semicolon) dalam kode PHP

public function penjumlahan(int $nilai_a, int $nilai_b) {
    return $nilai_a + nilai_b
}
// hasilnya adalah error karna return $nilai_a + $nilai_b harusnya diakhiri dengan ; atau semicolon

Nah, seiring waktu ketelitianmu dalam membaca dan menulis kode pastinya akan meningkat. Karena terbiasa teliti saat belajar pemrograman, kamu juga akan terbiasa teliti dalam mengerjakan hal-hal lain dalam kehidupan sehari-hari.

7. Keunggulan belajar coding dalam Manajemen Waktu

Saat belajar pemrograman, biasanya programmer pemula akan menghabiskan banyak waktu untuk memahami kode, mencoba-coba dalam menyelesaikan berbagai masalah saat mengembangkan program, dan menulis kode. Belum lagi berbagai kegiatan lain seperti analisis masalah, riset pengguna, observasi, dan lainnya.

Oleh sebab itu, seorang programmer harus disiplin dalam membagi waktunya pada saat mengembangkan program. Kemampuan manajemen waktu kamu pasti akan meningkat saat belajar pemrograman.

Perlu diingat, bahwa developer tidak hanya membagi waktunya untuk hal-hal teknis saja. Tetapi, para developer juga harus bisa menyisihkan waktunya untuk diri sendiri agar tidak burn out dalam mengembangkan program.

 

Apakah sekarang Anda sudah paham mengenai coding?

Nah, karna Anda sudah mempelajari pengertian, contoh, serta manfaat mempelajari dari coding, sekarang Anda bisa menentukan akan mempelajari coding menggunakan bahasa pemrograman yang mana.

Jika Anda memiliki minat untuk mempelajari lebih dalam mengenai coding, sekarang banyak platform yang menyediakan kursus berkualitas, serta gratis.

Ketika Anda sudah menguasai coding, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain. Selanjutnya Anda mengaplikasikannya pada website, aplikasi mobile, atau pun karya- karya yang lainnya.

Tetapi  jika Anda ingin membuat website tanpa coding, sekarang Anda bisa membuatnya menggunakan berbagai platform. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjutnya cara membuat website tanpa coding.

Jika Anda memiliki minat untuk mengikuti kursus cara membuat website tanpa coding, Anda dapat mengikuti kursus di puncatraining. Selain banyak rivwe baik dari user di kursus ini Anda juga akan mendapatkan banyak benefit loh. Jadi jangan ragu untuk ikut kursus ini ya!.